Bayi Usia 3 Bulan: Apa Sajakah Perkembangannya?

perkembangan bayi usia 3 bulan
Sumber: Sistero

Ibu-Indonesia.com – Perkembangan bayi usia 3 bulan pasti akan membuat Anda terkejut dan juga bahagia dalam satu waktu tertentu. Awalnya mungkin merawat bayi Anda terasa seperti siklus makan, popok, tidur, dan menenangkan tanpa henti. Tapi pada usia ini rutinitas itu akan lebih bervariasi dan memberikan banyak kejutan. Penasaran? Mari kita buktikan bagaimana perkembangan itu akan membuat hidup Anda lebih bahagia dan penuh kejutan.

Pada usia 3 bulan ini bayi Anda sudah mulai belajar tentang komunikasi. Dia juga mulai belajar untuk menghubungkan kata-kata Anda dengan ekspresi wajah Anda, dan mencoba mencari tahu maknanya. Dia sangat mengenal wajah Anda. Bayi Anda juga sudah mulai bisa tertawa terbahak-bahak dan tersenyum saat melihat Anda atau hal-hal yang disukainya. Bayi Anda mungkin juga akan fokus pada wajah Anda, khususnya mata Anda saat menyusui.

Pada usia 3 bulan ini Anda harus mengajaknya terus berbicara untuk melatih kemampuan bahasanya. Jika bisa cobalah untuk bernyanyi, membaca cerita dengan lantang, dan mengajukan pertanyaan yang bisa Anda jawab sendiri denga mimik yang lucu. Jelaskan juga apa yang bayi Anda dan Anda lihat, ceritakan juga keseharian Anda saat berada di luar rumah. Ingatlah bahwa nada suara Anda juga mengomunikasikan gagasan dan emosi.

Pada usia 3 bulan si kecil akan sensitif terhadap kebisingan. Sehingga bayi Anda akan mulai merespon suara Anda dengan tersenyum dan menggelengkan kembali pada Anda. Dia juga akan mulai beralih ke arah suara Anda jika Anda mulai bicara.

Bayi Anda pada usia 3 bulan ini juga sudah mulai belajar untuk meraih barang-barang yang menarik baginya atau meletakkan tangan di mulutnya. Dia akan senang jika Anda mengajaknya bermain dengan beberapa benda. Jika Anda menawarkan mainan, bayi Anda mungkin akan memegangnya dan menahannya selama beberapa saat.

Perkembangan motorik pada usia 3 bulan ini juga akan membuat Anda terkejut. Kepala bayi Anda pada mulanya akan goyah dan gerakannya lemah, kini dia bisa mengangkat kepala walaupun belum sempurna dan dalam waktu yang sebentar. Untuk melatih kemampuannya itu Anda dapat memegang mainannya atau membuat suara yang menarik untuk mendorong bayi Anda mengangkat kepalanya. Pada usia ini si kecil juga sudah bisa meregangkan dan menendang kakinya pada posisi berbaring.

Pada saat Anda bermain dengannya, biarkan saja saat bayi Anda memegangi jari kelingking Anda dan menyentuh wajah Anda. Hal ini akan membuatnya merasa aman dan dicintai.

Ajarkan juga pada bayi Anda untuk belajar menjalani rutinitas setiap hari dengan hal-hal yang dilakukan dalam urutan tertentu. Misalnya memberi makan, bermain, tidur. Pola ini juga membantu bayi Anda merasa aman dan nyaman.

Bayi Anda yang berusia 3 bulan kini sudah memiliki isyarat khusus untuk memberi tahu Anda kapan dia lapar, tidak nyaman, dan lelah atau apa yang dia butuhkan lainnya. Tugas Anda adalah untuk memahami setiap isyarat yang bayi Anda berikan.

Pada perkembangan bayi usia 3 bulan terkadang Anda akan mengetahui secara pasti alasan bayi Anda menangis. Misalnya saat Anda merespon tangisannya dengan mengganti popoknya yang basah atau memberinya makan saat dia lapar. Namun terkadang Anda tidak tahu mengapa bayi Anda menangis karena semuanya sudah aman terkendali. Bila ini terjadi tetaplah menghiburnya, memeluknya, dan berbicara padanya untuk menenangkan.

Catatan: Setiap bayi unik dan memiliki kecepatan perkembangannya sendiri. Ulasan ini hanyalah panduan untuk mengetahui perkembangan bayi Anda saat berusia 3 bulan secara umum.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*