Mengenali Tanda Hamil Muda Melalui Testpack

tanda hamil muda
Sumber: Todaysparent

Ibu-Indonesia.com –¬†Mengenali tanda hamil muda sangat penting bagi pasangan baru yang belum berpengalaman, sebagai cara menjaga kesehatan janin yang dilakukan melalui deteksi dini terhadap perubahan fisik calon Ibu. Bila Ibu memang tengah hamil muda, maka perkembangan janin dapat dipantau lebih awal. Kesehatan janin dan Ibu terjaga sejak awal kehamilan dan menurunkan resiko bahaya saat hamil.

Tanda hamil muda, pada umumnya adalah haid yang tak kunjung datang melewati jadwal normal. Sebenarnya telat haid ini bukan acuan yang akurat, terutama bagi wanita yang siklus haidnya tidak teratur. Telat haid juga bisa terjadi karena alasan selain kehamilan. Fisik yang terlalu lelah, psikis yang sedang terganggu akibat stres atau banyak pikiran, diet yang buruk, atau karena gangguan hormonal lain. Bila telat haid memang benar karena telah terjadi pembuahan, maka Ibu berarti sedang mengandung janin usia 3 minggu.

Pada dasarnya, tanda hamil muda hampir sama dengan gejala PMS, Pre Menstruation Syndrom, seperti kram, nyeri perut, tubuh yang mudah letih. Beberapa wanita mengalami flek ringan atau spotting. Karena gejala yang mirip ini, sehingga banyak yang tidak bisa mengenali atau membedakan.

Ovulasi terjadi pada 14 hari sebelum jadwal haid berikutnya. Calon Ibu bisa melakukan pengecekan dengan menggunakan alat tes kehamilan atau testpack. Tapi ini kurang efektif, karena alat tes kehamilan belum dapat membaca kehamilan, sehingga hasilyang terbaca adalah negatif. Agar lebih akurat, gunakan testpack saat sudah melewati jadwal menstruasi.

Ada dua jenis testpack yang sering digunakan sebagai deteksi tanda hamil muda, yaitu strip dan compact :

  1. Testpack Strip, cara penggunaannya cukup dicelupkan ke dalam urine yang sudah ditampung. Hasilnya dapat dilihat beberapa saat setelah dicelupkan. Indikator garis merah 1 berarti negarif dan garis merah 2 buah berarti positif. Jika tidak ada garis yang muncul mungkin ada kesalahan pada saat pencelupan.
  2. Testpack Compact, pada testpack jenis ini sudah disediakan wadah untuk penampung urine, Ibu hanya perlu meneteskan urine ke alat testpacknya. Hasil yang terlihat bukan berbentuk strip tapi berbentuk tanda negatif(-) atau tanda positif (+).

Sebenarnya, testpack sudah cukup mewakili sebagai tolak ukur tanda hamil muda atau tidak. Namun pada beberapa kasus, testpack tidak berfungsi dan bekerja sebagaimana seharusnya. Agar testpack bekerja benar sesuai instruksi dan tingkat akurasi bisa mendekati hasil yang sebenarnya, maka gunakan testpack seperti berikut ini:

  1. Testpack bekerja dengan cara mendeteksi hormon hCG (human chorionic gonadotropin) dalam urine Ibu. Hormon ini diproduksi oleh sel-sel yang akan menjadi plasenta, sehingga akan memberikan jawaban yang akurat, apakah sedang hamil atau tidak. Sebagai tanda hamil muda maka hormon hCG akan meningkat.
  2. Gunakan testpack dua sebelum jadwal menstruasi atau 14 hari setelah pembuahan agar hCG dapat terdeteksi oleh testpack.
  3. Tingkat kekentalan urine juga mempengaruhi hasil kerja testpack. Gunakan urine pertama saat Ibu bangun pagi, karena urine ini telah mengendap semalaman. Akibat terlalu banyak minum akan membuat encer dan menyamarkan kadar horon hCG
  4. Perhatikan betul agar urine tidak tercampur cairan atau substansi lain, terutama pada wadah penampung urine, jangan sampai kotor atau basah.
  5. Gunakan testpcak yang masih baru, kondisi bagus dan belum melewati tanggal kadaluarsa.
  6. Langsung gunakan testpack sesaat setelah kemasan sudah dibuka.
  7. Bila testpack sudah tersimpan selama beberapa bulan, sebaiknya dibuang saja walau belum melewati batas tanggal kadaluarsa. Terutama jika suhu tempat penyimpanan hangat dan lembab.

Tingkat akurasi testpack berada di angka 97%, namun bila Ibu menggunakan dengan benar bisa mencapai angka 99%-100%. Setelah menggunakan testpack, sebaiknya Ibu segera memeriksakan diri dan berkonsultasi ke dokter kandungan untuk melakukan tes lab (cek darah) dan USG untuk hasil yang lebih akurat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*