Bagaimanakah Stimulasi Bunda Untuk Perkembangan Bayi 12 Bulan?

Perkembangan bayi usia 12 bulan
Sumber: Healthyfamilybc

Ibu-Indonesia.com – Perkembangan bayi usia 12 bulan ini menjadikannya lebih aktif. Bayi Anda sekarang sangat menyukai aktivitas yang membuatnya terus bergerak dan berceloteh. Dan Anda bisa terus mendampinginya dan memberikan stimulasi selama masa itu. Berikut beberapa stimulasi yang bisa Anda gunakan sesuai dengan perkembangannya.

Bagaimanakah perkembangan komunikasi bayi Anda pada usia 12 bulan ini?

Pada usia 12 bulan ini komunikasi Anda dengan si kecil sudah bisa berjalan dua arah. Bayi Anda juga sudah bisa menikmati percakapan yang Anda lakukan. Pada usia ini jika Anda bertanya kepada si kecil di manakah hidungnya, maka dia sudah bisa untuk menunjukkan letak hidungnya. Menakjubkan bukan?

Yang lebih menakjubkan lagi, seiring dengan perkembangannya Anda pun sudah mulai bisa untuk mengajarinya tentang sopan santun, seperti mengucapkan salam dan berterima kasih. Anda juga bisa untuk mengajarkannya membantu merapikan mainan dan juga tempat tidurnya.

Permainan apa sajakah yang sedang diminati bayi Anda?

Cara bayi Anda bermain pada usia ini pun berubah, karena sekarang dia hanya akan tertarik pada permainan yang lebih energik dan dapat menguatkan lengan serta kakinya. Bayi Anda sekarang ini akan sering melempar dan menjatuhkan mainannya atau bahkan akan memberikan mainannya pada Anda dan mengambilnya kembali. Si kecil juga menyukai permainan di mana dia bisa memasukkan mainan blok ke dalam wadah dan menggulanginya lagi. Sehingga Anda bisa membelikannya mainan yang tidak hanya mengasah motoriknya saja, tapi juga kecerdasan otaknya.

Bagaimanakah cara yang  bisa Anda lakukan untuk membuat tidursiang dan tidur malam si kecil lebih mudah?

Jika pada usia sebelumnya tidur siang sangat mudah untuk si kecil lakukan. Namun, berbeda pada bayi Anda yang baru berulang tahun pertama ini, dia akan sulit untuk tidur siang. Untuk membantu bayi Anda tidur siang, Anda bisa mengajarkannya untuk tidur siang secara mandiri. Anda bisa menjadikan tidur siang menjadi salah satu rutinitas. Sehingga nantinya dia akan terbiasa dan meminta tidur siang sendiri bila sudah waktunya.

Sebaiknya Anda juga melakukan hal yang sama untuk aktivitas tidur malamnya. Anda bisa menerapkan pola aktivitas yang sama setiap malam menjelang tidurnya. Anda juga bisa membacakan buku cerita, menyanyikannya lagu, atau memainkan musik klasik saat si kecil akan tidur. Apa pun yang Anda lakukan, jadikanlah rutinitas yang menyenangkan dan konsisten. Jangan lupa juga untuk memeluknya untuk membantu bayi Anda rileks.

Bagaimana Anda bisa membantu bayi Anda untuk mengerti dan menggunakan kata-kata?

Untuk membantu kemampuannya dalam mengenal kata-kata sebagai alat komunikasinya, Anda dapat mengambil benda dan menyebutkan nama benda itu. Semakin sering Anda melakukan itu, maka semakin cepat bayi Anda mengenal banyak kosa kata. Jadi teruslah untuk berbicara pada bayi Anda dan identifikasi juga hal-hal yang dia lihat serta sebutkan nama-nama benda yang dilihat. Karena semakin sering bayi Anda mendengarkan sepatah kata saja, semakin cepat dia akan mengingatnya dan belajar untu menerapkannya.

Anda juga bisa membacakan buku bergambar pada bayi And dan mintalah untuk menunjukkan nama benda yang sudah dikenalnya. Tanyakan juga warna kaos kaki mana yang ingin dia gunakan atau mainan yang ingin dia mainkan. Berikan juga beberapa pilihan! Agar membantunya meningkatkan kosa katanya dan pengetahuan tentang kata-kata.

Akankah bayi Anda mulai berjalan pada pada perkembangan bayi usia 12 bulan?

Pada usia 12 bulan ini, mungkin saja bayi Anda sudah mulai berjalan atau malah harus menunggu beberapa bulan ke depan. Namun, Anda tidak perlu khawatir, dia akan belajar berjalan pada masanya sendiri.

Untuk bayi Anda yang baru mulai belajar berjalan langkah awalnya mungkin saja berjinjit. Tapi saat sudah mendapatkan kepercayaan dan kekuatan, dia akan mulai berjalan dengan cara yang lebih seimbang. Saat bayi Anda belajar berjalan ini, kakinya mungkin saja masih goyah. Bunda bisa mengawasinya! Apabila dia terjatuh berilah ciuman dan pelukan!

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*