Susu Soya Bayi: Apa Manfaat Susu Soya Bayi: Manfaat Dan Kemampuannya dalam Memenuhi Nutrisi

susu soya bayi
Source: Adajerawat.com

Apakah bayi Anda tidak dapat minum susu sapi disebabkan oleh alergi atau juga karena Anda ingin mengikuti gaya hidup vegetarian dan ingin menghindari susu dari hewan? Jika iya, Anda mungkin dapat mempertimbangkan susu dengan bahan dasar dari kacang kedelai yaitu susu soya bayi. Susu soya bayi ini dapat menjadi salah satu sumber nutrisi untuk bayi Anda yang tidak didapat dari susu formula yang berbahan dasar susu sapi.

Di luar sana pasti masih banyak dari Anda yang bingung dan bertanya-tanya tentang susu soya bayi itu seperti apa, bagaimana manfaat dari susu soya bayi, atau apakah susu soya bayi aman untuk Anda berikan atau tidak. Di bawah ini Anda akan menemukan semua hal yang perlu Anda ketahui tentang alternatif pengganti dari susu sapi ini.

Apa itu Susu Soya Bayi?

Susu soya dibuat dari bahan utama yaitu kedelai. Pembuatan susu soya dapat dilakukan secara tradisional dengan cara kedelai pertama kali dicuci dan direndam  selama satu malam, kemudian digiling dengan air. Hasil dari gilingan itu kemudian disaring dan dimasak dengan api kecil hingga matang, jangan lupa untuk terus diaduk saat proses pemasakkan.  Namun, susu soya yang Anda temukan di toko sudah disempurnakan dengan komponen lain seperti kalsium dan vitamin. Susu soya itu juga sudah ditambahkan dengan pengental agar susu memiliki tekstur yang hampir sama dengan susu sapi.

Apa Manfaat Susu Soya untuk Bayi?

Dalam kasus bayi yang menderita alergi susu formula, susu soya bayi merupakan alternatif tepat. Dokter biasanya akan meresepkan susu soya jika si kecil alergi terhadap susu formula. Susu ini mengandung laktosa lebih sedikit daripada jenis susu lainnya. Sebenarnya ada variasi susu kedelai bebas laktosa, tapi ini sebaiknya dihindari. Karena meskipun buah hati Anda memiliki kerentanan terhadap laktosa namun mereka masih memerlukannya walaupun dalam jumlah kecil.

Susu soya biasanya tersedia dari berbagai rasa, sehingga memudahkan buah hati Anda untuk menyukai dan mengkonsumsinya. Terlebih bila buah hati Anda sulit untuk menerima dan mengkonsumsi susu formula dengan rasa polos, susu soya bisa menjadi alternatif yang patut Anda coba. Susu soya juga banyak mengandung protein. Kandungan protein ini penting untuk pertumbuhan dan perkembangan buah hati yang optimal, karena seiring pertumbuhan bayi dengan kecepatan tinggi, mereka membutuhkan lebih banyak protein daripada orang dewasa.

Meskipun susu soya secara alami tidak dikemas dengan vitamin dan nutrisi seperti susu sapi, Anda tetap dapat memilih susu soya bayi yang kaya vitamin dan nutrisi, karena banyak produsen susu soya bayi sudah memperkaya dengan vitamin A, vitamin D, vitamin B, folat, dan kalsium.

Bagi buah hati Anda yang tidak memiliki alergi atau Anda tidak dalam diet vegetarian, tapi Anda ingin memilih susu soya bayi untuk melengkapi susu sapi juga diperkenankan.  Hal ini dapat digunakan untuk sumber protein tambahan bagi buah hati.

Namun ada yang perlu Anda catat, jika Anda memilih untuk memberikan susu soya bayi secara eksklusif, buah hati Anda perlu mengkonsumsi kalsium dari beberapa sumber lain. Hal ini dikarenakan phylate dalam susu kedelai mencegah penyerapan beberapa kalsium. Untuk memastikan buah hati mendapatkan cukup kalsium, Anda harus mempertimbangkan menambahkan yogurt, keju, brokoli, atau makanan yang diperkaya kalsium ke dalam makanannya. Selain itu, vitamin B12 juga hanya bisa ditemukan pada makanan dengan sumber hewani, jadi pertimbangkan untuk mencampur susu kedelai dengan sereal yang diperkaya vitamin untuk memastikan anak Anda mendapat nutrisi yang cukup.

Apakah Susu Soya Bayi Aman atau Tidak?

Ada beberapa kekhawatiran mengenai apakah susu soya bayi dapat mempengaruhi kesehatan. Namun, para ilmuwan mengklaim bahwa jika benar-benar berbahaya, maka susu soya akan ditarik dari pasaran. Susu soya juga telah digunakan selama puluhan tahun sebagai pengganti susu sapi dan untuk bayi yang alergi terhadap susu formula.

Meskipun susu kedelai memang memiliki manfaat kesehatan bagi anak-anak, penting untuk; Pertama, Anda harus mengerti perbedaan antara susu soya dan susu formula. Kedua, Anda hanya memberi susu kedelai kepada bayi jika dokter telah menyarankan untuk melakukannya, karena dalam kebanyakan kasus, tidak sesuai untuk bayi di bawah usia 6 bulan.

Demikian ulasan yang dapat kami bagikan pada Anda.

Jika Anda membaca ulasan kami dan sekarang Anda mulai tertarik untuk memberikan susu soya pada bayi, serta sedang mencari produk aman yang bisa Anda gunakan. Kami merekomendasikan produk susu soya bayi dari nutriclub yaitu Nutrilon Soya 4.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*