8 Perawatan Wajah Kusam untuk Beauty Routine

kulit wajah cantik

Memiliki wajah cerah berseri merupakan dambaan setiap orang, terutama perempuan. Tak hanya perawatan dengan dokter kecantikan, bagi Anda yang ingin memiliki wajah cerah  bisa merawatnya sendiri di rumah sebagai beauty routine. Cara perawatan wajah kusam akan dijelaskan secara detail di bawah ini!

  1. Cukup Tidur

Kurang tidur biasanya dialami oleh orang yang bekerja di malam hari. Bahkan untuk orang  pecinta film streaming, umumnya rela menonton film hingga di pagi buta. Begadang untuk hal yang positif maupun untuk hal negatif, tetap memiliki dampak buruk bagi kesehatan. Salah satunya membuat kulit menjadi kusam dikarenakan mengubah metabolisme tubuh.

Meskipun dapat diganti dengan tidur siang, namun kualitasnya tidak sama seperti tidur di malam hari. Saat malam hari, sel-sel tubuh melakukan metabolisme secara baik dan melakukan perbaikan sel-sel tubuh. Jika mengganti tidur malam dengan tidur siang, maka proses dalam perbaikan sel-sel tubuh akan terganggu.

Malam hari diciptakan untuk beristirahat dari aktivitas yang melelahkan. Jika tidak digunakan untuk beristirahat, maka metabolisme tubuh akan terganggu. Seperti menurunkan jumlah darah atau disebut anemia, sehingga wajah menjadi pucat pasi seperti kehilangan darah di dalam tubuh. Selain itu, kulit akan menjadi kering karena tidak diistirahatkan saat malam hari.

  1. Jauhi Penyebab Stres

Stres tak hanya berdampak buruk bagi pencernaan, namun juga bagi kesehatan tubuh lainnya. Sebaiknya lebih bijak dalam menghadapi setiap masalah agar tidak menimbulkan stres. Baik stres karena munculnya banyak masalah, atau karena pekerjaan. Selesaikan urusan satu-persatu dan lebih baik jangan menunda pekerjaan agar tidak menumpuk  dan menyebabkan stres.

  1. Cukup Minum Air Putih

Tubuh manusia terdiri dari 70% kandungan air, maka dari itu harus penuhi asupan air dalam tubuh agar seimbang. Kurangnya minum air putih dapat menyebabkan kekurangan cairan tubuh atau disebut dehidrasi. Dehidrasi merupakan hilangnya cairan di tubuh secara berlebihan sehingga menyebabkan tubuh kekurangan cairan. Banyak dari kita yang salah dalam konsepnya.

Cukupi kebutuhan air dalam tubuh dengan banyak minum air putih. Jangan terlalu sering meminum air warna, berasa atau soda gembira. Pilih air putih yang menyehatkan dan mampu menetralkan racun dalam tubuh. Kurangnya air putih dapat menyebabkan kulit menjadi kering  dan kusam. Penuhi kebutuhan air minum dengan meminum air minimal 8 gelas setiap harinya.

  1. Memakai Kosmetik Sesuai dengan Tipe Kulit Wajah

Seorang perempuan tentunya tidak jauh dari yang namanya make up dalam kesehariannya. Pilih make up yang ringan di wajah dan sesuai dengan tipe kulit agar tak merusak kulit wajah. Kenali terlebih  dahulu jenis muka agar bisa membeli make up yang sesuai dengan jenis muka. Make up yang tidak sesuai dengan tipe kulit akan membahayakan kulit wajah.

  1. Pola Makan Sehat

Selain untuk kesehatan, pola makan yang sehat juga membantu merawat wajah kusam Anda. Hindari junk food, makanan yang mengandung  kolesterol dan lemak jenuh. Makanan dengan kandungan tersebut dapat menyebabkan tertimbunnya  lemak dalam tubuh. Sehingga menyebabkan kulit wajah menjadi gelap.

Makanan cepat saji dan berlemak memang cenderung menggugah selera, namun akan membuat wajah menjadi kusam. Ganti  makanan tak sehat dengan makanan yang mengandung  antioksidan serta kaya akan serat yang mampu membantu mencerahkan wajah  dari dalam. Makanan sehat tersebut berupa buah-buahan dan sayuran.

  1. Memakai Masker Wajah

Masker yang dipakai bisa dari masker alami maupun dari masker kemasan. Pemakaian jenis dan kandungannya tetap memperhatikan kondisi kulit dan tipe kulit wajah. Masker alami yang bisa Anda gunakan dapat berupa masker pisang, minyak zaitun, susu, madu dan lainnya. Jangan lupa untuk selalu memakai masker dalam keadaan wajah yang bersih agar lebih  maksimal.

Sebagai contoh salah satu buah pisang yang dapat dijadikan sebagai masker alami wajah. Buah pisang mengandung banyak vitamin yaitu vitamin B, vitamin E, vitamin C, serta Potasium. Kandungan vitamin C dalam pisang terbukti mampu membuat wajah lebih cerah. Serta vitamin E membuat kulit wajah menjadi halus dan lembut setelah pemakaian masker pisang tersebut.

  1. Bersihkan Wajah Setelah Memakai Make Up

Semua make up yang dipakai dalam keseharian perempuan terbuat dari bahan kimia. Maka dari itu, setelah pemakaian, harus dibersihkan hingga tanpa menyisakannya di wajah. Pembersihan make up dilakukan secara double cleansing agar make up benar-benar terangkat dari wajah. Hal ini memberikan waktu kepada kulit wajah untuk beristirahat  dari bahan kimia.

Pemakaian make up juga ada batas waktu. Meskipun banyak brand make up yang kini menawarkan make up tahan lama hingga 48 jam. Namun, perlu diperhatikan bahwa kulit wajah juga memerlukan asupan oksigen agar segar dan tidak memerah. Jika terpaksa harus menggunakan make up lama, maka usahakan saat membersihkannya benar-benar terangkat.

  1. Menggunakan Sunscreen Saat Beraktivitas di Luar Ruangan

Poin ini berhubungan dengan poin sebelumnya yaitu sebelum memakai make up, memakai sunscreen terlebih dahulu. Make up memang secara tidak langsung membantu dalam perawatan kulit kusam dengan menghalangi sinar matahari. Tak semua make up mampu melakukan ini secara maksimal. Maka dari itu, perlu adanya sunscreen untuk menangkalnya.

Anda bisa memilih sunscreen dengan formula gel jika kulit Anda berminyak agar wajah tidak terasa lengket dan penuh dengan minyak. Anda yang  memiliki tipe wajah kering, bisa menggunakan sunscreen dengan formula krim. Kandungan formula ini mampu membantu menghidrasi kulit dan membuat  wajah menjadi tampak dewy.

Itulah kedelapan perawatan wajah kusam yang bisa Anda terapkan untuk beauty routine. Wajah yang cerah tentunya cerminan dari wajah yang sehat. Begitu pula wajah yang sehat merupakan cerminan dari pola hidup yang sehat. Miliki kulit cerah sekarang dengan melakukan perawatan untuk mengubah kulit kusam Anda.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*