Terjaga Kelembabannya, Ini 12 Tips Menjaga Bibir agar Tidak Kering

tips merawat bibir

Siapa sih yang mau bibirnya kering dan pecah-pecah? Selain karena tak sedap dipandang, bibir kering dan pecah-pecah pun tak jarang terasa perih, sehingga menimbulkan rasa tak nyaman saat beraktivitas. Perawatan sangat diperlukan, agar bibir tetap lembab dan tak kering. Anda bisa terapkan 12 tips menjaga bibir agar tidak kering berikut ini, agar kesehatan bibir tetap terjaga.

  1. Hilangkan Kebiasaan Menjilat Bibir

Sebagian Anda mungkin berpikiran bahwa dengan menjilat bibir, maka bibir Anda akan menjadi lembab. Padahal, kondisi yang terjadi malah sebaliknya. Kebiasaan menjilat bibir malah membuat bibir jadi makin kering dibanding biasanya. Kondisi ini terjadi karena saliva yang menempel pada bibir akan lebih cepat menguap, sehingga mengakibatkan bibir Anda jauh lebih kering.

  1. Cukupi Kebutuhan Air dalam Tubuh dengan Minum yang Cukup

Tahukah Anda bahwa jika tubuh kekurangan cairan, maka efeknya pun akan terlihat pada bibir Anda? Tubuh yang kekurangan cairan akan membuat bibir menjadi kering. Maka dari itu, jika Anda ingin bibir tetap lembab, cukupilah kebutuhan cairan tubuh setiap harinya. Hindari dehidrasi dan bibir kering, dengan setidaknya minum 8 gelas air putih perharinya atau lebih.

  1. Lakukan Eksfoliasi pada Bibir secara Berkala

Saat kondisi bibir Anda kering dan pecah-pecah, maka berinisiatiflah untuk mengeksfoliasinya. Eksfoliasi dengan pakai lip scrub dapat mengangkat sel kulit mati pada permukaan bibir, yang jadi penyebab kulit kering, sehingga kondisi bibir kembali menjadi lembab. Namun, ingat untuk berhati-hati mengangkat lapisan kulit mati saat melakukan eksfoliasi, agar tak muncul luka dan berdarah.

  1. Jangan Lupa untuk Menggunakan Pelembab Bibir

Jika bibir Anda merupakan tipikal bibir yang cepat kering, maka gunakanlah pelembab bibir secara teratur. Dengan menggunakan pelembab bibir, Anda bisa mencegah bibir semakin menjadi kering, sehingga secara perlahan menjadi lembab kembali. Penggunaan pelembab bibir sendiri sangat disarankan untuk dilakukan pada malam hari, sebelum Anda tidur, agar kandungannya bisa bekerja optimal.

  1. Gunakan Lip Balm yang Mengandung Sunscreen

Cara menjaga bibir agar tidak kering selanjutnya adalah dengan menggunakan lip balm yang memiliki kandungan sunscreen. Penggunaan lip balm dengan kandungan pelindung dari sinar matahari ini terutama sekali direkomendasikan untuk Anda yang beraktivitas di bawah paparan sinar matahari. Sama seperti kulit, bibir juga bisa mengering dan terbakar, karena terpapar sinar matahari.

  1. Pasang Air Humidifier di Dalam Ruangan

Tips menjaga kelembaban bibir selanjutnya yang juga sangat direkomendasikan untuk Anda adalah memasang air humidifier dalam ruangan. Kondisi udara yang yang kering dalam ruangan, khususnya ruangan dengan AC, dapat membuat bibir jadi kering. Maka dari itu, pasanglah air humidifier untuk melembabkan kondisi udara di ruangan tersebut, baik di tempat kerja atau rumah.

  1. Jangan Bernapas Melalui Mulut

Apakah Anda termasuk tipe orang yang suka bernapas melalui mulut? Jika iya, maka sebaiknya Anda mulai hentikan kebiasaan ini mulai dari sekarang. Kebiasaan bernapas melalui mulut merupakan salah satu penyebab bibir menjadi kering. Tak hanya menyebabkan bibir jadi kering saja, namun kebiasaan bernapas lewat mulut juga menyebabkan rongga mulut menjadi kering, loh!

  1. Hindari Penggunaan Kosmetik yang Mengandung Bahan Alergen

Bibir yang kering bisa disebabkan karena kandungan bahan alergen pada lipstik yang Anda gunakan. Bahan yang bisa memicu reaksi alergi seperti alkohol atau pewangi yang kandungannya terbilang berlebih dalam lipstik atau kosmetik lainnya yang digunakan di bibir. Jika Anda menyadari keringnya bibir setelah memakai lipstik tersebut, segera hentikan pemakaiannya.

  1. Bersihkan Bibir secara Menyeluruh Setelah Menggunakan Lipstik

Tahukah Anda bahwa kebiasaan tidak membersihkan bibir secara menyeluruh setelah memakai lipstik, utamanya seharian penuh, dapat menyebabkan bibir jadi kering? Walaupun lipstik telah luntur dan tak begitu terlihat lagi warnanya, tetap saja masih ada sisa lipstik yang tertinggal di permukaan bibir. Maka dari itu, gunakan cleanser untuk membersihkan bibir secara sempurna.

  1. Gunakan Masker Bibir secara Berkala

Agar bibir bisa menjadi lembab dan tak kering, maka Anda sangat direkomendasikan untuk memakai masker bibir secara berkala. Masker ini bisa Anda buat sendiri dengan bahan-bahan alami yang ada di rumah kok. Anda bisa oleskan madu pada bibir atau menempelkan mentimun di permukaan bibir, sehingga bibir Anda jadi ternutrisi, terlindungi, dan tentunya jadi lembab.

  1. Hindari Penggunaan Pasta Gigi dengan Perasa Sintetis

Sama dengan lipstik yang mengandung bahan yang sifatnya alergen, penggunaan pasta gigi yang mengandung perasa sintetis juga bisa menyebabkan bibir jadi kering. Maka dari itu, perhatikan dengan benar, apa saja kandungan dalam pasta gigi yang Anda gunakan. Baiknya, Anda beralih ke pasta gigi dengan bahan herbal, untuk menjaga agar bibir tetap lembab dan tak kering.

  1. Lindungi Bibir dengan Menggunakan Syal

Jika Anda kebetulan tinggal di daerah bersuhu dingin dan angin yang relatif kencang, maka Anda sangat direkomendasikan untuk melindungi bibir dengan menggunakan syal. Suhu yang dingin serta angin kencang merupakan salah satu penyebab bibir menjadi kering. Maka dari itu, selalu sedia syal, untuk melindungi leher serta bibir Anda dari paparan suhu dingin dan angin.

Itulah tadi 12 tips menjaga bibir agar tidak kering yang bisa Anda terapkan, agar bibir tetap sehat dan terjaga kelembabannya. Jangan lupa untuk selalu sedia produk perawatan bibir, misalnya seperti NIVEA Balm Original Care, lip balm yang bakal melembabkan bibir Anda. Dengan rutin merawat bibir, maka dipastikan bibir Anda akan tetap lembab dan tak akan jadi kering serta pecah-pecah.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*