Pentingnya Memberikan Susu Terbaik Untuk Anak Usia 5 Tahun Ke Atas

Pentingnya Memberikan Susu Terbaik Untuk Anak Usia 5 Tahun Ke Atas

Ibu Indonesia – Memberikan susu terbaik untuk anak usia 5 tahun ke atas ternyata masih harus diperhatikan. Jika selama ini Bunda menganggap anak yang sudah melewati usia balita tidak perlu lagi minum susu, maka anggapan ini harus segera diubah. Karena sebenarnya, kandungan nutrisi yang ada pada susu masih dibutuhkan anak usia 5 tahun ke atas untuk mendukung pertumbuhannya.

Pentingnya Susu Untuk Anak Usia 5 Tahun Keatas

Apakah anak usia 5 tahun ke atas masih perlu minum susu? Tentu saja, karena meskipun tumbuh kembangnya tidak secepat saat anak berusia balita namun nutrisi yang terkandung pada susu tetap bermanfaat untuk anak. Apalagi anak berusia 5 tahun ke atas biasanya sudah bersekolah sehingga ia membutuhkan gizi yang lengkap dan seimbang untuk mendukung aktivitasnya yang semakin padat.

Ketika anak mulai memasuki usia sekolah, Bunda tentu akan mengupayakan untuk melengkapi nutrisi yang mendorong kecerdasan anak. Bunda juga pasti sering melihat iklan susu di media publik yang hampir semua produknya melabelkan diri sebagai susu terbaik. Dan kebanyakan susu tersebut menonjolkan manfaatnya untuk kecerdasan otak anak yang pasti membuat Bunda berniat membelinya.

Hal ini sebenarnya tidak salah, karena susu terbaik untuk anak usia 5 tahun ke atas memang mengandung nutrisi yang bisa meningkatkan perkembangan otak anak seperti AA dan DHA, Omega 9 dan nutrisi lainnya. Tapi meskipun begitu, Bunda harus tetap memberikan stimulus yang tepat. Karena pemberian nutrisi tanpa diimbangi dengan stimulus tidak akan mengoptimalkan perkembangan otak anak.

Selain mempengaruhi perkembangan otak, susu juga berpengaruh pada pertumbuhan anak. Contohnya untuk menutrisi tulang dan gigi yang dapat berakibat pada kondisi fisik anak. Hal ini juga dapat berdampak pada kesehatan dan emosional anak di masa pertumbuhannya. Oleh karena itu, anak 5 tahun ke atas juga perlu mengonsumsi susu untuk mencegah dampak buruk akibat kekurangan nutrisi susu.

Manfaat Susu Untuk Pertumbuhan Anak

Dengan kandungan nutrisi yang ada di dalam susu untuk anak 5 tahun ke atas, tidak heran jika susu mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan. Apalagi untuk anak yang memang sedang dalam masa pertumbuhan. Kebutuhan nutrisi tentu menjadi hal penting yang harus dipenuhi untuk mendukung tahapannya. Berikut ini beberapa manfaat meminum susu untuk pertumbuhan anak :

Membantu Pertumbuhan dan Menguatkan Tulang Anak

Susu adalah salah satu sumber kalsium terbaik dimana nutrisi yang satu ini berguna untuk menguatkan tulang. Selain itu, kandungan vitamin D yang biasanya sudah ditambahkan dalam susu juga mampu membantu meningkatkan pertumbuhan tulang sehingga tulang akan tumbuh dengan mudah. Hal ini dapat berpengaruh pada tinggi dan postur tubuh anak.

Menjaga Kesehatan dan Pertumbuhan Gigi

Kandungan kalsium dan fosfor dalam susu berguna untuk membantu menjaga kesehatan dan perkembangan gigi. Dan salah satu protein berupa kasein yang juga ada pada susu berfungsi melapisi permukaan email gigi dan mencegah hilangnya kalsium dan fosfat pada gigi. Sehingga gigi anak akan tumbuh dengan kuat dan tidak mudah berlubang.

Mendukung Anak Memiliki Berat Badan Ideal

Jika anak diberi susu dalam jumlah yang terkontrol, ini bisa saja membuat anak mendapatkan berat badannya yang ideal. Karena kandungan yang terdapat pada susu dapat melancarkan pencernaan anak sehingga racun dan sisa-sisa makanan yang tidak berguna bagi tubuh bisa dikeluarkan dengan baik. Ini tentu akan berdampak pada kesehatan dan berat badan anak.

Akibat Terlalu Banyak Minum Susu Pada Kesehatan Anak

Mengonsumsi apapun secara berlebihan tentu akan berdampak buruk bagi kesehatan, tak terkecuali juga dengan terlalu banyak minum susu. Meskipun memiliki banyak kandungan nutrisi yang baik dan sangat bermanfaat bagi tubuh, tetapi jika dikonsumsi berlebihan maka susu juga dapat membahayakan. Dikatakan bahaya karena dapat mengakibatkan beberapa hal berikut ini :

Tubuh Kekurangan Zat Gizi

Meskipun telah memberikan susu terbaik untuk anak usia 5 tahun ke atas yang memiliki banyak kandungan dan manfaat, namun tetap saja ada nutrisi lain yang tidak bisa dilengkapi dengan mengonsumsi susu. Oleh karena itu, anak juga harus mengonsumsi makanan bernutrisi selain susu yang diperlukan oleh tubuh anak agar ia tidak kekurangan gizi. Dampak dari kekurangan gizi bisa sangat beragam, tapi yang pasti hal ini dapat menganggu kesehatan anak.

Sering Mengalami Sembelit

Akibat buruk karena terlalu banyak minum susu yang sering terjadi adalah sembelit atau konstipasi. Hal ini karena mengonsumsi susu akan cenderung membuat anak lebih cepat merasa kenyang dan membuatnya enggan untuk mengonsumsi buah, sayur atau makanan berserat yang lain. Apalagi susu juga tidak memiliki kandungan serat sehingga berdampak pada anak yang lebih mudah mengalami masalah pada pencernaan anak.

Obesitas atau Kelebihan Berat Badan

Memiliki berat badan yang berlebih atau obesitas juga bisa disebabkan karena anak terlalu banyak mengonsumsi susu. Hal ini karena tingginya kandungan protein dan penambahan gula yang biasanya diberikan dalam susu memiliki kalori yang tinggi sehingga bisa mengakibatkan obesitas pada anak. Jika kondisi obesitas ini terjadi maka resiko anak seperti terkena penyakit jantung dan gangguan pembuluh darah akan meningkat.

Itulah pentingnya susu dalam memberikan manfaat yang baik untuk anak. Namun tetap perlu diingat, walaupun telah memilih susu terbaik untuk anak usia 5 tahun ke atas tapi waktu pemberian dan takaran susu harus tetap terkontrol agar manfaatnya bisa dirasakan anak dengan baik tanpa menimbulkan dampak buruk apapun.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*