Olahraga Sehat Saat Mengandung Sesuai Dengan Usia Janin

Olahraga Untuk Ibu Hamil
sumber: abcnews.com

Sebenarnya, banyak sekali pilihan olahraga sehat saat mengandung. Tidak percaya? Silakan ibu sebutkan apa saja jenis olahraga kehamilan yang ibu ketahui. Umumnya, orang akan menyebutkan senam ibu hamil, jalan sehat, dan yoga. Padahal, ada lain jenis olahraga yang baik dilakukan saat hamil seperti yoga, bersepeda, dan berenang.

Hanya saja, tidak semua jenis olahraga tersebut bisa ibu lakukan. Ada olahraga yang sebaiknya ibu tidak lakukan. Dan hal ini dipengaruhi oleh usia janin yang ibu kandung.

Olahraga Saat Usia Kehamilan Muda

Hamil muda itu riskan sekali. Banyak ibu hamil muda yang akhirnya mengalami keguguran. Mereka merasa tidak melakukan apa-apa tapi ternyata janin yang mereka kandung sudah mengalami keguguran.

Ternyata, hal tersebut disebabkan getaran yang mungkin sangat kecil seperti getaran saat naik kendaraan. Ini juga bisa terjadi ketika ibu sedang hamil dan melakukan olahraga ibu hamil yang membuat tubuh ibu terlalu bergerak. Contohnya saja olahraga ibu hamil yang memiliki gerakan yang cukup keras. Ini olahraga yang tidak direkomendasikan untuk ibu lakukan saat hamil muda.

Lalu, olahraga apa yang tepat untuk ibu lakukan? Sangat disarankan agar ibu melakukan jalan sehat saja. Sebenarnya, olahraga untuk ibu hamil yang satu ini bebas dilakukan oleh siapa saja di masa kehamilan kapan saja. Namun, saat hamil muda, sangat baik jika ibu melakukan olahraga yang satu ini.

Olahraga untuk ibu hamil lainnya yang minim gerakan secara fisik adalah renang. Meskipun demikian, ibu sebaiknya ditemani dengan suami ketika berenang. Pasalnya, renang menghabiskan banyak energi. Bisa juga ibu mengalami kram saat berada di dalam kolam renang sehingga berbahaya sekali jika ibu berenang sendirian.

Jadi, olahraga mana yang akan ibu lakukan? Ibu bisa pilih salah satunya atau melakukan keduanya secara bergantian.

Olahraga Saat Kehamilan Trimester Kedua

Keluhan yang paling sering dialami oleh ibu hamil trimester kedua adalah mood swing. Ini merupakan perasaan yang sering berubah-ubah. Ibu akan lebih sering marah walaupun ibu tidak tahu apa alasannya.

Keluhan seperti ini bisa diatasi dengan cara melakukan olahraga berupa yoga ibu hamil. Ini tidak hanya menghilangkan stres tapi juga bagus untuk kebugaran fisik.

Selain yoga, ibu bisa memilih senam ibu hamil. Bahkan, beberapa gerakan sederhana sebaiknya ibu lakukan setiap pagi sebelum melakukan aktivitas. Gerakan seperti itu akan membuat tubuh siap melakukan aktivitas setiap hari tanpa mudah merasa lelah lantaran ibu sedang mengandung. Meskipun demikian, sangat disarankan agar ibu melakukan yoga atau senam ibu hamil dalam panduan instruktur profesional. Hal ini disebabkan adanya gerakan yang hanya mungkin ibu bisa lakukan di bawah bimbingan instruktur.

Olahraga Saat Hamil Tua

Hamil muda rentan mengalami keguguran. Hal ini tidak lantas membuat ibu sudah terbebas dengan bayang-bayang keguguran saat kehamilan tua. Kemungkinan yang satu ini bisa saja terjadi.

Itulah mengapa olahraga yang paling disarankan untuk ibu lakukan adalah renang. Perut yang semakin membesar membuat ibu mudah sekali mengalami kram perut. Dan ini bisa diatasi dengan cara melakukan renang.

Apakah ada olahraga sehat ketika mengandung usia trimester ketiga lainnya? Pilihan lain adalah senam ibu hamil. Ini sangat bagus untuk melatih pernafasan serta mempersiapkan bagian tubuh yang membuat ibu nanti siap melakukan persalinan secara normal dengan mudah dan lancar.

Itulah beberapa jenis olahraga ibu hamil yang bisa ibu pilih sesuai dengan usia kandungan saat ini.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*