Cara Mendapatkan Anak Kembar Secara Alami

Ibu-Indonesia.com – Beberapa pasangan tentunya ingin memiliki anak kembar. Cara mendapatkan anak kembar bisa melalui proses alami, ada beberapa karakteristik dan teknik yang dapat meningkatkan kesempatan Anda untuk memiliki anak kembar.

Kehamilan dengan anak kembar dibentuk oleh perpaduan dua ovum dengan dua sperma terpisah yang disebut sebagai kembar non-identik, dimana proses itu tidak memiliki kesamaan wajah pada bayi.  Kembar identik atau kembar Fraternal dibentuk oleh peleburan satu telur dan sperma dan kemudian dibagi menjadi dua bagian yang sama dengan satu persediaan plasenta. Mereka biasanya memiliki kesamaan wajah.

 

Bagaimana peluang memiliki anak kembar?

Kehamilan dengan bayi kembar, hanya ditemukan 3% dari seluruh jumlah kehamilan didunia. Terbukti sangat kecil kemungkinan memiliki kembar atau kembar tiga pada setiap wanita. Di Australia contohnya, 1 dari 90 kehamilan, hanya menghasilkan kehamilan dengan bayi kembar. Jika anda sendiri adalah anak kembar itu memungkinkan lebih mudah untuk hamil dan memiliki anak kembar. Ini kebanyakan terjadi pada wanita yang memilih gen spesifik dari keluarganya.

Karakteristik apa yang bisa mendongkrak peluang hamil anak kembar?

Pada umumnya, kehamilan kembar dapat terjadi kepada seseorang yang memiliki kategori spesifik.  Karakteristik yang membuat kehamilan kembar atau kembar tiga yang terjadi adalah seperti di bawah ini :

– Diatas 35 tahun

Wanita yang berusia di atas 35 tahun, mungkin mengalami variasi dalam panjang siklus dan mungkin melepaskan lebih dari satu telur per siklus sehingga lebih banyak kemungkinan bayi kembar.

Wanita lebih tinggi

Tidak ada penyebab kepastian bahwa wanita dengan tinggi badan yang relatif tinggi memiliki peluang lebih tinggi untuk memiliki bayi kembar dibandingkan wanita dengan tinggi badan pendek.

Sejarah keluarga ibu

Gen kembar yang dimiliki pada keluarga ibu bisa memberi dampak besar untuk memiliki anak kembar. Pada umumnya jika seorang wanita yang memiliki kembar bibi atau paman, memiliki kemungkinan lebih besar untuk memiliki anak kembar.

Anda sendiri adalah anak kembar

Jika wanita itu adalah seorang anak kembar, dia mendapatkan lebih banyak kesempatan untuk memiliki anak kembar. Dia akan menurunkan gen nya secara otomatis ke bayi nya.

 

Apa yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan kemungkinan mendapatkan anak kembar?

Wanita yang tidak memiliki karakteristik yang disebutkan dengan kriteria diatas, masih memiliki peluang  untuk mengandung anak kembar atau kembar tiga sekaligus bahkan. Ada beberapa penelitian yang terbukti dimana dengan mengkonsumsi beberapa spesies tanaman khusus, produk hewani dan obat-obatan yang membantu untuk memiliki bayi kembar.

 

Berikut adalah faktor-faktor dan asupan yang dapat membantu wanita agar hamil kembar walaupun tidak memiliki gen tersebut dari ibunya :

Asam folat

Wanita yang mengonsumsi asam folat, memiliki kemungkinan lebih besar untuk mengandung anak kembar. Asam folat membantu proses ovulasi dan bisa menyebabkan pelepasan lebih dari satu butir telur di dalam rahim. Asam folat biasanya diresepkan untuk semua wanita hamil selama trimester pertama kehamilannya untuk mencegah cacat tabung saraf pada bayi baru lahir. Selain pencegahan deformasi otak dan tulang belakang pada janin, asam folat bisa diberikan pada wanita yang ingin memiliki bayi kembar. Asam folat dapat dikonsumsi dalam bentuk tablet dan dapat diminum satu tablet sehari atau lebih dengan saran dokter anda tentunya.

Zinc ( seng )

Zinc suplemen membantu dalam mengandung kembar jika dikonsumsi oleh pria. Seng meningkatkan motilitas dan kekuatan sperma pada pria, sehingga menghasilkan sperma lebih banyak untuk menembus lebih dari satu telur. Beberapa contoh makanan yang banyak mengandung seng adalah tiram, kepiting, kacang mete, buncis, sayuran berdaun hijau, dll.

Ubi jalar

Ubi jalar adalah salah satu makanan dengan sumber vitamin yang baik karena mengandung vitamin B6 dan C. Kandungan vitamin yang ada pada ubi jalar berfungsi memberikan rangsangan yang baik untuk ovulasi. Dengan mengkonsumsi ubi jalar setiap hari dipercaya dapat meningkatkan anda untuk mengandung anak kembar.

 

– Menyusui

Jika anda sudah memiliki anak dan ketika anda sedang menyusui anak anda. Itu akan meningkatkan peluang untuk memiliki bayi kembar di kehamilan berikutnya. Ini disebabkan karena selama anda memberikan ASI, hormon akan otomatis meningkat dan ini mempengaruhi proses ovulasi. Oleh karena itu jika anda menginginkan anak kembar, sebisa mungkin berikan anak anda ASI.

Obat kesuburan

Wanita yang berumur diatas 35 tahun biasanya menggunakan obat kesuburan untuk membantu dalam meningkatkan kehamilan nya. Obat kesuburan tersebut ternyata juga dapat meningkatkan peluang anda untuk memiliki anak kembar. Obat itu bekerja sebagai stimulasi hiper ovulasi sehingga menghasilkan pelepasan lebih dari satu telur.

Pembuahan invitro (IVF)

IVF dapat juga meningkatkan anda untuk mendapatkan kehamilan dengan bayi kembar. Secara spesifik, ini adalah prosedur yang dibuat mudah untuk merangsang ovulasi dengan asam folat, clomiphene citrate dan semua hormon kehamilan.

Magnesium & Kalsium

Magnesium dan kalsium ditemukan bermanfaat untuk anda mengandung anak kembar. Kalsium diperlukan untuk menjaga keseimbangan mineral. Tiga mineral utama yaitu zat besi, magnesium, vitamin D sangat penting untuk kehamilan. Hormon ini diatur dan diserap oleh kalsium. Namun berhati-hatilah, jika asupan magnesium yang tinggi yang disertai dengan jumlah kalsium yang tidak tepat dapat menyebabkan komplikasi pada mineral ini.

Bertambah berat

Terlihat bahwa wanita dengan kenaikan berat badan yang sehat memiliki peluang untuk mengandung bayi kembar. Terlihat bahwa wanita yang memiliki BMI berusia 30 atau lebih cenderung memiliki bayi kembar.

Pil KB

Jika sebelumnya anda menggunakan pil KB dan berusaha untuk memiliki anak setelah itu, kemungkinan anda mendapatkan anak kembar sangat besar. Ini disebabkan karena pada saat ovulasi memungkinkan untuk melepaskan banyak sel telur per siklus.

Memiliki lebih banyak anak

Jika anda sebelumnya sudah memiliki 2-3 anak, tubuh anda akan dengan otomatis meningkatkan ovulasi dan dapat menyebabkan pelepasan lebih dari satu sel telur. Wanita yang memiliki keluarga besar memiliki kemungkinan lebih banyak memiliki anak kembar.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*