Anak Malas Bicara? Latih Dia Selama Tumbuh Kembangnya

tumbuh kembang anak
Sumber: depositphotos.com

Ibu-Indonesia.com – Setiap anak memiliki salah satu kecerdasan wajib yakni komunikasi. Dengan berkomunikasi, anak dapat memperluas kosakata dan mengembangkan daya penerimaan serta daya ingatnya. Untuk itu, Ibu perlu pantau perkembangan kosakata balita sejak dini sesuai tahapan tumbuh kembang anak di usianya, karena memiliki anak dengan tumbuh kembang yang sehat serta cerdas merupakan dambaan bagi setiap orangtua.  

Ibu pasti akan merasa khawatir jika si buah hati mengalami keterlambatan dalam hal komunikasi, khususnya berbicara. Jika anak Ibu terindikasi mengalami masalah terlambat bicara, maka banyak hal yang patut dicermati alih-alih menyimpulkan sendiri secara gamblang berdasarkan pendapat orang lain ataupun percaya mitos seputar anak dwibahasa yang kerap disangkutpautkan sebagai akibat dari lambatnya bicara seorang anak.

Ada beberapa tahapan usia berbicara sesuai tumbuh kembang anak hingga dapat mengucapkan kalimat yang memiliki arti serta dapat dipahami. Namun, jika anak Ibu dirasa tidak mengalami tahapan seperti ini, bukan berarti ia bisa secara langsung dikategorikan sebagai anak lambat bicara ya, Bu. Banyak faktor yang menyebabkan anak tidak mengalami tahapan tersebut, salah satunya adalah malas bicara.

Sebagai orangtua, Ibu tentu sangat paham jika peranan Ibu dan lingkungan memiliki arti penting dalam membentuk kelancaran si buah hati dalam berinteraksi sosial dan juga berbicara. Berikut ini ada beberapa tips mengatasi malas bicara pada tahap tumbuh kembang anak dengan melatih serta merangsang anak agar bisa dan mudah berbicara.

 

  • Jangan Malas Mengajaknya Berkomunikasi

 

Alangkah baiknya jika Ibu sebagai orangtua senang mengajak si buah hati berinteraksi dan berbicara sejak dini, kapanpun, dan dimanapun. Ajak ia berbicara ketika ia sedang memegang benda dengan memberitahunya tentang benda tersebut. Ajak ia untuk mengetahui nama benda di sekitarnya dengan cara menunjuk dan memberi tahu nama-namanya. Dengan cara ini, dapat dipastikan buah hati Ibu akan menjadi lebih komunikatif nantinya.

 

  • Latih Bicara dengan Cara Menyenangkan

 

Cara menyenangkan yang dimaksud di sini bukan hanya berarti sekedar mengajaknya bermain, tetapi juga memberi pelajaran yang membuatnya nyaman dan terhibur, sehingga mampu merangsang kemampuan berbicaranya dengan lebih cepat. Ada beberapa cara yang bisa Ibu lakukan, seperti misalnya :

  • Mendongeng

Beri rangsangan si kecil dengan mendengarkan sebuah kisah dongeng, Ibu juga bisa menggunakan mainan anak berupa boneka tangan atau benda apapun yang bisa dijadikan sarana edukatif yang mudah di serap oleh si kecil. Tahukah Ibu, salah satu perkembangan anak usia 4 tahun juga bisa dilihat dari kepiawaiannya dalam membaca sebuah cerita dongeng, karena di usia ini imajinasinya mulai berkembang pesat.

  • Menyanyi

Jika Ibu menyanyikan lagu-lagu ketika menggendongnya, mandi, hingga menjelang tidur secara rutin dan terus menerus, maka lambat laun ia akan mencoba menirukan apa yang Ibu kerap nyanyikan untuknya karena ia terbiasa mendengarkan lagu-lagu tersebut.

Pada dasarnya, setiap kata dan kalimat yang Ibu katakan akan tersimpan rapi dalam memori si kecil dan suatu saat ia pun akan menirunya. Satu hal paling penting yang perlu Ibu ingat adalah selalu mengajarkan si kecil bicara menggunakan kata-kata positif, meskipun ia belum bisa berbicara dengan fasih, tetapi cara ini dapat mengasah rasa percaya dirinya dalam masa tumbuh kembang anak Ibu.

Jangan lupa untuk tetap memperhatikan segala makanan dan nutrisi penting si kecil agar tumbuh kembang anak pun optimal, sehingga ia dapat berbicara dengan lancar dan berkomunikasi dengan baik. Pilih makanan yang mengandung omega 3 dan tinggi DHA sebagai asupan wajibnya dalam usia emas. Tak lupa, protein, kalsium, zat besi, vitamin A, dan juga C, tidak boleh dilewatkan. Berikan juga susu tambahan untuk menunjang asupan nutrisi tubuh si kecil. Semoga bermanfaat ya, Bu!

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*