Perkembangan Motorik Bayi Usia 3 Bulan

perkembangan bayi usia 3 bulan
Sumber: BabyCenter.com

Ibu-Indonesia.com – Bayi Ibu semakin menggemaskan dan membuat Ibu semakin tidak rela untuk melepaskannya. Pada perkembangan bayi usia 3 bulan, memang dia semakin mengenali orang-orang yang familiar baginya, terutama Ibu dan Ayah. Akan ada perkembangan pesat sepanjang bulan ke-3 perkembangan bayi ini, yang akan me buat Ibu bangga melihat tumbuh kembangnya. Kemampuannya mengenal suara dan indra penciuman semakin kuat. Ibu sering-seringlah berkomunikasi dengannya untuk mengajarkan kemampuan bahasanya.

Selain perkembangan indra yang semakin menajam, perkembangan motorik bayi pun juga mengalami kemajuan yang pesat. Bayi Ibu yang dua bulan lalu hanya bergerak seperlunya dan begitu anteng, kini telah mampu melakukan beberapa gerakan yang menggemaskan. Ranjangnya atau alas tempat dia direbahkan, tidak akan lagi serapi biasanya. Beberapa benda yang menarik perhatiannya pun akan berusaha dia gapai, walau dia belum mampu untuk menggenggamnya

Apa saja yang terjadi pada perkembangan motorik bayi usia 3 bulan?

Bayi yang berusia 3 bulan mengalami perkembangan pada sendi-sendi otot dan panggulnya semakin kuat. Gerakan kakinya sudah semakin luwes. Tidak jarang Ibu akan melihatnya menendang ataupun menghentak-hentakan kakinya sambil berbaring. Dalam usia ini juga, bayi sudah mampu untuk meluruskan kakinya dengan baik.

Rasa penasaran bayi pada usia perkembangan 3 bulan ini juga sejalan dengan keinginannya untuk mencari tahu. Tangannya sudah berusaha untuk menggapai sesuatu yang menarik perhatiannya. Walaupun jemarinya masih belum kuat untuk menggenggam sesuatu, namun dia akan tetap berusaha untuk membuat benda di hadapannya berada di tanggannya. Lengannya memang sudah mulai kuat, namun benda-benda dalam ukuran penuh belum bisa untuk bertahan lama di tangannya. Gerakan telapak tangannya sudah bisa menutup dan membuka secara bersamaan.

Ketika Ibu ingin menggendongnya dan memposisikan tubuh menghadap ke depan, bayi Ibu sudah mampu untuk mengangkat kepalanya. Walaupun begitu, tetaplah menaruh tangan ibu untuk membantunya memposisikan leher tetap menegak. Karena dari awal bulan ke-3, bayi baru mengalami perkembangan otot leher. Namun semakin mendekati ujung bulan ke-3, barulah leher itu akan semakin kokoh.

Pada usia perkembangan bayi 3 bulan, Ibu juga sudah mulai mendengarnya bergumam ataupun berusaha mengucapkan sesuatu. Ini berarti, perkembangan motorik pada mulutnya sudah semakin berkembang. Buah hati Ibu sedang berusaha untuk berkomunikasi dengan orang di sekitarnya. Dia akan tersenyum pada orang-orang yang berbagi kasih sayang padanya ataupun mengajaknya bermain dan bercanda. Dia pun sudah bisa berteriak menangis akan sesuatu yang membuatnya tidak nyaman dan takut. Gerakannya akan selalu disertai dengan gerak tubuhnya dalam mengekspresikan sesuatu.

Kordinasi setiap tubuh bayi pada usia 3 bulan ini memang memiliki kemampuan yang semakin berkembang. Setiap sendi yang terhubung dalam gerakannya akan semakin kuat dan berkembang dengan sangat baik. Saat anak melakukan gerakan pada salah satu anggota tubuhnya, maka gerakan tubuh yang lain akan mengikuti dengan seimbang.

Dalam hal pendengaran, kemampuan motorik bayi dalam menangkap percakapan yang terjadi juga semakin menampakan kemajuan. Dia akan menyimak setiap kata yang Ibu ataupun Ayah ucapkan kepadanya. Hal ini akan membantunya dalam mengenali dan mengucapkan kata pertama yang akan berkembang di bulan ke-4 perkembangan bayi.

Namun ada hal yang akan membuat Ibu tertawa ketika melihat tingkahnya. Karena pada usia ini, anak Ibu sudah memiliki kemampuan sosial dengan bayi lain. Mereka bisa saja terlihat saling pandang dan berbicara dengan bahasa tubuh ataupun berkomunikasi dengan bahasa mereka sendiri. Saling tersenyum ataupun bisa juga saling menangis.

Nah Ibu, itu tadi perkembangan bayi usia 3 bulan dalam hal motoriknya. Melihat buah hati semakin mengalami perkembangan pesat dalam hal pergerakan tubuhnya tentu akan sangat membahagiakan Ibu, kan? Bayi lincah juga bisa menandakan bayi itu sehat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*