Mengintip Kalendar Perkembangan Bayi Usia 0-12 Bulan

Kalendar perkembangan bayi
Source: free4health.blogspot.co.id

Sebagai orang tua, tentu Anda merasa bahagia ketika sang buah hati tumbuh dan berkembang sesuai dengan kalender perkembangan bayi. Tahap-tahap perkembangan bayi usia 0-12 bulan terbagi menjadi 4 trimenon yaitu sebagai berikut.

Trimenon pertama (tahap perkembangan bayi usia 0-3 bulan)

Saat usia si Kecil berusia 1 bulan, secara fisik bayi akan terlihat semakin bersih dan kerutan-kerutan di badannya akan hilang. Tulang kaki dan tangannya mungkin masih terlihat bengkok, namu hal itu akan menjadi lebih wajar seiring berjalannya waktu.

Saat usia 2 bulan, bayi akan terlihat tumbuh dengan peningkatan berat badan yng cukup baik. Kini, bayi memiliki otot leher yang lebih kuat dan mulai bisa menggerakkan oot kepala dengan baik bahkan beberapa bayi dapat memutar kepalanya sebesar 45 derajat. Selain itu, gerakan pada lengan dan kainya juga lebih teratur.

Ketika usianya memasuki 3 bulan, otot bagian tangan dan dada semakin kuat. Sehingga ketika Anda menengkurapkannya, maka bayi sudah dapat menahan berat badannya di perut. Bayi juga mampu menendang dan melakukan gerakan yang keras dengan baik.

Trimenon kedua (tahap perkembangan bayi usia 3-6 bulan)

Saat usianya memasuki 4 bulan, bayi biasanya akan memasukkan beberapa benda ke muutnya, hal ini merupakan pertanda bahwa perkembangan tangannya sudah baik. Selain itu, ia juga bisa menarik atau merebut benda yang berada di sekitarnya. Oleh karena itu, Anda harus lebih waspada ketika melatakkan suatu barang terutama benda yang berukuran kecil. Berat badannya bahkan dapat menjadi dua kali lipat berat badannya saat ia lahir.

Bayi laki-laki usia 5 bulan biasanya memiliki berat badan 6,1-9,2 kg dengan panjang 6,9-69,9 cm, sedangkan bayi perempuan memiliki berat badan ratarata 5,5-8,7 kg dengan panjang 59,9-68,2 cm.

Punggung bayi usia 6 bulan dapat berdiri sendiri dan bersandar lurus ketika Anda memangkunya.  Otot tangannya pun mampu melalukan koordinasi dengan baik sehingga mampu memegang benda dengan kuat.

Trimenon ketiga (tahap perkembangan bayi usi 6-9 bulan)

Pada usia 7 bulan, bayi biasanya sudah mulai merangkak. Pertumbuhan gigi bayi pun mulai tumbuh sehingga timbul rasa gatal yang membuat anak memasukkan benda ke dalam mulutnya.

Pertumbuhan giginya akan berlanjut terus ketika ia berusia 8 bulan. Namun peradangan gusi akibat gigi yang akan tumbuh dapat mneyebabkan si Kecil demam dan rewel.

Saat usianya 9 bulan, kakinya pun sudah cukup kuat untuk melangkah. Kekuatan kakinya pun akan semakin baik sehingga mendorong si Kecil untuk menekuk lututya ketika merasa lelah belajar berdiri.

 Trimenon keempat (tahap perkembangan bayi 9-12 bulan)

Saat memasuki usia 10 bulan, pertumbuhan fisik terutama bagia kaki dan punggung sudah sangat baik. Kini, si Kecil mulai berjalan karena tumpuan kakinya yang cukup kuat. Jika ia ada masalah berbicara, si Kecil akan mulai mengucapkan kata seperti mama, papa, dan sebagainya.

Pada usia 11 bulan, si kecil akan senang berdiri lalu duduk dan mungin sudah tidak membutuhkan banyak bantuan  utnuk merubah posisinya dari brdiri ke posisi duduk. Selain itu, bajyi juga is menggerakkan jari-jari tangannya dengan baik termasuk saat memegang benda yang ringan.

Nah, saat usia si Kecil memasuki 12 bulan atau 1 tahun, rata-rata  memiliki 6 gigi.  Walaupun munculnya gigi pada anak waktunya bervariasi, namun sesuai kalender perkembangan bayi biasanya gigi bagian bawah muncul pada usia 5-9 bulan dan gigi bagian bawah muncul pada usia 8-12 bulan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*