Pemeriksaan dini pada penglihatan bayi untuk mencegah masalah pada penglihatan bayi

Anak pertama memang selalu mendapatkan perhatian khusus pada tumbuh kembangnya. Biasanya orangtua baru akan mengalami kekhawatiran berlebih pada tumbuh kembang anak pertama mereka. Baik perkembangan secara fisik ataupun psikis. Salah satu perkembangan fisik yang harus Anda teliti adalah Indera penglihatan. Apakah berfungsi dengan baik atau tidak. Banyak orangtua yang bertanya kapan bayi bisa melihat dengan sempurna.

Saat pertanyaan kapan bayi bisa melihat dengan sempurna itu muncul, Anda bisa melakukan pengecekan terhadap Indera penglihatan apakah bayi bisa melihat dengan jelas dan bekerja normal. Dengan menstimulasi bayi di awal kehidupannya dengan merangsang penglihatan matanya, Anda akan bisa mencegah hal-hal yang tidak diinginkan dan bisa mencari solusi terbaik saat itu juga. Seperti kita ketahui, saat ini ada beberapa penyakit yang bisa menyerang mata. Baik itu pada bayi ataupun pada orang dewasa.

Stimulasi yang Anda berikan dalam rumah, bisa menjadi titik awal pengecekan Indera penglihatan bagi si kecil. Selain untuk merangsang penglihatan, hal ini juga berguna untuk mengurangi rasa khawatir Anda sebagai orangtua terhadap tumbuh kembang si kecil, apakah berkembang secara normal atau ada kendala yang tak disadari.

Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan dalam menstimulasi perkembangan Indera penglihatan bayi.

Warna

Tes penglihatan mata bayi dengan menggunakan warna.  Berilah mainan yang memiliki warna-warna terang agar bayi tertarik dan menstimulasi ketajaman mata bayi. Serta bayi bisa membedakan warna di usia dini. Jika dia merespons dengan menggerakkan tangan seakan ingin menggapai mainan yang di gantung, itu berarti penglihatan bayi bekerja dengan baik.

Cahaya

Tes penglihatan bayi dengan cahaya. Hal pertama yang bisa ia lihat adalah cahaya. Anda bisa menggerakkan sumber cahaya, jika bayi merespons itu berarti penglihatan bayi tumbuh dengan normal.

Gerakan mata

Saat Anda menggunakan cahaya dan warna untuk menarik perhatian bayi, dan ia refleks mengikuti arah cahaya dan warna tersebut, itu tandanya penglihatan bayi baik-baik saja

Mengenal wajah

Saat bayi berusia 6-9 bulan, ia sudah bisa mengenali wajah dengan baik. Anda bisa tes dengan memberikan bayi pada orang yang tidak dikenal, jika ia menolak maka bayi mempunyai pengenalan wajah dengan baik.

Sejatinya, mata bayi mengalami perkembangan sesuai dengan usianya. Perkembangannya pun bertahap, mulai dari bayang-bayang sampai bisa melihat objek dengan jelas. Saat pertama kali ia dilahirkan, bayi melihat di sekitar tampak samar. Hingga usianya 3 bulan, jarak pandang bayi akan bertambah luas. Namun mata bayi belum bisa fokus pada satu objek, seiring berjalannya waktu, atau di saat usianya memasuki usia 8 bulan maka bayi mampu melihat sesuatu secara sempurna.

Cek penglihatan bayi pada dokter terdekat jika terjadi hal-hal berikut ini

  1. Bayi tidak menatap ibu saat disusui ataupun di ajak bicara.
  2. Mata bayi tidak mengikuti arah mainan yang digerakkan di hadapannya.
  3. Bayi tidak menunjukkan reaksi apa pun terhadap adanya cahaya.

Jika ada gejala yang mencurigakan dan tidak wajar, sebaiknya Anda segera melakukan konsultasi pada dokter spesialis segera. Guna mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Dengan mengetahui cara menstimulasi indra penglihatan pada bayi, maka pertanyaan Anda tentang kapan bayi bisa melihat dengan sempurna  terjawab sudah. Jika tidak mengalami kendala atau gejala yang mencurigakan, bayi bisa melihat dengan sempurna di saat usianya memasuki usia 8 bulan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*