Pertolongan Pertama Alergi pada Balita

Alergi pada balita
Source: pixabay.com

Ibu-Indonesia.com – Alergi adalah respons kekebalan tubuh yang berlebihan terhadap sesuatu yang dianggap asing oleh tubuh. Benda asing penyebab alergi disebut alergen. Alergen bersifat atopik, artinya benda tersebut dianggap berbahaya pada tubuh penderita sementara pada orang lain tidak menimbulkan gejala apa pun.

Masalah dari jenis alergi pada balita sebenarnya adalah hal yang sangat umum, bagi orang tua sendiri harus mengetahui apa saja pertolongan pertama dan juga cara menghindarinya, karena akan jauh lebih baik jika persoalan semacam ini dihindari dibandingkan dengan Anda harus mengobatinya, selalu jaga daya tahan tubuh mereka agar tak mudah terserang alergi.

Penyebab alergi atau alergen dapat bermacam-macam, misalnya debu, udara dingin, bulu binatang, spora, serbuk sari, makanan,susu, ataupun benda-benda lain yang pada orang normal tidak menimbulkan gejala. Alergi dapat muncul pada bayi baru lahir, usia anak-anak bahkan terbawa hingga dewasa.

Gejala alergi dapat bermacam-macam tergantung jenis alergi, jenis alergen, serta bagian/organ tubuh yang alergi. Adapun gejala yang umum timbul adalah ruam kulit, gatal-gatal, muntah, bersin, batuk, sembelit, sesak napas, sakit perut, diare, kejang perut, dan lain sebagainya.

Pada keadaan normal, sebetulnya tubuh mampu melawan alergen yang berusaha menyerang sistem imun anak. Tapi, Ibu tidak bisa menganggap enteng kasus alergi pada anak. karena bisa berisiko terhadap tumbuh kembang anak, bahkan bisa berlanjut hingga dewasa.

Buah hati yang salah dalam konsumsi makanan atau juga kurang cocok dengan kondisi lingkungan memang sangat rentan mengalami alergi. Biasanya akan mulai muncul gejala-gejala yang terjadi pada bagian kulit mereka. Meskipun bukan jenis penyakit yang berbahaya, kenyataannya alergi ini juga menganggu karena bisa datang kapan saja, jika sudah berhubungan dengan bahan-bahan penyebabnya. Bahkan masalah alergi anak ini akan terus terjadi hingga mereka dewasa.

Tak heran jika seandainya banyak diantara orang tua yang mengkonsultasikannya pada yang lebih ahli, seperti diantaranya adalah dokter kulit. Kenyataannya gejala alergi yang paling sering menjangkiti buah hati memang berhubungan dengan kulit mereka. mulai dari rasa gatal hingga memerah. Jika sudah seperti ini maka berikut adalah empat langkah pertolongan pertama yang bisa Ibu sendiri.

1.  Pastikan buah hati tetap tenang, karena semakin cemas mereka maka gejala juga akan bertambah kian parah. Berilah ia air minum dan suruh si Kecil untuk berbaring.


  1. Jika alergi disebabkan karena serangga beracun, seperti diantaranya adalah ulat yang mengandung toksin pada bagian bulunya, maka bisa jadi memang ada bulu-bulu yang tertinggal dan menempel di kulit, selama belum hilang maka rasa gatal juga akan terus menjangkiti tubuh. Sehingga hilangkan terlebih dahulu dengan mencabuti menggunakan pinset.

  2. Oleskan pelembab kulit, diantaranya adalah jenis yang mengandung bahan kalamin. Bahan yang satu ini akan meredakan efek gatal juga peradangan yang terjadi, sehingga terasa lebih baik.

  3. Jika alergi yang diderita hanyalah masalah ringan, artinya tak sampai menunjukkan gejala yang parah semacam peradangan hebat, maka Anda tak perlu membawanya ke dokter. Hanya saja jika sudah berhubungan dengan apa yang dimakan atau alergi terhadap suatu makanan, maka alangkah baiknya pengobatan dilakukan oleh yang lebih ahli.

Demikianlah empat langkah pertolongan pertama alergi pada anak. Kini, Bunda tidak  perlu panik lagi ketika alergi pada balita terjadi. Dengan pertolongan yang cepat dan tepat, buah hati pun dapat tumbuh dan berkembang lebih optimal.

Semoga membantu.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*