Anggur, Makanan untuk Balita yang Menyehatkan

Makanan untuk balita
Source: pixabay.com

Ibu-Indonesia.com – Si Kecil pasti sering merengek untuk diberikan cemilan. Tapi sebelum memberikannya cemilan, Ibu harus selektif dalam memilih makanan ringan untuk ia konsumsi. Sudah memilih makanan utama yang bergizi, bukan berarti Ibu bisa asal dalam memilih makanan untuk balita. Walaupun hanya dijadikan sebagai selingan, Ibu tetap harus memperhatikan kandungan gizi yang terkandung pada cemilan. Ibu bisa memberikan sereal, biskuit, kacang-kacangan, yogurt, keju, dan buah-buahan.

Buah anggur memiliki rasa manis dan asam yang memberi kesegaran pada penikmatnya. Di Indonesia, ada beberapar jenis anggur yaitu anggur merah, anggur hijau, dan anggur hitam. Ketiganya memiliki manfaat yang sama. Buah anggur memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, selain itu buah anggur juga mengandung vitamin A, vitamin B1 – 12, vitamin K, kalsium, yodium, mangan, kalium, seng, natrium, protein, tinggi serat, dan mengandung gula alami seperti sukrosa. Banyaknya kandungan dari buah anggur ini baik untuk kesehatan tubuh.

Buah dengan warna menyolok ini mengandung karotenoid serta likopen yang tidak sedikit. Kedua zat kimia alami ini sangat baik dan bermanfaat bagi tubuh. Selain itu, buah ini juga banyak mengandung anti oksidan yang dapat menangkal radikal bebas.

Tak hanya buahnya yang lezat, ternyata kulit anggur juga memiliki kandungan yang tak kalah luar biasa. Kulit buah anggur mengandung resveratrol yang adalah sumber bernilai dari flavonoids, termasuk katekin, quercetin, prosianidin, serta antosianin. Zat-zat ini dapat digunakan sebagai pencegah kanker.

Pada anak usia balita, bolehkah anggur diberikan? Berikut adalah 3 manfaat buah anggur untuk balita.

Memberikan energi tambahan

Buah anggur dalam 100 gram mengandung karbohidrat sebesar 18,1 gram, energi 288 kJ (69 kkal), gula 15,48 gram, protein 0,72 gram, 0,16 lemak. Karbohidrat, gula, protein, dan lemak berperan dalam proses metabolisme tubuh dalam pembentukan energi. Pada usia balita, rasa ingin tahunya sangat tinggi, tingkah polahnya juga sangat aktif seperti tidak punya lelah, maka pemberian asupan yang bergizi harus diberikan pada balita untuk menjaga kesehatannya dan menjaga staminanya dalam beraktivitas.

Menjaga kesehatan mata dan kekebalan tubuh

Buah anggur memiliki kandungan vitamin A yang baik untuk mata. Pemberian vitamin A dapat menjaga kesehatan mata pada balita. Vitamin A sangat penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh balita. Bahkan terdapat bulan khusus pemberian vitamin A untuk balita dari puskesmas yang merupakan inisiasi dari pemerintah. Bulan vitamin A ini biasanya dilakukan pada bulan November di posyandu balita. Kekurangan vitamin A menjadi salah satu faktor penyebab peningkatan angka kesakitan dan kematian balita di sejumlah negara-negara berkembang dan negara miskin.

Melindungi saluran pencernaan

Anak pada usia balita biasa memiliki masalah pencernaan seperti diare. Pada masa ini, anak menjadi sangat aktif dan suka memasukkan benda – benda asing ke dalam mulut. Tangan anak mungkin kotor dan menjadi penyebab masuknya bakteri ke dalam sistem pencernaan. Bakteri inilah yang menyebabkan diare. Buah anggur kaya akan vitamin C, yaitu 10, 8 mg (18%) dalam 100 gram buah anggur. Vitamin C baik untuk menjaga sistem imun atau kekebalan tubuh balita dari infeksi bakteri di dalam tubuh. Sehingga menjaga balita agar tidak mudah terserang penyakit dan tetap ceria.

Buah anggur bisa menjadi pilihan untuk tambahan nutrisi pada balita Anda, namun penggunaannya perlu diseimbangkan dengan kebutuhan tubuh Balita. Konsumsi yang terlalu banyak tentu tidak baik untuk kesehatan tubuh. Selain itu banyak buah-buahan lainnya yang juga kaya nutrisi dan bisa dijadikan makanan untuk balita guna memenuhi nutrisi tubuh balita.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*