Perkembangan Bayi Usia 3 Bulan

perkembangan bayi usia 3 bulan
Sumber: Pexel.com

Ibu-Indonesia.com – Bayi memiliki kecepatan tumbuh kembang yang sangat menakjubkan. Tanpa perlu menunggu tahun berganti, di setiap bulannya, selalu ada kepandaian dan kemampuan baru yang dimiliki oleh sang buah hati. Untuk memudahkan Anda memantau perkembangan anak, penting untuk mengetahui perkembangan apa saja yang harus sudah diraih oleh bayi sesuai tingkatan usia mereka. Dengan demikian, Anda bisa dengan segera mengambil tindakan apabila ternyata laju perkembangan bayi Anda mengalami hambatan.

Lalu kemampuan apa saja yang umumnya dicapai pada masa perkembangan bayi usia 3 bulan? Berikut adalah beberapa jenis perkembangan bayi yang bisa Anda jadikan panduan.

Kemampuan Mengenali Ayah dan Ibu

Meski bayi sebetulnya sudah bisa mengenali Anda sejak usia mereka baru beberapa hari, kini mereka punya kemampuan untuk menunjukkannya. Sekitar separuh bayi pada usia ini mulai menunjukkan dengan jelas bahwa mereka mengenali yang mana orang tua mereka.

Meski bayi mungkin masih akan tersenyum pada siapa saja, tapi pada tahap ini mereka sudah mulai mengenali siapa saja orang yang memang memiliki peran tertentu dalam hidupnya. Bayi akan menunjukkan sikap yang berbeda kepada Anda sebagai orang tua dibandingkan dengan sikapnya pada orang lain.

Bayi Anda akan menjadi tenang ketika membuat kontak mata dengan Anda. Biasanya mereka juga akan mencari-cari Anda ketika ada di dalam suatu ruangan kemudian menggerak-gerakkan tangan dengan girang atau tersenyum ketika berhasil menemukan Anda.

Perkembangan Awal Kecakapan Bahasa

Penelitian menunjukkan bahwa bayi-bayi yang secara esktensif diajak bicara oleh orang tuanya memiliki IQ yang lebih tinggi dan perbendaharaan kata yang lebih kaya ketika mereka beranjak besar dibanding anak-anak lainnya. Artinya, pada masa pertumbuhan balita usia 3 bulan ini, interaksi merupakan hal yang sangat penting. Bangun fondasi yang kokoh bagi kemampuan berbahasa anak dengan memperkenalkan bayi pada kata-kata yang beragam.

Ceritakan keadaan lingkungan sekitar ketika Anda mengajak buah hati berjalan-jalan. Tunjuk dan sebutkan nama barang-barang yang ada di rak-rak minimarket ketika Anda membawa bayi Anda berbelanja kebutuhan di rumah. Saat ini si kecil belum bisa mengulang apa yang Anda katakan padanya. Tetapi semua informasi yang Anda berikan akan ia simpan dalam memorinya yang berkembang dengan pesat.

Jika Anda menggunakan lebih dari satu bahasa untuk berkomunikasi di rumah, bayi akan mendapatkan manfaat dari mendengarkan kedua bahasa itu diucapkan secara teratur. Tidak usah khawatir jika sebagian kecakapan verbalnya terasa berkembang agak sedikit lambat. Pada waktunya nanti, bukan hanya menyusul ketertinggalannya, anak bahkan mungkin akan memiliki kemampuan berbahasa yang mumpuni.

 

Koordinasi Tangan, Kaki dan Lengan

Salah satu perkembangan bayi usia 3 bulan yang lainnya adalah perkembangan pada aspek kemampuan motorik bayi. Pada usianya kini, bayi Anda dapat melambaik-lambaikan tangan dan menendang-nendang. Dan seiring sendi pinggang dan lututnya kian lentur, tendangannya juga akan menjadi semakin kuat. Anda bisa merasakan bayi menekan kakinya ke bawah ketika Anda memeganginya berdiri di lantai.

Bayi juga bisa menyatukan kedua tangan dan membuka-tutup jari-jari tangannya. Latih koordinasi mata dan tangannya dengan menyodorkan mainan ke arahnya dan lihatlah apakah dia akan berusaha meraih mainan yang diberikan.

Respon terhadap Sentuhan

Pada dasarnya bayi senang ketika disentuh. Bahkan nyatanya, mereka sangat menyukai sentuhan. Respon terhadap sentuhan merupakan bagian penting dari proses perkembangan balita usia 3 bulan. Semua kontak langsung tidak hanya membantu membangun ikatan antara bayi dan orang tua, tetapi juga memberikan efek ketenangan ketika bayi rewel. Sesekali, berikan pijatan lembut pada bayi untuk membuatnya rileks.

Perkuat respon bayi terhadap sentuhan dengan memberikan rangsangan berupa macam-macam kain, misalnya beludru atau kain handuk. Bayi Anda akan penasaran untuk makan apapun, maka selalu pastikan tidak ada barang berbahaya yang ada dalam area jangkauannya.

Demikian adalah beberapa tonggak tumbuh kembang anak yang biasanya diraih pada masa perkembangan bayi usia 3 bulan. Apabila ada poin-poin yang terlambat dicapai buah hati Anda, tidak usah terlalu khawatir karena kecepatan pertumbuhan setiap anak tentunya berbeda-beda.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*