Pentingkah Pemberian Susu Anak 1 Tahun Sebagai Tambahan Nutrisi Anak Selama Ibu Berpuasa?

susu anak 1 tahun
Sumber: BBC Good Food

Ibu-Indonesia.com –┬áSebagai seorang muslim, pasti sangat senang ketika bulan ramadhan tiba. Semua akan berlomba-lomba melakukan kegiatan positif, seperti mengaji, memperbanyak dzikir, banyak beramal, dan kegiatan lainnya. Sebagai ibu menyusui, tentu juga ingin bisa berpuasa sebulan penuh tanpa kendala apa pun. Namun terkadang, jika asupan gizi dan nutrisi pada ibu menyusui kurang akan membuat cepat lapar dan haus, serta cepat merasa lelah. Jika anak tersebut sudah berusia 1 tahun, ibu bisa memberikan susu anak 1 tahun untuk pendamping asi.

Pemberian susu anak 1 tahun ini sebenarnya tidak harus selalu diberikan selama nutrisi dan gizi ibu tercukupi. Hal penting lainnya adalah, tetap terpenuhinya asupan gizi anak. Cukupi dengan makan makanan bergizi dan kaya nutrisi serta vitamin untuk menjaga daya tahan tubuhnya. Dengan demikian, aktivitas ibu selama berpuasa tidak akan terganggu dan terkendala apa pun.

Maka dari itu, apakah penting pemberian susu untuk anak usia 1 tahun selama ibu berpuasa? Jawabannya adalah, semua kembali kepada kebutuhan anak. Jika selama ibu berpuasa produksi asi berkurang dan anak jadi tidak bersemangat untuk makan, ibu bisa memberikan susu kepada anak sebagai pendamping asi serta untuk tambahan nutrisi dan gizi anak. Namun, jika selama ibu berpuasa kebutuhan nutrisi dan gizi anak terpenuhi dari makanan yang anak makan, maka pemberian susu pendamping tidak terlalu dibutuhkan.

Tetapi jika anak senang mengkonsumsi susu formula, yang terpenting takaran pemberiannya harus dibatasi. Maksimal sehari cukup tiga cangkir saja, karena jika lebih dari itu anak akan malas untuk makan yang mengakibatkan tidak terpenuhinya kebutuhan gizi anak. Tetap bijak ketika memberikan susu pendamping kepada anak.

Terkadang anak usia 1 tahun mulai berkurang nafsu makannya, sehingga seringkali membuat ibu bingung. Ada ibu yang langsung memberikan susu formula saja meskipun anak tidak makan. Tentu hal ini tidak dibenarkan, karena bagaimanapun juga susu formula tambahan bukanlah pelengkap nutrisi dan gizi anak. Ibu bisa memberikan keju, yoghurt, atau produk olahan susu lainnya sebagai tambahan kalsium anak.

Selain itu, Ibu harus pandai berkreasi membuat segala macam jenis makanan agar anak menjadi tertarik untuk memakannya. Inilah salah satu cara untuk mengatasi anak yang sedang dalam masa tidak nafsu makan. Jangan cepat putus asa jika mendapati anak yang sedang dalam masa ini, karena anak usia 1 tahun masih mendapatkan nutrisi dari asi. Maka dari itu, meskipun sedang berpuasa ibu harus tetap menjaga asupan gizi dan nutrisi yang dikonsumsi. Jadi tak perlu khawatir anak akan kekurangan nutrisi selama ibu berpuasa.

Aktivitas ibu selama ramadhan tidak akan terganggu meskipun ibu menyusui ikut berpuasa. Komunikasikan kepada anak tentang pentingnya arti berpuasa, bahkan meskipun usia anak masih 1 tahun, ibu bisa ajarkan anak untuk berpuasa. Setidaknya anak paham dengan maksud yang dijelaskan oleh sang ibu. Juga dapat libatkan anak saat ibu sedang membuat kreasi makanan untuk anak, sehingga anak menjadi tertarik ingin mencoba membuatnya dan tak sabar mencicipinya tentunya.

Jadi garis besarnya adalah, anak usia 1 tahun boleh diberikan susu formula tapi tetap dengan pemberian takaran yang pas. Selain itu, susu formula ini bukanlah untuk pemenuhan gizi serta nutrisi anak yang sedang malas makan. Susu formula hanya tambahan pelengkap saja, namun pemenuhan gizi dan nutrisi pada anak tetap didapatkan dari makanan yang dikonsumsi anak serta asi.

Dengan demikian, susu formula bukanlah satu-satunya asupan yang dapat melengkapi nutrisi anak. Namun, tak ada salahnya jika ibu ingin memberikan susu tambahan kepada anak selama ibu sedang berpuasa. Ibu bisa memberikan susu Dancow  kepada buah hatinya. Karena Dancow merupakan susu formula yang baik dan cocok untuk dikonsumsi oleh anak. Selain itu, varian rasa pada susu Dancow sangat disukai oleh anak-anak.

Untuk itu, pemberian susu formula yang tepat untuk anak juga harus diperhatikan. Untuk anak usia 1 tahun tidak boleh sembarangan dalam memberikan susu formula. Maka dari itu, disarankan memberikan susu anak 1 tahun untuk susu formula tambahannya. Anak akan tetap terjaga asupan nutrisinya dan ibu tetap lancar melakukan aktivitas puasa selama bulan ramadhan. Semoga ulasan ini dapat bermanfaat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*