Memilih Penitipan Anak Usia Dini Adalah Hal Mudah

anak usia dini adalah
Sumber: Parenting

Ibu-Indonesia.com – Ada beberapa versi jika kita bicara tentang pengertian anak usia dini. Menurut UU nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 1 ayat 14, pengertian anak usia dini adalah anak yang berusia antara 0 hingga 6 tahun. Sedangkan menurut NAEYC (National Association for The Education of Young Children), pengertian anak usia dini adalah anak yang berusia 0 hingga 8 tahun.

Pengertian manapun yang dipakai, yang jelas salah satu hal penting yang dibutuhkan pada usia dini adalah pengasuhan dari orang tua. Namun karena urusan pekerjaan, banyak orang tua tidak memiliki cukup waktu untuk mengasuh sendiri anak-anaknya. Tempat penitipan anak atau day care bisa menjadi solusi yang tepat bagi permasalahan tersebut.

Sebagai orang tua, anda tentu menginginkan tempat penitipan terbaik yang bisa dengan maksimal menggantikan peran anda bagi anak selama menunaikan kewajiban untuk bekerja. Namun tentunya anda tak mau menitipkan anak ke sembarang tempat. Penitipan anak yang baik harus memenuhi beberapa syarat, misalnya memiliki lingkungan yang kondusif bagi pendidikan anak usia dini, bersih, staf-nya komunikatif, dan sebagainya.

Agar tak salah memilih tempat penitipan anak, berikut beberapa tips yang bisa memudahkan anda:

  1. Perhatikan cara para pegawai di sana berinteraksi dengan anak-anak. Di tahun-tahun pertama, anak membutuhkan hubungan yang dekat, penuh cinta dan interaktif dengan orang dewasa untuk menunjang pertumbuhannya. Maka penting untuk memilih pengasuh yang bersikap hangat dan responsif.
  2. Harus ada komitmen dari para pengasuh. Anak-anak membutuhkan pengasuhan yang konsisten dan tidak berganti-ganti untuk membantu mereka membentuk rasa aman pada pengasuh. Semakin jarang terjadi pergantian staf maka lebih baik.
  3. Cek peraturan yang diterapkan di sana terutama mengenai pola asuh. Cari tahu apakah antara orang tua dan pihak penitipan anak memiliki pola asuh yang sama. Misalnya, cara apakah yang mereka terapkan ketika anak melakukan kesalahan? Makanan apa saja yang disediakan di sana? Apakah sudah sesuai dengan pola makanyang anda terapkan di rumah pada anak?
  4. Cobalah untuk datang tanpa pemberitahuan. Dengan begitu anda bisa menyaksikan bagaimana penitipan anak itu beroperasi sehari-hari. Perhatikan, apakah tempatnya bersih? Apakah mainan-mainan disimpan di tempat yang aman? Apakah para pengasuh dan anak-anak di sana berinteraksi dengan baik?
  5. Cari tempat penitipan yang stafnya nyaman diajak berkomunikasi. Hal ini penting supaya anda bisa terus memantau perkembangan anak anda. Nanti ketika anda telah memilih tempat yang cocok, jangan lupa untuk terus berkomunikasi dengan para pengasuh di sana.
  6. Perhatikan jadwal kegiatan dan kurikulum. Cek apakah rutinitasyang biasa dilakukan di sana mendukung pendidikan anak usia dini atau tidak. Ketersediaan jadwal kegiatan mingguan bisa menjadi tanda bahwa tempat penitipan incaran anda mempunyai perencanaan yang baik. Pastikan juga mereka memiliki kegiatan yang bisa membantu perkembangan kemampuan akademik dasar anak yang tentunya sesuai dengan rentang usia mereka, mengingat pentingnya pendidikan anak usia dini. Anak usia dini adalah pembelajar yang aktif, jangan sampai kehilangan kesempatan untuk memaksimalkan masa-masa ini.
  7. Percayai insting. Setiap anak berhak mendapatkan pengasuhan terbaik, oleh karena itu tak perlu terburu-buru dalam mengambil keputusan. Jika anda merasa tidak cocok, teruslah mencari pilihan-pilihan lain. Tidak usah terlalu terpengaruh dengan popularitas suatu tempat. Bisa jadi tempat favorit di kota anda malah tidak cocok dengan kebutuhan anda. Jika hal seperti itu terjadi, jangan ragu (atau malas) untuk terus berusaha menemukan tempat terbaik bagi si buah hati.
  8. Terbukalah terhadap perubahan. Meskipun kita menginginkan pengasuhan yang konsisten dan tak berubah-ubah bagi anak kita, bukan berarti kita harus berkompromi ketika ternyata tempat yang telah kita pilih sebelumnya tidak memberikan pelayanan terbaik bagi anak. Jangan ragu untuk mencari tempat yang lebih baik.

Selain mencari tempat penitipan anak yang cocok, orang tua tetap harus memberikan yang terbaik dalam hal pengasuhan anak di sela-sela waktu kerjanya. Karena meski bagaimanapun cinta, perhatian, pengasuhan dan peran aktif dari orang tua adalah hal yang paling esensial dalam hal pendidikan anak usia dini. Ketersediaan kasih sayang orang tua dan penitipan anak dengan layanan terbaik bagi anak usia dini adalah kombinasi yang akan membuat mereka tumbuh dan berkembang menjadi anak yang sehat, cerdas, dan bahagia.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*