Cara Memandikan Bayi Baru lahir Dengan Baik dan Benar

Ibu-Indonesia.com – Bagi anda seorang ibu muda yang baru saja melahirkan si buah hati, mungkin terkadang bingung bagaimana cara untuk memandikan bayi anda pada awalnya. Ada beberapa cara memandikan bayi baru lahir dengan benar yang anda dapat ketahui sehingga nanti nya dapat berguna untuk memandikan buah hati anda.

Memandikan Bayi Yang Baru Lahir Dengan Menggunakan Spons

Untuk minggu pertama atau lebih, sebaiknya mandikan bayi anda dengan menggunakan spons bayi dengan lap basah yang hangat. Usapkan ke muka dan tangan nya berulang-ulang, dan bersihkan area genitalnya setelah setiap mengganti popok.

Memandikan bayi di bak mandi

Setelah tali pusar mengering dan di daerah itu sembuh, Anda bisa mulai memandikan bayi anda menggunakan bak  mandi setiap beberapa hari. Paling mudah menggunakan wastafel dapur atau bak bayi plastik kecil yang diisi dengan air hangat, bukan bak standar.

Meskipun beberapa orang tua memandikan bayi mereka setiap hari, sampai nanti bayi bisa merangkak sendiri, mandi sebenarnya tidak diperlukan lebih dari tiga kali seminggu selama tahun pertama. Memandikan bayi terlalu sering bisa mengeringkan kulitnya.

Memandikan bayi anda dengan air hangat memang sangat menyejukkan bagi si bayi, tidak apa-apa jika membiarkan nya berlama-lama di dalam bak mandi. Apalagi bagi sebagian orang tua sangat senang bermain dengan bayinya ketika sedang memandikan si bayi tersebut. Memandikan bayi sebenarnya tidak perlu menghabiskan banyak waktu berlama-lama. Cukup lima menit sudah cukup lama untuk membuat bayi Anda bersih sebelum air nya menjadi dingin.

Saat pertama kali ketika  Anda memandikan bayi Anda, mungkin Anda akan sedikit merasa takut pada awalnya. Memandikan bayi anda secara baik dan benar membutuhkan latihan dan kepercayaan diri. Jadi anda harus tetap tenang dan focus pada cengkeraman anda kepada si bayi tersebut.

Cara menjaga bayi tetap aman di bak mandi.

– Jangan pernah meninggalkan bayi Anda tanpa pengawasan, bahkan untuk sesaat pun. Jika bel pintu atau telepon berdering dan Anda merasa harus menjawabnya, angkat dia dan basuh dengan handuk serta bawalah dia bersamamu.
–  Jangan sekali-kali memasukkan bayi Anda ke dalam bak bila airnya masih mengalir. (Air bisa mengalir terlalu deras atau masih panas.)
–   Atur pemanas air Anda sampai 120 derajat Fahrenheit. Bayi anda akan bisa mendapatkan luka bakar dalam kurun waktu kurang dari 1 menit jika air terlalu panas sampai diatas 140 derajat.
–   Jangan pernah meninggalkan anak Anda tanpa pengawasan. Bayi anda bisa tenggelam kurang dari satu inci air – dan dalam waktu kurang dari 60 detik.

Langkah demi langkah Cara memandikan bayi yang baru lahir

–  Kumpulkan semua perlengkapan mandi Anda (termasuk sabun, lap dan handuk) Kemudian tata handuk , popok, beserta pakaian dengan rapi. Pastikan ruangan nyaman hangat sehingga bayi Anda tidak kedinginan.
–   Isi bak mandi dengan sekitar 3 inci air hangat, ingat jangan sampai airnya terlalu panas, ke bagian dalam pergelangan tangan Anda, sekitar 90 derajat Fahrenheit (32 derajat celcius) atau beberapa derajat lebih hangat.
–   Bawa bayi Anda ke area mandinya dan lepaskan pakaian nya. (TIPS: Jika bayi Anda menangis sepanjang mandi, lepaskan popoknya terlebih dahulu, itu bisa memberi bayi rasa aman dan lebih bebas ketika dimandikan.)
–    Secara bertahap memasukkan bayi Anda ke dalam bak mandi bagian bawah terlebih dulu, kemudian gunakan satu tangan anda untuk menopang leher dan kepalanya si bayi. Bilas dan tuangkan air mandi ke atasnya secara teratur saat mandi sehingga bayi anda  tidak terlalu kedinginan.
–   Gunakan sabun bayi yang lembut dan usapkan secukupnya jangan sampai terlalu banyak  karena dapat mengakibatkan kulit bayi Anda menjadi kering. Bilas bayi anda dengan air pelan-pelan dengan menggunakan tangan atau lap yang dibasahkan dari atas ke bawah, depan dan belakang. Mulailah dengan mencuci kulit kepalanya dengan kain basah yang diberi sabun. Bilas sabun dari kain dan gunakan untuk membersihkan mata dan wajah dengan lembut. Jika lendir kering terkumpul di pelipatan lubang hidung atau mata bayi Anda, oleskan beberapa kali untuk melembutkannya sebelum Anda membersihkan nya. Sedangkan untuk membersihkan alat kelamin bayi Anda, cuci secara rutin dan secukupnya.

–    Bilas bayi Anda dengan air secukupnya, lalu bersihkan dengan lap bersih. Kemudian dengan sangat hati-hati angkat dia keluar dari bak mandi dengan satu tangan menopang leher dan kepalanya dan sisi lain menopang pantatnya. Bungkus jari-jari Anda di sekitar satu paha. (Bayi memang cenderung licin saat basah.) Jika memungkinkan, mintalah bantuan orang dewasa lain untuk mengangkat si bayi dengan handuk kering.
–    Basuh bayi Anda dengan handuk kering dan lap si bayi secara perlahan. Jika kulitnya masih mengelupas sejak lahir, Anda bisa mengoleskan lotion bayi setelah mandi, tapi ini biasanya hanya kulit mati yang perlu dilepas, bukan kulit kering. Lalu berikan popok dan beserta pakaian. Jangan lupa berikan ciuman di kepala bayi anda.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*