Apa Yang Harus Dipersiapkan Ibu Menyusui Pertama Kali?

ibu menyusui
Sumber: youtube

Ibu-Indonesia.com –¬†Kemampuan ibu menyusui adalah kemampuan yang diperoleh secara natural, hanya saja butuh proses belajar untuk mengasahnya, Anda bisa mempelajari tentang menyusui sebelum bayi Anda lahir. Sehingga semakin banyak Anda mengetahui tentang menyusui, semakin besar kemungkinan Anda sukses dalam proses ini. ¬†Berikut beberapa ulasan yang mungkin bisa membantu Anda saat pertama kali mempersiapkan untuk menyusui.

  • Usahakan untuk menyusui pada jam pertama setelah kelahiran. Ini akan membantu rahim Anda berkontraksi dan menyediakan kolostrum untuk bayi Anda. Untuk pertama kali menyusui ini, Anda bisa membalikkan seluruh tubuh bayi ke arah dada Anda, kemudian sentuh bibir atasnya dengan puting susu Anda, dan saat membuka mulutnya, bawalah tubuhnya dengan lembut ke payudara Anda, pegang payudara Anda agar bayi Anda nyaman untuk menyusu.
  • Kalau ini pengalaman pertama Anda untuk menyusui, maka Anda jangan ragu untuk meminta bantuan pada saudara Anda yang sudah berpengalaman dalam menyusui atau mungkin suster.
  • Hal yang perlu Anda lakukan adalah mengajarkan bayi Anda cara yang tepat untuk menempel pada payudara Anda. Biasakan bayi Anda untuk tidak hanya menghisap puting payudara Anda saya tetapi juga pada areolanya, sehinggga puting tidak akan terhimpit diantara gusi atau bibir yang bisa menyebabkan ASI keluar tidak sempurna. Dengan mengajarkan bayi menyusu dengan benar, bahkan dari pertama kali, bisa menjadi cara efektif untuk mencegah rasa sakit saat menyusui dan juga tidak membuat puting lecet.
  • Menurut Kathleen Huggins, penulis buku The Nursing Mother’s Companiontidak perlu menguatkan puting susu Anda sebelum memulai menyusui Perubahan hormonal saat kehamilan sudah cukup membuat payudara siap untuk menyusui. Sehingga Anda jangan sampai menggosok-gosok puting payudara, karena ini hanya akan menyakiti Anda saja.
  • Karena menyusui bisa memakan waktu hingga 40 menit, terutama pada bulan-bulan pertama ketika bayi Anda baru lahir, maka pilih tempat dan posisi yang nyaman untuk menyusui. Kebanyakan wanita menyukai menyusui sambil tiduran karena itu akan memberinya kesempatan untuk beristirahat tetapi sambil menyusui. Anda juga bisa menggunakan bantal untuk menopang tangan dan bayi Anda.
  • Beberapa sumber menyebutkan bahwa baru lahir akan menyusu sekitar 8 sampai 12 kali dalam 24 jam. Namun, menurut pedoman dari American Academy of Pediatrics (AAP), menyusui itu tidak memiliki jadwal yang kaku, Anda harus menyusui jika bayi Anda menunjukkan tanda lapar misalnya mencari puting Anda, meletakkan tangan di mulutnya, dan wajahnya terlihat lebih waspada. Selalu berikan sesi menyusu sesuai dengan permintaannya. Jangan sampai memberinya ASI setelah bayi Anda menangis, karena menangis adalah tanda kelaparan yang terlambat. Sehingga Anda harus mulai memberi makan bayi Anda sebelum dia mulai menangis.
  • Selama beberapa hari setelah kelahirannya, bayi Anda mungkin akan banyak menghabiskan waktu untuk tidur. Sehingga Anda harus membangunkannya dengan lembut untuk menyusu, agar bayi Anda cukup mendapat makanannya.
  • Jangan memberikan susu formula untuk minggu pertamanya, karena ini bisa menurunkan produksi ASI Anda.
  • Makanlah makanan yang seimbang gizinya, untuk memastikan bahwa kuantitas dan kualitas susu Anda maksimal. Makanlah setiap Anda merasa lapar dan minumlah cairan sepanjang hari agar tetap terhidrasi dengan baik.

Intinya, untuk ibu menyusui yang baru pertama kali memberikan ASI pada buah hati Anda  jangan panik saat melakukannya. Anda bisa meminta bantuan orang terdekat Anda bisa mengalami kesulitan dan jika permasalahan lebih serius muncul Anda bisa meminta bantuan dokter Anda.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*