Penyebab dan Cara Menghilangkan Selulit

cara menghilangkan selulit

Apa itu selulit dan bagaimana cara menghilangkan selulit? Sejauh ini pernyataan tersebut masih terkesan ambigu. Masih banyak orang yang gagal memahami apa itu selulit, kalau kita mau melihat sedikit selama ini tanda bahwa kulit kita pernah mengalami sesuatu yang berat. Biasanya selulit juga lahir dari gesekan kulit yang terus-menerus terjadi.

Penyebab Selulit

Kulit kita akan terlihat seperti kulit jeruk dan juga agak kasar teksturnya. Hal ini tentu ditengarai oleh gesekan yang terjadi antara kulit dengan kain. Biasanya selalu muncul di bagian pantat, perut dan bagian lain dari tubuh seperti ketiak. Tentu saja itu bukan tanpa alasan. bagian-bagian tersebut memiliki tekanan ataupun gesekan yang lebih besar daripada bagian lain.

Orang-orang masih sangat sulit memahami bahwa selulit ini terjadi dengan begitu saja. Padahal selulit terjadi setelah kulit mengalami tekanan sekian lama. Sebenarnya itu merupakan langkah proteksi dari tubuh untuk menghindari luka berlebih. Namun ketika sudah terasa mengganggu maka itu bukan lagi mekanisme bertahan melainkan kelainan.

Kalau kita mau lihat selulit ini punya ciri khas seperti kulit kita akan mengalami berbagai macam tanda. Tanda pertama tentu ketebalannya akan meningkat. Setelah itu tekstur kulit akan terasa seperti kulit jeruk. Berikutnya adalah kulit kita mulai berkurang sensitivitasnya akibat tebalnya permukaan kulit yang dibuat oleh tubuh.

Lantas seperti apa cara kita mengatasinya? Jaringan ikat fibrosa semakin lama akan semakin mengalami penurunan berdasarkan usia seseorang. Hal itulah yang membuat selulit semakin terlihat ketika seseorang memasuki usia senja. Gaya hidup sehat yang bisa mengatasi selulit tetapi itu semua tidak akan lama karena seluler tetap akan muncul suatu saat.

Mengatasi Selulit Itu Tak Sulit

Mengatasi selulit memang tidak sulit tetapi hal tersebut butuh kesabaran serta waktu yang cukup panjang. Mungkin kata-kata yang lebih tepat adalah cara menyamarkannya. Selulit memang tidak bisa langsung dihilangkan namun Anda bisa mencoba beberapa cara menyamarkan selulit salah satunya  dengan menggunakan produk perawatan kulit dari NIVEA.

Lantas apa yang bisa kita lakukan untuk mengatasinya atau menghindarinya?  Tentu,jika harus dijawab maka jawabannya adalah pola hidup sehat dan olahraga teratur. Tetapi hal itu saja tidak akan menyelamatkan kita dari selulit. Karena selulit biasanya hadir karena faktor hormon dan keturunan.

Akan sangat membuat frustasi apabila kita memiliki selulit dan gagal untuk memahami bahwa selulit itu tidak bisa dihilangkan. Hal itu tentu terikat dengan bagaimana tubuh kita menjadi terlihat kurang menarik. Tapi tidak masalah karena setiap orang pasti akan memiliki selulit pada waktunya. Namun usaha tetap harus kita lakukan untuk meminimalisir efek dari selulit.

Biasanya selulit itu muncul bersamaan dengan stretch mark. Hal itu biasanya terjadi pada kondisi pasca melahirkan. Tentu saja terkadang ada yang permanen ada juga yang tidak. Tapi biasanya stretch mark usai melahirkan akan bertahan cukup lama apalagi jika tidak diberikan penanganan lebih lanjut.

Hal yang perlu kita pahami adalah bagaimana stretch mark ini muncul. Kulit memiliki jaringan ikat fibrosa untuk mengaitkan dirinya dengan otot terdekat. Namun ketika kulit kita mengalami stres atau ditarik, maka hasilnya jaringan ikat fibrosa tersebut akan patah atau mungkin melar. Hal itulah yang membuat stretch mark muncul pada kulit.

Ada beberapa cara menghilangkan stretch mark yang bisa Anda coba. Hal pertama adalah mengoleskannya dengan kentang yang ditumbuk halus. Cara kedua yaitu menggunakan bubuk coklat, kita juga sudah sering dengar bahwa kopi memiliki efek yang bagus untuk kulit. Tapi kita harus memilih cara yang lebih alami seperti minum air secara rutin atau menghindari dehidrasi.

Salah satu produk NIVEA Intensive Moisture Body Serum, memiliki kandungan vitamin E yang tinggi. Vitamin E sangat dibutuhkan untuk kulit apalagi ketika muncul stretch mark. Vitamin E secara tidak langsung memberi manfaat terhadap fibrosa dan membuatnya semakin kuat. Tentu hal tersebut tidak serta merta menghilangkan stretch mark tapi akan menyamarkan.

Cara menghilangkan selulit memang ada berbagai macam, tapi yang perlu kita pahami adalah selulit  pasti muncul walaupun kita sudah berusaha sekuat tenaga. Akan tetapi kita akan lebih merasa percaya diri ketika selulit tidak mengganggu penampilan kita terlalu banyak. Untuk itu kita perlu memperhatikan pola hidup, kesehatan, konsumsi air serta vitamin.

Tenang dan Lakukan

Hal pertama yang membuat orang gagal dalam menangani selulit adalah ketidak sabaran. Kita perlu tahu bahwa stretchmark ataupun selulit tidak bisa hilang dalam sekejap. Proses penyamarannya saja butuh berbulan-bulan. Kebanyakan orang gagal pada fase 1 bulan pertama ketika apa yang mereka lakukan hanya ingin hasil instan.

Kesabaran merupakan kunci kita untuk dapat menghilangkan selulit ataupun sekadar menyamarkannya. Walaupun menghilangkan selulit itu agak susah, tetapi kalau belum terlalu parah masih bisa dibilang akan hilang. Tapi kita perlu ingat bahwa prosesnya memang membutuhkan waktu yang sangat panjang bahkan sampai setahun.

Menggunakan bahan alami memang bagus tetapi kita juga perlu menambahkan beberapa produk-produk seperti lotion, untuk membuat stretchmark tersebut lekas menghilang. Stretchmark dan selulit pada dasarnya berbeda namun cara penanganannya kurang lebih hampir sama.

Ketika kita hanya ingin hasil yang instan cepat dan langsung hilang maka itu semua tidak akan pernah terjadi. Kita melakukan hal tersebut demi untuk menjaga kesehatan kulit serta menyamarkan selulit sebagai bonusnya. Jika pola pikir seperti itu gagal kita tanamkan maka hasilnya kita akan menyerah di tengah jalan.

Cara menghilangkan selulit memang ada banyak sekali tapi kunci yang utama adalah kesabaran serta keinginan yang sungguh-sungguh untuk menghilangkannya. Meski begitu kita perlu disadari bahwa selulit akan tetap muncul pada usia tua. Jikapun kita tidak ingin hal itu terjadi maka kita perlu merawat tubuh kita untuk menghindari selulit yang terlalu berlebihan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*