Nyeri Payudara: Penyebab dan Cara Mengatasinya

nyeri payudara saat hamil
Sumber: Medical News Today

Kehamilan bunda tentunya tidak hanya mendatangkan kebahagian bagi bunda dan pasangan, tetapi juga perubahan pada tubuh bunda. Perubahan ini bisa saja membuat bunda merasa tidak nyaman, salah satunya jika bunda mengalami nyeri payudara saat hamil.

Nyeri ini tentunya sangat menganggu dan membuat bunda tidak nyaman. Hanya saja bunda tidak dapat menghindarinya, karena nyeri payudara ini wajar terjadi jika bunda mengalami kehamilan. Hal ini terjadi ada hubungannya dengan persiapan payudara untuk menyusui dan mengeluarkan ASI saat buah hati bunda terlahir ke dunia.

Apakah penyebab nyeri payudara saat hamil?

Saat bunda hamil maka perubahan hormonlah yang memicu semua yang terjadi di tubuh bunda. Produksi hormon estrogen dan progesteron ini akan meningkat saat kamu hamil dimungkinkan memberi kontribusi terhadap nyeri payudara. Peningkatan hormon ini meningkatkan aliran darah dan menyebabkan perubahan pada jaringan payudara sehingg menyebabkan payudara bunda menjadi lebih sensitif dan jika dipegang terasa sedikit nyeri.

Sama halnya saat kamu PMS dan mengalami nyeri pada payudara, hanya saja nyeri pada saat hamil ini akan terasa lebih menyakitkan.

Bagaimana cara untuk menanggulangi rasa nyeri pada payudara?

Nyeri payudara bisa ditanggulangi dengan memakai payudara yang tepat. Karena selama masa kehamilan bunda tidak bisa lagi menggunakan bra yang biasa bunda gunakan sehari-hari. Hal ini terjadi karena payudara bunda sudah mengalami perbesaran ukuran dan sensitifitasnya.

Berikut sedikit tips memakai bra untuk bunda yang sedang hamil:

  • Jangan menggunakan bra yang terdapat kawatnya selama hamil, bra jenis ini tidak nyaman dan tidak mengakomodasi perubahan payudara yang bunda alami.
  • Pakalailah bra yang sesuai dengan ukuran payudaramu, jangan memakai bra yang terlalu ketat atau longgar.
  • Rasa nyeri pada payudara akan semakin menjadi ketika malam hari, jadi bunda bisa menggunakan bra khusus untuk ibu hamil yang terbuat dari katun. Bra ini bisa mengatasi rasa nyeri.
  • Saat bunda melakukan olahraga selama kehamilan, sebaiknya bunda menggunakan bra untuk olahraga. Bra ini dapat mengakomodasi ketidaknyamanan saat melakukan olahraga terlebih pada bagian payudara.
  • Belilah ukuran bra yang sesuai dengan ukuran payudara bunda pada saat kehamilan, karena bisa saja ukuran payudara bunda mengalami beberapa kali kenaikan ukuran. Jadi bunda bisa mengakomodasi perubahan ukuran tersebut.

Selain menggunakan bra yang sesuai, bunda tidak disarankan untuk mengkonsumsi obat penghilang rasa sakit dalam bentuk apapun. Kecuali bunda mendapatkan rekomendasi dari dokter dan jaminan obat tersebut aman untuk kesehatan bunda serta janin. Bunda bisa menggunakan cara lain seperti berikut.

  • Bunda bisa mengurangi rasa nyeri dengan cara mandi menggunakan air hangat, hal ini akan menimbulkan rasa rileks sehingga bunda tidak begitu merasakan rasa nyeri.
  • Hindari membersihkan payudara dengan sabun atau produk lain yang bisa membuat kulit kering. Bunda bisa menggunakan air hangat untuk membersihkannya.

Apakah wajar jika bunda tidak mengalami nyeri pada payudara selama kehamilan?

Banyak ibu hamil yang mengalami nyeri dan perubahan payudara selama kehamilan, tetapi ada juga yang tidak mengalaminya. Namun, apakah itu normal? Dan ya, itu normal saja bunda. Ada bunda yang tidak merasakan rasa nyeri payudara untuk mengindikasikan bunda hamil dan siap untuk menyusui. Perubahan pada payudaranya memang tidak terjadi seperti wanita kebanyakan. Namun, bunda tidak perlu khawatir jika mengalaminya. Perubahan itu akan bunda rasakan setelah beberapa saat pasca bunda melahirkan dan siap menyusui si kecil.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*