Tips Bagaimana Cara Mendidik Anak Agar Sukses Dalam Bersekolah

Tips Bagaimana Cara Mendidik Anak Agar Sukses Dalam Bersekolah

Ibu-Indonesia.com – Cara mendidik anak yang baik dan benar sangatlah vital dalam membantu prestasi nya di sekolah. Anak-anak  akan menjadi lebih baik di sekolah ketika orang tua mereka terlibat penuh dengan pendidikan mereka. Anda sebagai orang tua mempunyai peran yang sangat penting untuk bisa membantu anak-anak anda mencapai potensi maksimal yang mereka miliki, sehingga ketika disekolah anak-anak mampu belajar dan mendapatkan hasil yang lebih baik dan menjadi orang yang sukses kelak dewasa nantinya. Berikut beberapa tips dan trik dalam membantu si anak untuk mencapai potensi maksimal di sekolahnya.

 

Ajari anak Anda bahwa kegagalan adalah batu loncatan menuju kesuksesan.

Setiap keterampilan membutuhkan proses dari nol sampai menjadi sangat mahir. Singkatnya untuk mendapatkan sesuatu yang baik ada proses dan “harga” yang dibayar untuk mencapai kesuksesan tersebut.

Cobalah mendorong anak anda untuk memperbaiki tingkat rasio  kegagalan mereka ,jika pada awalnya anda tidak berhasil, coba, coba, dan coba lagi. Ini adalah salah satu cara terbaik untuk mendidik anak dan mengembangkan kesuksesan mereka di bidang apa pun itu.

Untuk melakukan hal ini anak-anak perlu memiliki dua ciri utama: Tidak takut akan kegagalan dan jangan mudah untuk menyerah. Mereka harus selalu didorong dan kita sebagai orang tua harus menopang saat mereka gagal sehingga bisa sampai pada titik di mana mereka menjadi terampil.

Apa yang dapat Anda lakukan untuk mengembangkan ciri-ciri kunci ini pada anak Anda?

1. Ajari mereka Catur

Catur sering digambarkan sebagai alat permainan yang sempurna karena akan memberikan semua efek positifnya pada logika anak-anak, yaitu berupa pemecahan masalah dan perencanaan strategis. Hal ini juga membutuhkan disiplin dan konsentrasi dan ini menjadikan catur sebagai alat permainan yang memiliki banyak manfaat pada pertumbuhan psikologis anak.

 

2. Katakan pada mereka tentang kegagalan Anda sendiri dan bagaimana Anda mengatasi nya.

Kita semua sebagai orang tua mengetahui kenyataan hidup dimana kesuksesan membutuhkan kerja keras, tetapi terkadang ini belum tentu jelas bagi anak-anak. Jika Anda meluangkan waktu untuk menjelaskan pengalaman Anda tentang proses nya, ini akan membantu mereka menghubungkan kerja keras dengan imbalan di masa depan, sehingga anak-anak akan menjadi termotivasi dan lebih giat dalam mencapai mimpinya.

 

 

Jadikan belajar itu adalah aktivitas yang disukai anak anda.

Belajar akan menjadi seratus kali lebih sulit jika dilihat sebagai kewajiban. Misalkan banyak dari kita memiliki blok mental tentang matematika di sekolah dan sebagian besar dari ini adalah kenyataan bahwa kita mengatakan kepada diri sendiri bahwa kita tidak menyukai matematika.

Psikolog penelitian telah membuktikan berkali-kali bahwa suasana hati yang baik membuat Anda lebih cerdas, lebih menyatu, lebih kreatif dan lebih bertahan pada situasi yang sulit. Jadi jika Anda
Bisa mendorong anak untuk menikmati belajar, maka akan menjadi lebih mudah bagi anak anda dalam melewati proses belajar itu sendiri. Kuncinya adalah menetapkan dengan pola pikir positif yang sudah diprogram agar anak anda berhasil.

 

Biarkan anak anda bebas memilih pelajaran yang mana yang paling mereka sukai.

Dapat menguasai banyak pelajaran memanglah sangat bagus sekali untuk masa depan anak anda, tetapi jangan sampai anda sebagai orang tua menjadikan itu sebagai standard dan patokan untuk memaksa anak anda untuk menyukai semua mata pelajaran yang ada. Jika anak anda menemukan sesuatu yang menarik dan sangat enjoy dalam mendalaminya, anda harus mendukung dan membimbing nya sehingga mereka dapat merasakan dukungan dari orang tua yang 100% menyayanginya.

 

Memotivasi anak-anak dengan konsekuensi bukan hukuman.

Mungkin sudah menjadi kebiasaan oleh kita semua menggunakan ancaman untuk supaya anak kita dapat mendengar dan melakukan hal-hal yang baik untuk mencoba dan memotivasi mereka. Contoh  “Jika kamu tidak mulai mengerjakan pekerjaan rumah dalam sepuluh menit berikutnya, tidak boleh main iPad setelah makan malam.”

Masalahnya adalah ini tidak akan mengubah anak anda menjadi lebih baik. Kehidupan orang dewasa ditentukan oleh sebab dan akibat, dan jika seorang anak mulai mengetahui bahwa hasilnya ditentukan oleh tindakan mereka, lama-lama mereka akan dapat dengan sendirinya lebih peka dan sadar mana yang salah dan benar yang harus mereka lakukan kedepan nya.

Mendidik anak supaya kelak menjadi orang dewasa yang sukses dan bertanggung jawab memanglah sudah menjadi tugas dan kewajiban anda sebagai orang tua. Menuntun nya dengan cara-cara yang ter target dan terstruktur menjadikan mimpi anak-anak anda menjadi semakin gampang terwujud. Oleh karena itu sosok dan peran orang tua sangat lah penting bagi tumbuh kembang anak kedepan nya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*