Gunakan 11 Cara Melindungi Wajah dari Sinar Matahari

lindungi kulit dari paparan sinar matahari

Kulit wajah yang terpapar sinar matahari berlebihan dapat membuatnya menjadi rusak. Bagian wajah akan timbul kerutan serta noda hitam jika sering terkena sinar matahari. Sengatan matahari dapat membuat kulit wajah terbakar. Mengantisipasi hal tersebut berikut adalah tips Melindungi Wajah dari Sinar Matahari.

  1. Pakai Sunscreen

Salah satu skincare yang wajib digunakan adalah sunscreen atau tabir surya dari NIVEA. Pemakaian yang rutin dapat melindungi dan memproteksi wajah dari sengatan matahari di siang hari. Agar dapat melindungi kulit wajah setidaknya terdapat kandungan SPF (Sun Protection Factor) 30. Skincare ini paling efisien dipakai pada pagi jam 8 hingga sore jam 4.

Saat siang, kulit membutuhkan perlindungan ekstra. Jika Anda berkeringat atau setelah berenang disarankan mengoleskan kembali sunscreen setelah 80 menit. Jenisnya ada bermacam-macam, ada water resistant yang bisa dipakai di dalam air, broad-spectrum yang dapat menangkal sinar ultraviolet baik aging maupun burning.

  1. Memakai Skincare Berlapis SPF

Cara yang paling mudah melindungi wajah dari terik matahari adalah dengan memilih produk perawatan wajah yang mengandung sun protection factor sebesar 30. Di antaranya pelembab, tabir surya, primer, foundation hingga BB cream yang ada kandungan SPF. Untuk malam hari dianjurkan memakai serum malam atau night skincare. Pastikan produk perawatan wajah aman bagi kulit wajah Anda.

  1. Ketahui Waktu Terik

Cara melindungi kulit wajah dari sinar matahari dengan mengetahui waktu sinar matahari yang membuat Anda hitam. Matahari mengeluarkan panas maksimal antara pukul 10.00 pagi hingga 15.00 sore. Jika terpaksa di bawah terik matahari pada jam tersebut, usahakan memakai tabir surya atau skincare SPF 30. Jika kulit terlalu lama berada di jam tersebut, maka kulit akan terbakar matahari.

  1. Menggunakan Masker Alami

Bahan-bahan alami dapat melindungi Anda dari paparan sinar matahari. Salah satu bahan alami yaitu gel aloe vera. Lidah buaya mempunyai kandungan kalsium dan antioksidan yang dapat melindungi dan meremajakan kulit. Campurkan sepuluh sendok daging lidah buaya dan campurkan empat tetes minyak cengkeh beserta tujuh tetes minyak menthol.

Bahan selanjutnya minyak kelapa dan alpukat. Kedua bahan alami tersebut diyakini dapat menjadi sunblock alami bagi kulit. Cara membuatnya, dengan mencampurkan empat sendok kelapa dengan tiga sendok alpukat. Mix hingga rata kemudian simpan di lemari es.

Minyak zaitun juga dapat menjadi pengganti tabir surya. Antioksidan yang terkandung dapat menangkal kulit dari radikal bebas. Dapat juga berfungsi sebagai pelembab kulit Anda selain wajah. Minyak zaitun memiliki aroma natural yang tidak menyengat.

  1. Gunakan Pakaian Tertentu

Hindari menggunakan baju ketat saat di bawah panas matahari. Jangan memakai pakaian berwarna hitam karena menyerap sinar matahari. Baju yang terlalu tebal juga menyebabkan pemakainya cepat gerah. Keringat dan radikal bebas dapat menyebabkan wajah Anda berjerawat.

Namun, semakin Anda menutup tubuh Anda dengan baju lengan panjang, semakin baik melindungi dari terik matahari. Bahan denim dan spandex mampu menyaring sinar ultraviolet lebih baik dari bahan linen. Jika Anda beraktivitas outdoor tak ada salahnya memakai busana dengan UPF (Ultraviolet Protection Factor).

T-shirt berwarna putih memiliki kadar UPF hingga tingkat 5. Sedangkan spandeks memiliki kadar UPF 50 dikarenakan didesain untuk berada diluar ruangan. Jika Anda menggunakan busana tersebut, perlindungan Anda mencapai 98 persen. Bahan tersebut mudah dicari dan didapatkan.

  1. Topi

Topi disarankan ketika Anda berada di luar rumah. Perlengkapan luar tersebut mampu menghambat sinar matahari sehingga menutupi wajah Anda. Jika tidak memakai topi, wajah akan hitam karena terpapar. Menurut para ahli, menggunakan topi lebar sama dengan mengoleskan SPF kadar 5 dan membuat rambut tidak kusam dan rusak.

  1. Membatasi dan Berteduh

Jika Anda tidak sempat membawa peralatan perlindungan matahari, usahakan segera mencari tempat perlindungan. Berteduh dapat Anda lakukan di bawah pohon maupun bangunan gedung. Kulit akan mengalami kerusakan jika selama 15 menit tidak terlindungi. Jangan sampai kulit Anda rusak karena tidak membawa pelindung wajah dari sinar matahari.

  1. Konsumsi Buah dan Sayur

Makanan sehat yang berasal dari alam dapat bermanfaat bagi tubuh terutama kulit. Buah dan sayuran dapat menjaga kulit wajah tetap sehat. Kandungan antioksidan dan vitamin cocok untuk kulit Anda. Buah dan sayur yang disarankan diantaranya semangka, kacang-kacangan dan kol. Sayuran yang berdaun hijau sangat baik bagi kulit wajah Anda.

  1. Bawa Kacamata Hitam

Gunakan kacamata hitam dengan frame yang lebar saat berpanas-panasan di bawah matahari. Hal tersebut dapat melindungi setengah dari wajah Anda. Kacamata yang menggunakan lensa filter anti ultraviolet ampuh melindungi bagian mata Anda. Jangan gunakan lensa yang memiliki unsur refleksi seperti kaca. Lensa yang berbahan kaca dapat memantulkan cahaya matahari langsung ke mata Anda.

  1. Konsumsi Produk Vitamin

Vitamin yang dapat melindungi kulit wajah diantaranya adalah astaxanthin. Vitamin tersebut termasuk antioksidan dan pigmen. Diproduksi oleh alga air dan merespon dengan cepat untuk melindungi dari sinar UV. Penggunaan yang rutin dapat membuat kulit wajah sehat dan tidak kusam.

  1. Minum Banyak Air Putih

Ketika kulit terkena matahari, cairan tubuh keluar melalui kulit terutama wajah kemudian menguap. Jika dibiarkan, kondisi tersebut dapat mengakibatkan kekurangan cairan. Dehidrasi dapat dicegah dengan banyak minum air putih. Anda juga dapat mengganti cairan tubuh yang hilang dengan meminum minuman isotonik yang menggantikan elektrolit yang hilang.

Demikian tadi adalah 10 cara untuk melindungi wajah dari sinar matahari. Kulit yang bersih dan sehat akan nampak menarik jika dipandang. Pastikan asupan gizi cukup agar wajah Anda tetap berseri dan tidak kusam. Bagi yang terlanjur sering tepapar sinar matahari secara langsung, Anda bisa lakukan perawatan wajah kusam berikut untuk mengembalikan kecerahan kulit wajah Anda.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*