Inilah Perkembangan Janin Usia 15 Minggu Di Kandungan

Perkembangan janin usia 15 minggu

Ibu-Indonesia.com –┬áPerkembangan masa kehamilan Anda tentunya sekarang menjadi bagian yang paling membahagiakan untuk hidup Anda. Mengetahui ada janin yang tumbuh dan berkembang di rahim Anda selama ini tentunya sangat mengharukan. Mempertahankan kesehatan dan keselamatan janin dengan menjaga pola makanan dan hidup sehat tentunya menjadi ┬áprioritas utama Anda sekarang. Terlebih sekarang janin Anda sudah tumbuh dan berkembang dengan pesat.

Lalu, bagaimanakah perkembangan janin usia 15 minggu? Bayi Anda sekarang sudah memiliki panjang sekitar 4 inci, jika diukur dari ujung kepala hingga pantat. Berat badannya sudah mencapai sekitar 2 1/2 ons. Ukuran ini akan terus berkembang dan mengalami kenaikan seiring dengan usia bayi Anda. Dengan kenaikan bobot bayi Anda, berat tubuh Anda juga akan bertambah. Setidaknya Anda akan mengalami kenaikan berat badan kira-kira sekitar 2,5-4,5 kg. Jika Anda mengalami kenaikan berat badan secara drastis, langsung beritahu dokter atau bidan Anda. Ini bisa jadi pertanda kondisi kehamilan serius yang disebut praeklampsia akibat hipertensi.

Bayi Anda sekarang memiliki kesibukan baru yaitu memindahkan cairan ketuban melalui hidungnya. Saluran pernapasan bagian atasnya yang seperti kantung udara primitif dibagian paru-paru mulai berkembang. Bayi Anda sedang belajar bagaimana cara untuk bernapas.

Kaki bayi Anda sekarang sudah mulai tumbuh lebih panjang daripada lengannya. Sehingga proporsi bayi Anda menjadi semakin normal. Bayi Anda sekarang sudah bisa memindahkan tungkainya, karena sendinya sudah mulai berkembang dengan baik. Meski kelopak matanya masih menyatu, bayi sudah bisa merespon cahaya dari luar perut Anda.

Buah hati Anda juga sudah bisa mendengar banyak hal, seperti suara sistem pencernaanya juga bunyi detak jantungnya. Pada perkembangan janin usia 15 minggu ini, telinga sudah berkembang dengan baik dan mulai nampak seperti telinga manusia normal. Matanya juga sudah berpindah ke sisi kanan dan kiri tepat di atas hidung.

Selanjutnya, perubahan tubuh seperti apakah yang mungkin akan Anda rasakan?

  1. Peningkatan dorongan seks. Diusia janin yang sekarang, energi Anda sudah kembali. Anda mungkin juga merasa lebih energik di kamar tidur. Sehingga bila Anda mengalami peningkatan keinginan untuk berhubungan seks, itu benar-benar bisa dimengerti.
  2. Kondisi ini mungkin akan Anda alami karena adanya peningkatan volume darah dan kondisi hidung yang sensitif.
  3. Mual, mulas atau gangguan pencernaan. Masalah pada perut Anda ini disebakan karena adanya peningkatan hormon. Perhatikan makanan yang bisa memicu gangguan pencernaan Anda dan cobalah untuk menghindarinya. Bicarakan juga dengan dokter atau bidan Anda tentang perawatan aman untuk mengatasi gejala yang Anda derita. Jika dokter atau bidan mengizinkan Anda bisa mengkonsumsi antasida, karena memiliki banyak kalsium yang sangat Anda butuhkan.
  4. Gusi bengkak. Gusi Anda sekarang lebih sensitif saat hamil. Berhati-hatilah dengan kondisi gusi Anda. Sikat gigilah lebih sering dengan sikat gigi yang lembut dan datanglah ke dokter gigi untuk pemeriksaan rutin.
  5. Sesak napas. Semakin bertambah berat tubuh Anda juga akan membuat paru-paru bekerja lebih keras untuk bernapas, sehingga membuat sesak napas.

Meskipun Anda belum bisa mengobrol dengan tatap muka, berbicara dengan bayi Anda adalah cara yang bagus untuk menjalin ikatan kasih sayang. Jika melakukan percakapan terasa aneh bagi Anda, ceritakanlah kegiatan Anda atau bagikan keinginanan Anda untuk buah hati. Ini adalah latihan yang hebat setelah bayi Anda lahir, karena berbicara dengan bayi adalah salah satu cara terbaik untuk membantu mengembangkan kemampuan bahasa.

Catatan: Perkembangan janin usia 15 minggu untuk setiap individu. Perkembangan bayi Anda mungkin akan berbeda dengan bayi orang lain. Artikel di atas hanya menjelaskan perkembangan janin usia 15 minggu secara umum.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*