Cara Memandikan Bayi Dengan Menggunakan Produk Khusus Bayi

cara memandikan bayi
Source: Cheekychums

Ibu-Indonesia.com – Selain menyusui, cara memandikan bayi adalah kegiatan yang paling disukai oleh Ibu. Karena pada saatini, bayi bisa fokus menatap dan merasakan kehangatan kasih sayang lewat sentuhan Ibu. Semakin bayi bersemangat saat mandi, maka Ibu akan semakin merasa nyaman. Dengan cara memandikan bayi baru lahir dengan baik dan benar seperti bermain air dan busa dari sampo dan sabun menjadi sarana quality time Ibu dan bayi.

Tapi tahukah Ibu, jika bayi memiliki kulit yang masih sensitif dan rentan terhadap alergi dari produk perlengkapan mandi? Tidak dipungkiri kalau semakin berkembang ilmu teknologi semakin bermunculan pula produk bayi yang ditawarkan dengan berbagai macam keunggulan. Merk suatu produk terkenal dengan harga yang mahal bukan jaminan mutlak  bayi Ibu cocok menggunakannya. Penggunaan suatu produk harus cocok dan sesuai dengan kondisi kulit bayi Ibu dan tidak menimbulkan efek samping, seperti iritasi atau ruam pada kulit. Oleh sebab itu sangat penting mengetahui beberapa alasan mengapa bayi hanya dianjurkan untuk memakai produk bayi, bukan bercampur atau bergantian dengan produk sabun atau sampo orang dewasa. Selanjutnya Ibu dapat  mempelajari beberapa tips dan cara memandikan bayi yang perlu diketahui, tentunya dengan menggunakan produk khusus bayi.

Berikut hal-hal yang harus Ibu perhatikan dalam memilih produk bayi terutama sabun dan sampo

  1. Sabun

Kandungan pada sabun prinsipnya sama yaitu mengandung detergen yang aman untuk kulit. Begitu pula dengan sabun bayi yang dikhususkan untuk kulitnya yang masih sensitif. Ibu dapat memilih dalam bentuk cair ataupun padat. Sabun cair memang lebih praktis, tetapi sebagian bayi tidak cocok dengan kandungan pewangi dan pewarna yang dapat menyebabkan alergi. Segera hentikan pemakaian produk tersebut, jika timbul gejala masalah kulit.

2. Shampo

Shampo bayi dirancang secara khusus agar tidak pedih di mata, sehingga bayi terhindar dari iritasi mata. Manfaat shampo secara umum adalah untuk membersihkan kotoran di rambut dan kulit kepala. Karena aktivitas bayi yang masih terbatas maka tidak diharuskan melakukan keramas setiap hari. Meskipun kebiasaan ini sering Ibu lakukan tidak menjadi masalah karena kandungan detergen di dalam shampo sudah dirancang menyesuaikan kulit kepala bayi dan mengalami kontak sebentar dengan tubuh sehingga mengurangi kemungkinan iritasi. Gunakan shampo dengan bahan alami sesuai dengan kebutuhan rambut bayi.

Jadi sabun dan shampo bayi memang diciptakan untuk menyesuaikan dengan kulit bayi yang masih sensitif. Sedangkan pada sabun dan shampo dewasa mengandung berbagai macam bahan kimia yang lebih banyak tidak sesuai atau tidak dianjurkan sama sekali untuk cara memandikan bayi.

Beberapa bahan tersebut adalah pewarna buatan (seperti Blue I, Red 33, Yellow 5, dan Titanium Dioxide), pewangi buatan, Triclosan, Sodium Lauryl and Andureth Sulfate, Methylisothiazolinone, Tetrasodium Etidronate, Propylene Glycol, Kimia aditif seperti Mineral Oil dan Petroleum Oil, Tetrasodium EDTA, dan Coca-midopropyl Betaine.

Lalu pada shampo juga terdapat bahan-bahan kimia yang harus dihindari bukan hanya untuk bayi tapi juga berlaku untuk orang dewasa. Sebaiknya hindari membeli shampo dengan kandungan bahan sebagai berikut :

  1. Sulfat (SLS)
  2. Paraben
  3. Formalin
  4. Isopropil Alkohol
  5. Propilen glikol
  6. Polyethylene Glycol
  7. Triclosan
  8. Parfum

Pada saat mandi, Ibu juga bisa menjadikan kegiatan mandi sebagai sarana mengajak anak bayi untuk berinteraksi misalnya belajar untuk menerapkan pola hidup yang sehat. Aktivitas menyenangkan saat mandi yang dapat diterapkan sejak dini, bayi Ibu akan merekam memori ini menjadi ikatan batin yang erat dengan Ibu.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*