Ide Bermain Sambil Belajar Untuk Mengisi Hari Valentine Bersama Balita

Ide Bermain Sambil Belajar Untuk Mengisi Hari Valentine Bersama Balita

Ibu Indonesia – Ada rencana kemana di hari Valentine tahun ini, bunda? Jika tidak ada rencana keluar rumah, ada baiknya bunda ajak anak bermain sambil belajar. Tentunya permainan yang sekaligus belajar dengan tema Valentine.

Tapi, jangan anggap aneh ya bunda. Ingat, Valentine itu hari kasih sayang. Artinya ini hari untuk menunjukkan kasih sayang kepada sesama. Dalam hal ini, bunda mengajarkan kepada sang buah hati mengenai pentingnya mengasihi. Setidaknya anak harus sayang dengan orang tua dan orang-orang lain.

Kira-kira, permainan sambil belajar seperti apa yang bisa bunda terapkan? Yang jelas, banyak sekali pilihannya. Berikut ini 3 kegiatan menyenangkan yang sekaligus mengajak anak untuk belajar. Tentunya temanya Valentine atau kasih sayang.

Belajar Menulis Untuk Mengungkapkan Perasan Sayang

Kasih sayang itu bisa diungkapkan dengan apa saja. Bisa dengan tindakan, ucapan, atau tulisan. Namun, untuk balita usia 4 atau 5 tahun, kegiatan yang tepat adalah menulis. Pasalnya, di usia tersebut, balita baru mulai mengenal huruf meskipun sebenarnya kegiatan menulis belum diajurkan menurut ahli pendidikan. Akan tetapi, tidak ada salahnya kan jika anak sedikit demi sedikit diajarkan bagaimana menulis? Anggap saja ini sebagai kegiatan belajar sambil bermain tambahan di rumah.

Karena temanya Valentine, bunda bisa siapkan kertas warna yang sudah ada dekorasinya. Setidaknya sudah ada pemanis seperti bingkai berwarna-warni. Lalu, bunda ajarkan si kecil bagaimana menuliskan ungkapan kasih sayang. Contohnya saja ungkapan sederhana seperti aku sayang bunda, aku sayang ayah. Silakan pilih ungkapan yang paling sering digunakan oleh sang buah hati.

Kegiatan ini tidak hanya membuat anak belajar menulis. Anak juga belajar untuk mengasah kasih sayang kepada orang tua. Simpan tulisan tersebut hingga anak dewasa nanti. Tunjukkan kepada anak ketika ia sudah dewasa nanti. Ini akan menjadi momen yang spesial sekali.

Membuat Cemilan Khas Valentine

Mau permainan sambil belajar yang lebih menantang lagi? Boleh saja. Jika anak bunda kebetulan perempuan, bunda bisa ajak si kecil membuat cemilan. Sebenarnya tidak harus perempuan. Karena membuat kreasi makanan tidak hanya boleh dilakukan oleh anak perempuan, bukan?

Tentunya cemilan yang bunda buat bersama anak bernuansa Valentine. Contohnya membuat bolu cokelat dengan taburan bubuk susu diatasnya membentuk lambang cinta. Atau cokelat berbentuk love. Bunda bisa sesuaikan dengan tingkat kemampuan sang buah hati.

Dalam hal ini, bunda bisa bagi tugas. Untuk hal-hal yang mudah dilakukan seperti mengaduk dan mencetak, bunda bisa biarkan si kecil melakukannya. Tidak masalah jika hasilnya kurang sempurna. Karena bukan hasilnya yang terpenting tapi proses belajarnya.

Dan ketika kreasi sudah selesai dibuat, bunda bisa ajak anak untuk membagikan kreasi tersebut kepada tetangga, sanak saudara, atau jika jumlahnya banyak, bunda bisa ajak anak untuk bagikan kue tersebut kepada anak-anak yatim piatu yang tinggal di panti asuhan. Dan ini yang sebenarnya makna dari Valentine, yaitu kasih sayang kepada sesama.

Bahkan, akan lebih baik lagi jika memamg bunda merencanakan untuk melakukan kegiatan Valentine di panti asuhan. Jadi, selain memberikan kue, bunda juga bisa mengadakan pesta kecil-kecilan di sana. Bunda bisa buat kegiatan menarik dan menyenangkan. Ini menjadi salah satu cara untuk mengajarkan kepada anak bahwa ada banyak sekali anak seusianya di luar sana yang tidak seberuntung dirinya. Untuk itu, ia harus selalu bersyukur dan menyayangi anak-anak yang kurang beruntung tersebut. Semoga, dengan kegiatan ini, anak akan terus mengenang kegiatan dan pelajaran ini hingga dewasa nanti.

Mendekorasi Kamar Si Kecil

Belum lengkap rasanya jika sudah membuat kreasi kue Valentine tapi kamar belum didekorasi dengan nuansa Valentine. Ini bisa menjadi kegiatan menyenangkan juga lho.

Mendekorasi rumah agar bernuanasa Valentine tidaklah sulit. Ada beberapa hal yang bisa bunda lakukan sendiri bersama sang buah hati. Contohnya saja menghiasi kamar dengan balon. Bunda bisa beli balon dengan warna pink dan merah dengan bentuk yang berbeda. Bunda bisa meminta anak untuk membantu meniup balon tersebut. Jika sulit, gunakan pompa kecil untuk memompa balon. Biarkan anak yang memompa. Pasang balon di sudut-sudut kamar.

Selain itu, hiasai juga kamar dengan pita warna-warna. Jika perlu, bunda bisa belikan baju prince atau princess untuk anak. Jadi, ketika berada di kamar dengan dekorasi Valentine, anak akan merasa hari tersebut hari yang spesial.

Jika kreasi kue valentine juga bunda buat, bunda bisa menikmati kue tersebut bersama anak dan suami di kamar. Ini seolah menjadi pesta Valentine kecil di kamar sang buah hati. Bukankah itu menyenangkan, bunda?

Banyak hal yang sebenarnya bisa dilakukan untuk mengisi hari Valentine. Tidak hanya melulu berduaan dengan suami. Jika bunda sudah punya balita, mengapa tidak mengajaknya merayakan Valentine?

Tidak ada yang salah dengan perayaan Valentine. Toh namanya juga hari kasih sayang. Yang salah adalah cara merayakannya yang selama ini sering dilakukan dengan kegiatan yang negatif. Ini yang harus dihilangkan atau diganti dengan kegiatan yang positif. Dan ide bermain sambil belajar bersama sang buah hati tersebut di atas bisa bunda terapkan.

Akan lebih menyenangkan jika bunda mengundang tetangga yang kebetulan memiliki balita untuk sama-sama melakukan kegiatan di rumah. Atau undang juga saudara besar yang mungkin selama ini sulit untuk bertemu bareng. Valentine menjadi momen menebar kasih sayang antar keluarga dengan cara mempertemukan mereka serta menjalin tali silaturahmi sehingga semakin kuat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*