Tips Persalinan Normal Tanpa Jahitan

Tips Persalinan Normal Tanpa Jahitan

Menjalani persalinan normal adalah impian setiap wanita yang telah mengandung buah hatinya. Walaupun mengalami proses yang sangat lama, karena harus melaluinya secara alami, namun proses ini memiliki kebanggaan tersendiri bagi seorang ibu.

Persalinan normal berarti mengalami segala proses sebelum dan saat melahirkan secara alami. Di mulai dari merasakan kontraksi-kontraksi dan bukaan-bukaan yang dimaksudkan untuk mengeluarkan bayi pada waktunya. Secara umumnya, tahapan-tahapan dalam proses melahirkan ada tiga tahap, yakni:

  • Kontraksi awal
  • Pengejanan dan mengeluarkan bayi dari rahim, dan
  • Mengeluarkan plasenta.

Namun dari persalinan yang dijalani secara normal, menimbulkan rasa takut bagi sebagian ibu yang sedang mengandung karena rasa sakit yang dirasakan. Walaupun rasa sakit ini berbeda-beda bagi mereka yang merasakannya, namun secara umum mereka mengungkapkan rasa sakit tersebut layaknya kram yang dirasakan pada saat haid namun dengan level yang sangat tinggi. Beberapa wanita juga ada yang mengatakan bahwa sakit yang dialami saat melahirkan seperti seseorang yang meremas perut mereka dengan sangat kuat. Hanya saja, rasa sakit itu sebaiknya jangan jangan terlalu dikhawatirkan, karena tubuh wanita memang telah dipersiapkan untuk siklus hidup seperti ini.

Hal lain yang juga menjadi kekhawatiran lain dari para ibu yang telah melahirkan adalah jahitan yang diakibatkan karena adanya robekan yang terjasi saat melahirkan. Padahal hal ini juga dapat diatasi, jika saja tips-tips berikut ini diikuti.

Berikut ini adalah tips-tips yang harus ibu lakukan agar dapat melahirakan secara alami tanpa mengalami jahitan.

1. Persiapkan mental dan diri sebelum melahirkan

Pada saat memasuki trisemester terakhir, Ibu sudah harus mempersiap diri dan juga mental untuk menghadapi proses persalinan ini. Berikan afirmasi secara terus menerus pada diri, bahwa seluruh proses melahirkan nanti akan baik-baik saja. Berusahalah untuk mengontrol pikiran dan emosi agar selalu tenang hingga harinya nanti tiba. Selain itu, lakukan pijatan perineum menjelang bulan-bulan terakhir menjelang persalinan. Jangan lupa juga, untuk melakukan senam kegel agar otot-otot di lubang pengeluaran dapat telatih, elastis dan kuat untuk membuka jalan lahir

2. Memilih tempat yang nyaman

Mengetahui tempat kita melakukan persalinan adalah sebuah tempat yang nyaman dan juga aman, tentu akan sangat memberikan ketenangan tersendiri bagi ibu yang tengah menunggu persalinan. Kondisi ibu saat menjelang melahikan haruslah santai dan rileks agar tidak terjadi ketegangan yang menyebabkan kecemasan. Pertimbangan lain yang juga penting saat memilih tempat adalah usahakan agar tempat tersebut luas yang memudahkan bagi seorang ibu melakukan pergerakan.

3. Hindari kelelahan

Bahkan kelelahan yang ringan, bisa menyebabkan episiotomi atau perobekan yang terjadi antara vagina dan anus pada saat melahirkan, sehingga akhirnya akan menimbulkan jahitan pasca melahirkan. Menjelang persalinan, memang tidak disarankan untuk banyak begerak yang bisa menimbulkan kelelahan. Istirahatlah yang cukup dan jaga asupan nutrisi agar proses melahirkan nanti berjalan lancar.

4. Olah raga ringan

Walaupun menjelang hari persalinan tidak dianjurkan untuk kelelahan, namun bukan berarti ibu tidak harus melakukan apa-apa. Lakukan olahraga ringan yang akan sangat membantu untuk mengolah otot-otot agar kuat dan juga dapat membantu mengatur posisi terbaik bayi pada saluran melahirkan agar meminimalisir terjadinya sungsang

5. Mengkonsumi minyak zaitun dan juga alpukat

Dengan banyak mengkonsumsi minyak zaitun dan juga buah alpukat, akan sangat membantu peregangan kulit dari dalam, melemaskan sendi-sendi di area persalinan, dan membantu melancarkan pada saat melahirkan.

6. Jangan mengangkat bokong

Ketenangan diri dan fikiran pada saat mengalami proses persalinan memang sangat dibutuhkan. Bukan hanya untuk kelancaran dalam proses persalinan, namun juga menyadari ada hal yang tidak boleh dilakukan pada saat persalinan itu terjadi. Membuat pikiran tetap rasional akan sangat membantu ibu dalam berfikir jernih, termasuk tidak mengangkat bokong pada saat mengalami kesakitan dan pengejanan. Karena hal inilah yang menyebabkan perobekan yang menyebabkan terjadinya jahitan setelah melahirkan. Karena pada saat ibu mengangkat bokong, otot akan mudah terkoyak karena ketidakadaannya penyangga.

Demikian tips yang harus ibu perhatikan agar mengalami persalinan normal tanpa jahitan. Semoga bermanfaat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*