Informasi Senam Kegel Yang Lagi Hits Hanya Di Sini!

senem kegel
Source: Wellspring Chiropractic

Senam kegel, suatu jenis olah raga yang super digemari perempuan hamil di tanah air. Tentu bukan sekedar sembarang trend yang membuat senam satu ini menanjaki tangga popularitas. Namanya perempuan hamil, tidak bisa dibeli dengan teknik pemasaran murahan, sudah pasti ada bukti nyata kalau sampai menarik minat banyak bunda. Mengaku saja, kaum perempuan memang paling detil kalau sudah menyangkut masa depan buah hati.

Emma Sepala, seorang ahli psikologis menyatakan memang perempuan punya rasa ingin mengasuh sejak lahir. Jangan salah kaprah, kedua jenis kelamin memang punya rasa empati dan kasih sayang terhadap mahluk hidup lain. Perbedaan perempuan dan laki – laki justru terletak pada bagaimana jalan menunjukkan kasih sayang tersebut. Laki – laki memilih melindungi orang – orang yang dikasihi sedangkan perempuan memupuk kenangan terbaik bagi orang yang disayangi.

Begitu banyak jenis olah raga tersedia untuk mengurus kandungan. Olah raga dengan peralatan ribet seperti indoor cycling alias bersepeda dalam rumah sampai dengan paling simpel yakni jalan pagi, semua ada. Kendati demikian motivasi kuat bagi bunda dalam menjalankan rutinitas olah raga yang jelas saja menambah beban tetap serupa yakni masa depan anak.

Menarik garis besar, senam kegel yang juga bentuk usaha melancarkan kehamilan punya fungsi tersendiri. Intinya tetap sama, demi masa depan buah hati ayah bunda dengan penekanan terhadap hal yang berbeda. Senam kegel berfokus pada kemudahan pada masa bersalin dan kelancaran selama masa mengandung. Kok bisa ?

Tak kenal maka tak sayang. Sebelum menggali lebih jauh seputar senam kegel, mari kenali dulu sejarah senam kegel itu sendiri.

Masa sebelum tahun seribu sembilan ratus empat puluh merupakan masa yang cukup membuat banyak kaum hawa menghela nafas. Waktu si kecil dalam kandungan, bunda musti bolak balik ke kamar mandi lantaran berat dari rahim menekan kantung kemih sehingga melancarkan jalur ‘pembuangan’. Belum lagi mendekati kehamilan dimana pencernaan begitu rileks sehingga buang air kecil terlalu lancar jaya bak jalanan Jakarta di bulan Ramadhan.

Perjuangan bunda sebetulnya tidak berhenti di saat mengandung saja, bahkan ketika bayi sudah lahir sekalipun ada saja yang harus diatasi. Tidak hanya bayi saja yang musti ditenangkan kala menangis, bahkan kemaluan musti diurus supaya tidak ‘nangis’ melulu. Capek, ‘kan, tiap berapa menit harus bertemu dengan kamar mandi. Masih untung kalau di rumah, bayangkan jika sedang di pusat pembelanjaan yang kamar mandi perempuan bisa antri panjang layaknya bagi sembako.

Arnold Kegel memang pantas menyandang pahlawan tanpa tanda jasa. Berkat penemuan yang diawali rasa penasaran senam kegel terlahir di dunia ini.

Otak laki – laki memang berfungsi maksimal ketika mencari solusi permasalahan sistematis. Sebagai seorang dokter, wajar saja jika ingin tahu muncul dalam dirinya. Dokter Arnold Kegel mendengar banyak keluhan dari pasien perempuan mengenai kebiasaan buang air kecil yang berlebihan. Tak jarang, rasa ayan – ayan, atau ingin pipis bohongan atau buang air kecil nanggung sangat menganggu keseharian. Berkat ‘curahan hati’ perempuan di sekeliling dokter Arnold Kegel langsung saja otak berputar.

Jaman dulu tentu tidak ada yang namanya mbah google atau situs pencari lain, dokter Arnold Kegel musti buka banyak literasi berkaitan dengan kelamin perempuan. Perhatian dokter Arnold Kegel tersorot pada kandung kemih. Bermula pada secercah titik terang, dokter Arnold Kegel menyadari bahwa masalah utama bisa jadi terletak pada sambungan kandung kemih atau biasa dikenal saluran kemih.

Tuhan memang maha adil. Kesadaran bahwa manusia akan berubah dari buang air sembarangan menjadi lebih teratur dan rapih menjadikan keinginan ‘panggilan alam’ perlu kontrol. Pada kondisi normal, kandung kemih akan menampung ‘air seni’ yang tertunda sebelum akhirnya tubuh merasa dalam posisi tepat untuk membuang air seni lewat kegiatan buang air kecil. Nah, buang air kecil harus lewat saluran kemih yang tersambung dengan kandung kemih, dispenser tubuh gampangnya.

Kembali pada dokter Arnold Kegel, disinilah inti titik pencerahan. Perempuan yang mendekati atau berhasil melalui masa bersalin sudah dapat dipastikan organ tubuh di area kelamin lebih lemas. Mengingat tubuh harus rileks dan fleksibel untuk mengeluarkan bayi, sudah pasti semua organ dalam melepas beban termasuk kandung kemih. Saluran yang lemas dengan kandung kemih yang ‘malas’ menopang membuat buang air kecil begitu lancar.

Fenomena yang cukup membuat dokter Arnold Kegel berdecak kagum melangkah lebih jauh yakni solusi itu sendiri. Mengingat tubuh lambat laun melonggarkan diri satu sama lain untuk kehamilan, ada baiknya fleksibilitas dilatih jauh hari sebelum persalinan tiba. Sebagai seorang dokter yang paham betul anatomi tubuh manusia, lambat laun terciptalah serangkaian gerakan senam yang disebut senam buatan kegel yang terjaga hingga era kini.

Inti dari senam kegel adalah melatih fleksibilitas tubuh jauh sebelum badan merespon hari persalinan. Menerima jauh lebih baik dibanding melawan, sehingga dengan senam yang rutin otomatis badan tidak akan kaget dengan perubahan yang secara alami dijalankan.

Bagi bunda yang tertarik dengan senam kegel, tenang, tidak susah namun juga tidak gampang. Beberapa jenis senam menuntut alat namun ada juga yang sekedar modal matras dan bawa diri. Carilah komunitas dan pusat pelatihan senam kegel yang sesuai dengan keinginan bunda, toh, dalam dunia kesehatan Indonesia sudah bukan aktivitas asing lagi.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*