Stimulasi Dari Ibu Untuk Perkembangan Bayi 10 Bulan

perkembangan bayi 10 bulan
sumber: encrypted-tbn3

Ibu-Indonesia.com – Dalam perkembangan bayi 10 bulan sudah begitu banyak kemajuan yang telah dicapai buah hati Ibu. Tentu hal ini akan sangat membahagiakan Ibu dan juga Ayah, bukan hanya karena tumbuhnya yang sehat namun keceriaan telah mengisi waktu-waktu Ibu setiap hari. Ada banyak perkembangan yang terjadi pada bayi 10 bulan, selain aktifitas, fisik dan juga emosionalnya. Interaksinya terhadap lingkungan dan orang-orang di sekitar pun semakin berkembang.

Sebagai orang tua dari bayi yang semakin lincah, tentu saja Ibu harus memperhatikan perkembangan bayi Ibu yang telah menginjak 10 bulan ini. Hal-hal apa saja yang biasa terjadi pada pertumbuhan dan perkembangannya. Ini bertujuan untuk memantau, apakah setiap perubahan yang terjadi memang sudah seharusnya dan wajar.

Ada beberapa hal yang terjadi pada perkembangan bayi usia 10 bulan yang perlu Ibu ketahui.

Anak Sudah Bisa Berdiri dan Berjalan

Dalam usia ini, Ibu akan mendapati bayi Ibu akan berusaha untuk berdiri dari duduknya. Mungkin dia akan sering terlihat terjatuh atau terduduk kembali, namun dia akan terus berusaha untuk berdiri tanpa berpegangan. Ini tentu masa-masa yang menyenangkan sekaligus membuat Ibu meringis melihat tingkahnya. Mengkhawatirkan tulang duduknya, namun Ibu harus tenang, ini hal yang wajar untuk mengajarkannya mandiri semenjak dini dan menjadi tangguh.

Setelah dia mampu berdiri, mungkin dia akan terlihat senang dan tertawa pada Ibu. Memamerkan tingkahnya yang sudah mampu untuk berdiri selama beberapa detik.

Dalam usia 10 bulan ini juga, bayi Ibu bisa melangkah dengan tetap berpegangan pada penyangga. Ibu pun bisa membantunya untuk berjalan dengan bertopang pada kedua tangan Ibu. Hal ini menjadi stimulasi yang bagus bagi anak, agar dia cepat belajar berjalan sendiri.

Memegang Hal-hal Kecil

Bayi Ibu yang sedang aktif-aktifnya ini, dalam usia 10 bulan sudah begitu memiliki rasa penasaran yang tinggi. Tingkahnya yang tak mau diam dan sudah bisa merangkak kesana-kemari, akan membuat Ibu kewalahan. Dia pun juga akan suka untuk menggapai apa yang ada di sekitarnya. Meraih benda-benda kecil yang bisa tergenggam di tangganya dan memasukannya ke mulut.

Dalam usia ini memang Ibu harus memiliki perhatian ekstra. Karena buah hati Ibu akan siap memasukan apa saja ke dalam mulutnya, atas benda-benda yang ada dalam genggamannya. Sebaiknya selalu bersihkan lantai yang kotor dan jauhkan benda-benda tajam yang berbahaya bagi keselamatannya.

Perkembangan Bahasa

Pada perkembangan bayi 10 bulan, Ibu akan mendengar bayi Ibu mencoba berkomunikasi dengan Ibu atau orang di sekitar yang dikenalnya. Memang bukan bahasa yang bisa dimengerti, namun bahasa yang sepenggal-sepenggal saja. Bunyi sederhana yang belum begitu jelas. Namun, yang akan membuat selalu menyunggingkan senyum ketika wajah Ibu berhadapan dengannya, atau ketika pandangan Ibu jauh darinya, dia sudah mampu untuk mengucapkan kata, “Ma…” atau “Mama…”

Selain itu, bayi berkomunikasi sudah bisa dengan bahasa tubuhnya dan sedikit bahasa lain yang sering didengarnya. Jika dia lapar, dia sudah mampu untuk menunjuk payudara Ibu jika dia masih menyusu badan ataupun menunjuk botol dotnya sambil mengatakan kata “Cuh…” atau “Nen…” Sering-seringlah mengenalkan bahasa-bahasa sederhana padanya untuk melatihnya berbicara. Ibu juga sudah bisa mendongeng ketika dia hendak terlelap di malam hari ataupun bernyanyi ketika dia terbangun.

Perkembangan Sosial

Usia bayi 10 bulan mengalami perkembangan sosial yang pesat. Dia sudah bisa diajak bermain. Tertawa ceria ketika hatinya bahagia. Tidak bisa menyembunyikan ekspresi senangnya ketika berada di antara orang-orang yang mencintainya. Buah hati Ibu sudah lebih fokus pada sesuatu, walaupun sebaiknya jangan terlalu sering dilakukan, bayi Ibu sudah mampu untuk berkonsentrasi melihat gambar-gambar bergerak yang ada di televisi. Untuk melatih konsentrasi dan kefokusannya, lebih baik Ibu melakukannya dengan mengajaknya bermain. Misalkan dengan bermain mobil yang ibu jalankan menuju ke arahnya. Minta dia melakukan hal yang Ibu peragakan.

Banyak dari perkembangan bayi 10 bulan yang membutuhkan peranan Ibu dan Ayah untuk membantunya menstimulasi setiap pertumbuhan dan perkembangannya. Selalulah membantunya dalam setiap pembelajaran tahap usianya dan memilih cara yang tepat untuknya

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*