Bayi 10 Bulan: Bagaimanakah Perkembangannya?

perkembangan bayi 10 bulan
Sumber: Whattoexpect

Ibu-Indonesia.com – Perkembangan bayi 10 bulan ini, bisa Anda lihat salah satunya pada saat bayi Anda berbicara maka kata-kata yang keluar terdengar lebih nyata. Pada tahap perkembangan ini semakin Anda menunjukkan ketertarikan pada apa yang dikatakan, maka semakin ia akan terus berbicara. Misalnya dia mencoba untuk mengucapkan sepatah kata, seperti “bil” untuk mobil, maka Anda bisa mengulangi kata tersebut kembali dengan penggucapan yang benar, “Ya sayang, itu mobil.”

Selain perkembangan itu, di usia 10 bulan ini masih ada lagi beberapa perkembangan yang tentunya layak untuk disimak diantaranya sebagai berikut.

Perkembangan motorik bayi 10 bulan ini diantaranya adalah bayi Anda sudah bisa duduk tanpa bantuan, dengan menggunakan kekuatan otot lengan dan bahunya bayi Anda mulai mampu membangkitkan tubuhnya ke posisi berdiri. Bayi Anda juga semakin pandai dalam mengontrol otot punggung dan bahunya. Selain itu bayi Anda juga, senang untuk bangkit dari duduk dan kemudian duduk kembali.

Perkembangan motorik lainnya yaitu bayi Anda bisa merangkak dengan lebih cepat dari bulan-bulan sebelumnya. Dia akan mulai menjelajahi rumah Anda dengan lebih leluasa. Dia bahkan mungkin berusaha merangkak naik turun tangga yang ditemuinya. Jadi Anda jangan sampai lalai untuk menjaganya.

Dia bahkan mungkin sudah bisa berjalan sambil berpegangan pada perabotan dan mungkin melepaskannya sesaat. Dia juga bisa berdiri tanpa dukungan Anda lagi. Namun, saat dia mungkin merasa sedikit sulit untuk duduk kembali, bersiaplah Anda untuk membantu!

Perkembangan lain yang terjadi pada usia 10 bulan ini, bayi Anda bisa sedikit melangkah saat Anda memegang tangannya. Bahkan dia mungkin sudah bisa membungkuk dan mengambil mainannya saat tangan yang satunya Anda pegang. Luar biasa bukan perkembangannya?

Hanya saja seiring dengan kemampuannya untuk menjelajah meningkat, Anda mungkin akan menemukan bayi Anda memar karena terbentur atau luka lainnya. Anda harus bisa mengatasinya dengan baik, agar bayi Anda tidak trauma untuk mencoba hal-hal yang baru biarpun bisa membuatnya terluka.

Pada waktu makan, bayi Anda juga sudah bisa mencengkram cangkirnya dan meminumnya sendiri. Bahkan bayi Anda juga sudah bisa makan makanannya sendiri tanpa bantuan Anda. Sehingga Anda hanya perlu mengawasinya saja saat makan dan sesekali membantunya bila dia membutuhkan bantuan.

Bayi Anda sekarang bahkan bisa dengan sengaja menjatuhkan benda dan memberikan isyarat pada Anda untuk mengambilnya, aktivitas ini akan berulang. Jika Anda bosan cobalah untuk melepaskan benda itu dan mengalihkan perhatiannya pada permainan yang lain.

Keterampilan sosial bayi Anda pada usia 10 bulan ini juga benar-benar sudah berkembang. Dia sudah bisa memberikan senyuman lebar kepada semua orang yang dia temui. Atau mungkin bayi Anda akan sedikit pemalu dengan menyembunyikan wajahnya pada saat orang asing mencoba untuk berinteraksi dengannya.

Keterampilan komunikasi bayi Anda yang berusia 10 bulan juga semakin berkembang. Bayi Anda sekarang sudah mampu untuk mengulang suara, memberikan isyarat untuk mendapatkan perhatian dari Anda, dan mungkin sudah bisa melambaikan tangan untuk menyapa Anda saat melihat Anda di pagi hari atau saat Anda tinggalkan dia sebentar. Dia juga sudah bisa melakukan protes bila mendapatkan perlakuan yang membuatnya merasa tidak nyaman.

Pada perkembangan bayi 10 bulan ini, keinginannya untuk mengeksplorasi lebih kuat dan cenderung mengabaikan peringatan Anda. Jika ini terjadi biarkan saja! Anda hanya perlu terus menemaninya dan tidak membiarkan dia terluka. Karena keingintahuannya pada tahap ini alami untuk melihat bagaimana dunia disekitarnya.

Catatan: Setiap bayi unik dan memiliki kecepatan perkembangannya sendiri. Ulasan ini hanyalah panduan untuk mengetahui perkembangan bayi Anda saat berusia 10 bulan secara umum.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*