Perawatan Anak Demam Tanpa Harus Terjadi Drama

Perawatan Anak Demam

Perawatan anak demam sebenarnya tidaklah sulit. Hanya saja, seringkali anak tidak mau. Justru anak berontak dan menangis.

Tujuan Anda sebagai orang tua baik. Yaitu agar anak bisa cepat sembuh. Namun, sering kali anak tidak mau menuruti apa yang Anda inginkan.

Maka dari itu, penting sekali bagi Anda untuk tahu bagaimana cara perawatan anak demam tanpa harus terjadi drama. Anak akan menurut. Dan demam yang ia alami akan segera turun.

Kenapa Anak Sering Rewel Saat Demam

Tahukah Anda kenapa anak sering rewel saat Anda ingin merawatnya ketika demam? Ini bisa disebabkan anak tidak suka dengan cara Anda. Mungkin ini juga yang anak Anda alami.

Sering kali orang tua memaksa anak untuk istirahat. Anak dilarang bermain karena bisa menyebabkan demamnya tidak kunjung turun. Hingga akhirnya anak pun berontak. Anak nangis karena tidak mau diajak istirahat. Maunya main terus.

Selain itu, ada juga orang tua yang memaksa anaknya untuk minum obat. Orang tua ingin sekali demam anak turun. Makanya, orang tua sebisa mungkin membuat anak mau minum obat. Namun, akhirnya gagal juga.

Jika itu yang selama ini Anda lakukan, sebaiknya hentikan. Ada cara merawat anak demam yang jauh lebih efektif. Dan yang pasti, anak tidak protes. Tidak perlu ada drama ketika Anda merawat anak yang sedang demam.

Cara Merawat Anak Demam Agar tidak Rewel

Ada beberapa cara yang bisa Anda praktikkan. Apa saja itu?

  1. Buat Anak Senang

Lupakan pemaksaan. Yang harus Anda lakukan adalah membuat anak senang. Ini sangat penting. Karena jika anak bahagia, maka anak akan segera pulih dari demam.

Lalu, bagaimana cara agar anak tetap senang? Jangan larang anak untuk melakukan aktivitas setiap hari. Asalkan itu tidak demamnya semakin parah, biarkan saja.

Anda tidak perlu meminta anak untuk tiduran di kamar. Jika anak mau main, biarkan anak main. Yang penting ia main di dalam rumah. Karena bermain juga tetap bagus untuk anak.

Jika anak sudah mulai lelah, baru Anda bisa ajak anak untuk istirahat di kamar. Ini sebenarnya inti dari perawatan anak demam yang tepat.

  1. Siapkan Menu Makanan yang Sehat

Sembari anak bermain, Anda bisa siapkan menu makanan yang sehat. Misalnya saja sup dengan berbagai jenis sayuran seperti wortel, brokoli, dan lain sebagainya. Buat jenis makanan sehat seperti ini kepada anak ketika ia sedang demam.

Saat anak demam, ia akan kehilangan nafsu makan. Ia akan susah disuruh makan. Oleh sebab itu, Anda harus sedikit lebih kreatif. Buat anak mau makan. Misalnya saja menyiapkan makanan dengan tampilan yang unik. Yang pasti, menu makanan sehat yang Anda hidangkan ya.

  1. Mendongeng

Setelah makan selesai, ada kemungkinan anak sudah mulai lelah. Saat itulah Anda bisa bopong anak ke kamar tidur. Kemudian, siapkan buku cerita. Ceritakan beberapa dongeng. Ini cara yang paling efektif untuk membuat anak mau tidur.

Agar anak cepat mengantuk, sesekali Anda ajak anak berbicara. Jadi, Anda tidak hanya mendongeng tapi juga mengajak anak untuk berinteraksi. Misalnya saja Anda bertanya kepada anak di tengah-tengah Anda bercerita. Tentunya pertanyaan yang sesuai dengan alur cerita ya. Biarkan akan lelah dan mengantuk.

  1. Buat Anak Nyaman

Saat anak demam, ia akan mudah sekali mengalami keringetan. Maka dari itu, pakaikan pakaian yang lembut dan tipis. Ini perlu sekali agar anak merasa nyaman.

Terutama ketika anak mau tidur. Pakaian yang nyaman akan membuat anak lebih lelap tidurnya. Itu artinya waktu istirahatnya sangat berkualitas.

Selain itu, tempelkan juga Hansaplast Cooling Fever saat anak mulai terlelap. Karena dengan cooling fever ini, suhu tubuh akan turun lebih cepat. Anak akan semakin lelap saat tertidur.

Efek sejuk akan dirasakan oleh anak. Selain itu, aromanya juga sangat menenangkan. Anak akan senang sekali karena ada gambar karakter kartun di bagian luar cooling fever ini. Ada beberapa pilihan seperti karakter kartun Disney Frozen dan Marvel Avengers.

Itulah serangkaian perawatan anak demam. Setiap orang tua sebaiknya harus tahu tentang hal ini. Karena saat anak demam, tidak ada yang bisa membuatnya tenang kecuali orang tua. Jangan justru orang tua yang membuat anak semakin rewel. Orang tua memiliki dua peran, dalam hal ini. Yaitu sebagai orang tua yang memberikan kenyamanan. Dan juga sebagai orang yang bisa membuat anak melewati masa demam ini.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*