Kurma: Rekomendasi Makanan Pendamping ASI Terbaik

makanan pendamping ASI
Source: StyleCraze

Ibu-Indonesia.com – Ketika bulan Ramadan, tentunya Bunda akan sibuk menyiapkan berbagai hal, salah satunya adalah menu-menu makanan yang tetap seimbang dan sehat. Bagi orang-orang dewasa tentunya tidak sulit untuk menyiapkan menu ini, namun bagaimanakah untuk si kecil yang masih menyusui? Apakah menu-menu yang disiapkan oleh Bunda boleh sama? Tentunya hal tersebut akan berbeda, ya. Pertimbangan menyiapkan makanan pendamping ASI tentunya juga menjadi hal yang penting di bulan Ramadan.

Mengingat-ingat bulan Ramadan tentunya pikiran kita tidak akan lepas dari makanan identic yang selalu ada di saat buka puasa, yaitu kurma. Buah kecil yang kaya gizi ini rupanya juga cocok untuk dijadikan makanan pendamping ASI lho, Bun. Coba bayangkan, dalam 100 gram kurma akan terdapat folat, vitamin A, vitamin K, zat besi dan masih banyak zat gizi lainnya yang tentu dapat membantu tumbuh kembang si kecil. Berbagai zat gizi tersebut akan sangat bermaanfaat untuk si kecil, misalnya dengan vitamin A pengelihatan si kecil kesayangan Bunda juga akan menjadi lebih optimal atau Kurma juga baik untuk menyembuhkan bakteri dalam usus. Pertanyaannya sekarang, bagaimanakah cara mencampurkan kurma ke dalam makanan si kecil?

Ketika bunda sedang menyiapkan takjil untuk berbuka puasa, Bunda dapat mengambil beberapa potong kurma dan mengolahnya menjadi makanan pendamping ASI untuk si kecil. Olahan-olahan yang umumnya terbuat dari kurma adalah selai, jus, pudding, hingga campuran kue. Sebagai alternatif makanan pendamping ASI untuk si kecil kesayangan Bunda, beberapa menu berikut patut dicoba.

  1. Bolu Kukus Kurma

Sebagai salah satu solusi ‘melembutkan’ kurma, Bunda dapat menjadilkan bolu kukus sebagai salah satu pilihan. Dengan mencampurkan potongan kurma dengan tepung oat dan juga susu, Bunda dapat menjadikan bolu kukus ini sebagai salah satu alternative agar Kurma menjadi makanan pendamping ASI.

  1. Bubur Sumsum Kuah Kurma

Menjadikan bubur sumsum sebagai salah satu makanan takjil bukan lagi hal yang asing. Tapi, pernahkah Bunda kepikiran untuk membuatkan bubur sumsum kuah kurma buat si kecil sebagai makanan pendamping ASInya? Kalau belum, langkah ini bisa jadi pilihan menu yang cukup variatif buat si kecil. Selain teksturnya yang lembut, tentunya gizi di dalam kurma yang bercampur dengan tepung beras dan santan akan mengoptimalkan kesehatan si kecil.

  1. Puding Kurma

Puding yang biasa Bunda sajikan untuk berbuka, tentunya dapat menjadi alternatif pula dalam makanan pendamping ASI. Saat buka puasa, puding  yang bertekstur lembut dan terasa manis ini biasanya sangat menggugah selera. Hmm, demikian juga dengan si kecil lho, Bun. Sebagai tambahan, jika Bunda terbiasa menggunakan santan dalam pudding, Bunda dapat mengganti santan dengan susu. Dengan tidak menghilangkan nilai gizinya, olahan pudding ini tentunya juga akan sangat disukai si kecil.

Beberapa menu tersebut merupakan menu pendamping makanan ASI yang berbahan dasar kurma dan dapat dijadikan alternatif selama bulan Ramadhan ini. Selain memanfaatkan kurma untuk anggota keluarga dewasa, tentunya Bunda dapat menggunakan kurma ini untuk asupan gizi si kecil.

Namun, perhatikan kembali sebelum mengolah kurma ya, Bun. Tidak semua bayi bereaksi sama terhadap kurma dan akan langsung ‘cocok’ dengan kandungan yang terdapat di dalam buah tersebut. Sebagai uji coba sebelum menjadikannya makanan pendamping ASI, Bunda dapat memotong kurma menjadi bagian kecil-kecil dan menyuapkannya ke si kecil. Lihatlah apa si kecil akan bereaksi terhadap buah kaya gizi ini atau tidak. Selamat mencoba!

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*