Bagaimana Perkembangan Anak Usia 4 Tahun?

anak usia 4 tahun
Sumber: bbc

Ibu-Indonesia.com – Selamat datang di usia anak Anda yang penuh dengan keaktifan dan kecepatan belajar!

Perkembangan anak usia 4 tahun ini memungkinkan anak Anda percaya diri untuk melakukan hal-hal dasar seperti berbicara, berlari, menggambar, membangun sesuatu, dan menggunakan keterampilan lama atau barunya dengan baik.

Perkembangan lain yang anak Anda tunjukkan diantaranya adalah sebagai berikut:

Tingkah Laku

Pada usia ini, anak Anda sedang senang-senangnya untuk belajar mengekspresikan emosinya dengan menggunakan banyak hal, misalnya dengan berbicara, menggunakan isyarat, diam saja, berteriak, menggambar, atau aktivitas lainnya. Anak Anda juga sekarang senang untuk berada di sekitar orang lain dan berinteraksi dengan mereka. Dia akan menceritakan atau menanyakan banyak hal pada orang lain sebagai bentuk interaksi.  Anak Anda juga mungkin sudah biasa untuk meminta maaf, meminta tolong, menyetujui peraturan yang Anda buat, mengucapkan selamat, memberikan bantuan.

Bermain Dan Belajar

Bermain bagi anak Anda sekarang adalah aktivitas untuk belajar dan mengeksplorasi perasaan. Saat bermain anak Anda mungkin akan belajar untuk bernyanyi, menari, menghafal huruf dan angka, menghafal nama-nama binatang, atau hal yang lainnya.

Berpikir

Anak Anda usia 4 tahun ini, sudah mengerti tentang hal yang berlawanan, misalnya tinggi atau rendah, mengetahui huruf dan angka, menghitung sampai 10 atau bahkan lebih, membedakan yang mana perempuan atau laki-laki, mengerti apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan.

Bicara

Kosakata anak Anda pada usia 4 tahun ini, berkembang sangat pesat. Anda akan menemukan dia yang senang bercerita dan bercakap-cakap. Dia juga akan memberitahukan perasaannya, membicarakan gagasan, mengajukan banyak pertanyaan, dan ingin tahu arti kata-kata.

Keterampilan Hidup Sehari-Hari

Berpakaian sendiri cukup mudah bagi anak Anda pada usia 4 tahun ini. Dia juga bisa menggunakan garpu, sendok dan kadang pisau – misalnya, untuk menyebarkan mentega pada roti. Tapi Anda masih perlu untuk mengawasinya. Dia juga sudah bisa pergi ke toilet, mandi, dan sikat gigi sendiri.

Berikut adalah beberapa hal sederhana yang dapat Anda lakukan untuk membantu perkembangan kecerdasan anak Anda pada usia 4 tahun ini:

  • Berikan anak Anda banyak waktu untuk bermain. Bermain pada usia ini memberikan anak Anda kesempatan untuk mengungkapkan perasaannya seperti gembira, marah, takut, dan sebagainya.
  • Luangkan waktu Anda untuk menemaninya bermain dan menciptakan permainan kreatif. Anda bisa menemani Anda untuk membuat lukisan, gambar, menari, melompat-lompat, bermain musik atau instrument sederhana.
  • Bacalah sesuatu untuk si kecil. Membaca bersama, menceritakan kisah-kisah atau dongeng, membacakan sajak anak-anak. Hal itu semua dapat mendorong anak Anda untuk aktif berbicara, berpikir, dan berimajinasi.
  • Memasaklah dengan anak Anda. Memasak dengan anak Anda akan membantu untuk tertarik pada makanan sehat, belajar kata-kata baru, dan memahami konsep matematika seperti ‘setengah’, ‘1 sendok teh’ atau ’30 menit’. Anda bisa memberinya kegiatan sederhana untuk dilakukan, seperti mencampur bumbu atau menyusun sandwich.
  • Mainkanlah permainan yang melibatkan aktivitas belajar berbagi dan bergiliran. Saat Anda bermain, katakan hal-hal seperti, ‘Sekarang giliran bunda untuk membangun menara, habis ini giliran adik buat nyoba bikin menara lagi’, atau ‘Bunda kasih balok merah sama adik, terus adik kasih bunda balok yang warna hijau’. Berbagi masih sulit untuk anak-anak pada usia ini, jadi berikan anak Anda pujian saat dia mau berbagi. Dan ajarkan dia untuk membagi apa yang dia punya dengan orang lain. Bicaralah dan gunakan logika sederhana.

Catatan: perkembangan anak usia 4 tahun untuk setiap individu tentu saja berbeda, karena setiap individu unik dengan caranya. Artikel di atas hanya menjelaskan perkembangan secara umum.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*