Kolustrum: Apakah Manfaatnya Bagi Bayi Yang Baru Lahir?

kolustrum
Source: Essential Baby

Saat bunda hamil, apakah mengalami nyeri dan perubahan pada payudara? Kira-kira bunda tahu tidak manfaat dari perubahan tersebut? Ya benar… perubahan tersebut guna persiapan bunda menyusui si kecil ketika bunda sudah melahirkannya.

Dalam beberapa menit setelah bayi bunda terlahir, bunda langsung bisa menyusuinya. Dan air susu pertama yang bunda berikan pada si kecil disebut dengan kolostrum.

Apakah kolustrum itu?

Kolostrum ini merupakan cairan lengket berwarna kuning yang berisi semua nutrisi yang dibutuhkan bayi yang baru lahir.

Kolustrum juga mengandung antibodi dan protein tinggi, tetapi mengandung sedikit karbohidrat. Hal ini dapat membantu membangun kekebalan bayi bunda yang baru lahir dan memiliki efek pencahar yang membantu dia mengeluarkan tinja pertamanya yang disebut mekonium.

Sesaat setelah kelahiran si kecil, tubuh bunda otomatis menghasilkan kolustrum. Bunda rata-rata akan menghasilkan kolustrum sekitar 50 ml dalam waktu 48 sampai 72 jam pasca melahirkan. Jumlah ini sesuai dengan kapasitas perut bunda yang masih kecil saat awal kelahiran.

Jumlah kolostrum yang bunda hasilkan tepat untuk bayi. Jadi pastikan untuk menyusui bayi bunda sesering yang dia inginkan untuk membantu suplai susu bunda menjadi banyak.

Apa sajakah manfaat kolustrum untuk buah hati bunda?

Saat bunda memberi si kecil kolustrum, bunda sudah memberikan vaksin pertamanya. Selain itu kolustrum juga memiliki sejumlah manfaat diantaranya.

  • Kolustrum adalah makanan yang paling sempurna untuk si kecil karena sistem pencernaannya mudah mencernanya.
  • Kolustrum menyiapkan sistem pencernaan bayi bunda untuk jatah susu yang akan dia terima selanjutnya.
  • Kolustrum mengandung banyak leukosit atau sel darah puth yang dapat membantu melindungi bayi bunda terhadap beberapa infeksi yang disebabkan oleh bakteri dan virus. Antibodi dari kolustrum ini dapat melindungi si kecil dari infeksi pernapasan seperti pneumoniadan bronchitis, serta infeksi perut dan telinga. Sebelum bayi bunda mendapatkan antibodi yang dia produksi sendri.
  • Kolustrum dapat meminimalisir efek bilirubin dalam tubuh si kecil dan dapat mengurangi kemungkinan terkena penyakit kuning.
  • Kolustrum kaya akan nutrisi seperti seng, kalsium, dan vitamin seperti A, B6, B12, K untuk kebutuhan tumbuh kembangnya.
  • Kolustrum kaya akan kolesterol yang penting untuk perkembangan sistem saraf si kecil.
  • Kolustrum mengandung gula yang dapat memberikan energi untuk proses tumbuh kembang si kecil.
  • Beberapa penelitian menunjukkan kandungan protein dalam kolostrum memberikan rasa nyaman pada bayi bunda, memungkinkannya untuk tidur lebih lama.
  • Kolustrum berperan penting dalam saluran pencernaan si kecil. Usus si kecil yang baru lahir sangat permeabel, karenanya kolustrum berperan dalam membangun penghalang di sepanjang saluran pencernaan yang “berlubang” sehingga dapat mencegah zat asing menembusnya.
  • Kolustrum memberikan nutrisi untuk tumbuh kembang otak, mata, dan jantung.

Bagaimana jika bunda tidak bisa memberi kolustrum secepatnya?

Bunda mungkin saja berencana untuk segera menyusui si kecil begitu selesai proses kelahiran. Namun, terkadang bunda tidak bisa langsung melakukannya karena beberapa alasan, misalnya bayi terlahir prematur atau proses persalinan yang sulit.

Jika sudah seperti itu, bunda sebaiknya berbicara langsung pada dokter dan utarakan keinginan bunda untuk menyusui si kecil pada jam-jam awal kelahirannya. Dokter pasti akan memberikan solusi untuk bunda.

Untuk bayi bunda yang prematur, bunda dengan arahan suster bisa memerah atau merangsang payudara bunda sehingga mengeluarkan kolustrum. Kolustrum itu ditampung pada wadah steril dan diberikan pada si kecil.

Kalau bunda menjalani operasi caesar pasti menyakitkan jika langsung duduk dan menyusui si kecil, bunda bisa mencari posisi yang nyaman dengan bantuan suster sehingga tetap bisa memberikan kolustrum untuk bayi bunda.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*