Menjaga Kestabilan Berat Badan Ibu Hamil Pada Saat Ngidam

ngidam saat hamil
Sumber: Livescience

Bagi sebagian wanita hamil, mungkin merasakan yang namanya ngidam saat hamil di awal masa kehamilannya. Dalam kondisi seperti ini, membuat Ibu hamil ingin mengkonsumsi semua jenis makanan yang terlintas di dalam pikirannya saat itu juga. Selain makanan yang biasa dihidangkan oleh orang normal, kadang ibu hamil juga menginginkan sesuatu yang tidak bisa dimakan.

Secara ilmiah tidak ada alasan kenapa ibu hamil mengalami ngidam. Tapi jika kita melihat secara teori, keinginan memakan sesuatu bisa terjadi karena tubuh ibu hamil mengalami kekurangan nutrisi tertentu. Jika ibu hamil ngidam makan daging-dagingan, bisa jadi ini suatu pertanda jika Ibu hamil kekurangan Protein, Kalium, Atau Natrium. Jadi sebenarnya ibu hamil butuh nutrisi yang terkandung pada makanannya.

Untuk ibu yang sedang mengalami ngidam saat hamil menginginkan sesuatu yang tidak dapat dimakan, atau bisa juga membahayakan janin dan juga dirinya sendiri, kemungkinan itu suatu pertanda jika tubuhnya  membutuhkan makanan sehat untuk menjaga nutrisi Ibu hamil yang harus bisa dipenuhi. Menurut mitos yang ada, jika Ibu hamil ngidam dan kemauannya tidak dituruti, maka si Kecil akan terus menerus mengeluarkan liur. Ini hanya mitos yang beredar dikalangan masyarakat Indonesia sejak dulu, jika keinginan Ibu hamil sesuatu yang membahayakan janin dan kesehatan ibu hamil, sebaiknya Anda mengabaikan alasan ngidam tersebut.

Ibu hamil juga disarankan untuk mengabaikan ngidam makanan yang mempunyai kandungan nutrisi buruk, dan juga batasi ngidam makanan yang mengandung lemak yang berlebih, karena hal ini bisa memicu bertambahnya berat badan yang berlebihan. Ngidam saat hamil memang begitu merepotkan tapi ibu hamil harus memastikan makanan yang dikonsumsi adalah makanan yang mengandung nutrisi yang cukup dan berimbang, serta bisa membantu perkembangan janin agar tumbuh dengan sehat dan sempurna.

Berikut ini beberapa contoh ngidam saat hamil yang mungkin saja ibu hamil alami, contoh berikut merupakan contoh mengidam sehat untuk gizi seimbang harian Anda:

  • Jika Ibu hamil ngidam keripik kentang, Anda bisa menggantikannya dengan kentang panggang atau berondong jagung (disarankan tanpa memakai mentega)
  • Jika Ibu hamil ngidam minuman bersoda, Anda bisa mengganti minuman tersebut dengan jus buah
  • Jika Ibu hamil ngidam es krim tinggi lemak, Anda bisa menggantinya dengan yogurt rendah lemak ataupun Es krim yang rendah lemak
  • Jika Ibu hamil ngidam kue ataupun roti yang manis, Anda bisa menggantinya dengan roti-rotian yang berbahan dasar biji-bijian.
  • Ibu hamil juga bisa membuat beberapa camilan khusus yang mengandung cokelat chips dan makanan lain yang mengandung nutrisi seimbang sebagai pengganti ngidam cokelat.

Ngidam saat hamil haruslah sesuai dengan kondisi kesehatan tubuh Ibu hamil, contoh kecil jika Ibu hamil menderita alergi pada makanan tertentu, Maka jangan paksakan ngidam saat hamil itu dituruti atau lebih baik abaikan saja, karena dapat mengganggu kesehatan Anda. Pada masa kehamilan ini, Anda tidak bisa bebas mengonsumsi makanan apa saja yang Anda inginkan karena jika makanan tersebut memiliki gizi yang buruk bisa saja mengganggu perkembangan janin. Karena itu Ibu hamil harus bisa mengontrol hawa nafsu, atau keinginan ngidam makanan tertentu. Ibu hamil juga harus memperhatikan asupan makanan yang masuk bukan makanan pantangan untuk ibu hamil.

Dengan menjaga asupan nutrisi yang terkandung dalam makanan yang Anda inginkan, Anda bisa menjaga agar pertambahan berat badan yang Anda alami tidak akan berlebih. Ngidam saat hamil juga tidak bisa Anda paksakan saat kondisi Anda tidak memungkinkan untuk mengonsumsi makanan yang Anda inginkan. Jadi tidak semua ngidam harus dituruti dan terlaksana saat itu juga. Demikianlah artikel tentang makanan sehat untuk menjaga kestabilan berat badan Ibu hamil.

Semoga bermanfaat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*