Diet Sehat Untuk Ibu Hamil

Diet Sehat Untuk Ibu Hamil

Ibu-Indonesia.com – Diet Ibu Hamil memiliki tujuan untuk menurunkan berat badan setelah melahirkan, namun mengikuti diet sehat (tidak ketat dan membatasi kalori) sebenarnya dapat bermanfaat dan mengurangi risiko komplikasi berbahaya dan kondisi kesehatan secara keseluruhan.

Apakah diet itu aman dilakukan pada saat hamil?

Apakah Anda ingin menurunkan berat badan sebelum hamil, atau anda ingin menurunkan berat badan pada saat anda sedang hamil?  Anda tidak sendiri. Sebagian besar wanita hamil kelebihan berat badan berlebih atau terkenal dengan nama obesitas, baik karena masalah berat sebelum atau selama kehamilan, dan kondisi medis yang sudah ada sebelumnya yang dapat mempengaruhi berat badan termasuk hipertiroidisme.

Bolehkah saya diet saat hamil?

Meski direkomendasikan oleh dokter untuk mengonsumsi makanan sehat dan seimbang, ini lebih seperti pilihan gaya hidup yang tidak boleh bersifat membatasi. Banyak diet yang dilakukan dengan sejumlah aturan dan metode puasa yang bisa berbahaya pada saat hamil. Itu terjadi karena biasanya pada saat diet, anda membatasi asupan makanan yang dibutuhkan untuk anda dan bayi yang ada dalam kandungan. Ada cara untuk menurunkan berat badan selama kehamilan tanpa mengurangi asupan kalori dan melakukan diet yang ketat dan intens.

 

Makanan apa saja?

Makanan terbaik untuk dimakan pada saat diet adalah  buah-buahan, sayuran, biji-bijian, kacang polong, susu, daging dan daging unggas. Lakukan analisa, penelitian, perencanaaan dan ketahui makanan apa yang anda makan selama masa kehamilan. Hal ini dapat dilakukan dengan menulis apa yang telah anda makan di buku harian untuk memastikan anda mengkonsumsi cukup kalori sepanjang hari. Minumlah banyak air putih dan perhatikan suasana hati dan tingkat kelaparan anda untuk menemukan pola makan yang perlu diubah ( seperti ngemil )

Anda juga bisa mengkonsultasikan nya dengan dokter dan ahli gizi jika anda sangat kesulitan untuk menurunkan berat badan anda selama masa kehamilan.

 

Olahraga

Seiring dengan diet sehat yang anda lakukan, berolahraga adalah cara lain untuk menjaga berat badan menjadi tetap seimbang selama kehamilan tanpa membatasi asupan kalori kedalam tubuh. Berjalan ringan, yoga, Pilates dan berenang merupakan pilihan yang disarankan saat anda sedang hamil.

 

Resiko berdiet ketat saat hamil

Diet dengan ketat sangatlah berbahaya untuk ibu hamil. Membatasi kalori dan nutrisi saat hamil bisa berakibat pada saat kelahiran bayi anda nanti. Bayi anda akan lahir dengan berat badan yang tidak ideal,  meningkatkan risiko infeksi, keterlambatan perkembangan dan masalah kesehatan yang bisa terjadi nanti kedepannya. Berikut adalah beberapa alasan mengapa diet ketat tidak dianjurkan pada saat hamil :

–    Pada masa kehamilan, tubuh anda sudah bekerja keras dan membutuhkan nutrisi penting seperti zat besi, asam folat dan vitamin dan mineral penting lainnya.

–    Diet ekstrem dapat mempengaruhi perkembangan bayi anda dan memberikan tekanan ekstra pada tubuh anda yang sudah rapuh.

–    Diet ekstrem seperti veganisme dan makanan mentah sangat tidak dianjurkan.

–    Gula darah anda akan turun ke tingkat yang sangat rendah pada saat hamil. Jadi penting untuk makan sampai kenyang ketika anda sudah merasa lapar.

–    Meskipun kelebihan berat badan saat hamil dapat meningkatkan risiko diabetes gestasional, tekanan darah tinggi dan pre-eklampsia, diet tidak akan mengurangi segala risiko penyakit ini, melainkan akan memperburuk nya. Lebih baik lakukan diet setelah anda sudah melahirkan.

 

Emosional dan penyebab psikologis ingin menurunkan berat badan saat hamil.

Akhir-akhir ini seiring dengan meningkatnya laju saluran media sosial seperti Instagram dan Facebook, wanita terkadang merasa tidak nyaman dengan bentuk tubuh mereka selama masa kehamilan. Mengalami kenaikan berat badan selama masa kehamilan adalah hal yang wajar. Tapi tekanan psikologis dan tuntutan wanita menempatkan diri mereka untuk memiliki tubuh ideal sebenarnya dapat membahayakan kesehatan fisik dan mental mereka. Gangguan psikologis tersebut secara tidak langsung  dapat menyebabkan ketidaksuburan, keguguran dan masalah kesehatan serius lainnya.

Secara keseluruhan, sebaiknya makan makanan yang sehat dan seimbang pada saat hamil. Berolahraga juga bisa anda lakukan untuk menjaga kesehatan dan berat badan anda tetap stabil. Namun, diet ketat tidak disarankan, yang biasanya melibatkan kurangnya asupan kalori ke dalam tubuh. Jika anda mendapati diri anda terobsesi dengan diet pada saat hamil, mungkin ada masalah psikologis pada diri anda. Demikian juga, makan berlebih sama tidak sehatnya dan harus dipantau setiap hari. Pikiran yang sehat sama pentingnya dengan tubuh yang sehat, terutama saat anda sedang hamil.

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*