Aktivitas Seru untuk Maksimalkan Perkembangan Bayi 12 Bulan

perkembangan bayi 12 bulan
Sumber: Pexel.com

Ibu-Indonesia.com – Di usianya yang kini menginjak satu tahun, buah hati Anda telah berkembang dari bayi mungil menjadi bayi yang penuh rasa penasaran. Ia begitu senang menjelajahi lingkungan sekitarnya. Rasa penasaran dan kesiapannya untuk belajar akan terus berkembang seiring mobilitas bayi yang kian meningkat di bulan-bulan berikutnya.

Pada perkembangan bayi 12 bulan, pengetahuan si kecil akan mengalami kemajuan besar. Kegiatan bermain akan diwarnai dengan keseruan-keseruan baru seiring meningkatnya pemahaman bahasa.

Bayi Anda akan mulai menggunakan gestur-gestur serperti menunjuk atau melambaikan tangan untuk mengekspresikan pikirannya. Pada fase ini, perbendaharaan kosa kata anak semakin bertambah, mereka akan mulai mengerti lebih banyak kata-kata yang Anda ucapkan pada mereka.

Karena anak semakin senang bergerak dan menjelajah, penting sekali bagi para orang tua untuk menyediakan pengawasan dan memastikan rumahnya aman bagi bayi supaya terhindar dari kecelakaan.

Pada usia ini, bayi akan menghabiskan banyak waktu untuk belajar caranya berpindah-pindah. Mereka belajar merangkak pada usia ini. Sebagian bayi mungkin akan menggunakan cara lain untuk berpindah-pindah, misalnya merayap menggunakan perut mereka, mengesot dengan pantat, atau berguling. Tidak masalah cara apa yang digunakan bayi untuk berpindah-pindah selama mereka bisa menggerakkan tangan dan kaki secara seimbang dan mampu mengkoordinasikan kedua sisi badan dengan baik.

Pada masa perkembangan anak 12 bulan, mereka juga menjadi semakin baik dalam mengubah posisi, bergerak lincah dari berbaring ke duduk, kemudian berdiri. Sambil berpegangan pada furnitur atau benda-benda besar lain di rumah, anak akan mulai mencoba melangkah-langkah menyusuri furnitur. Beberapa bayi bahkan mungkin saja mulai belajar berjalan secara mandiri pada usia ini.

Seiring kemampuannya yang semakin bertambah, maka semakin banyak pula kegiatan yang bisa Anda lakukan bersama sang buah hati. Untuk memaksimalkan tumbuh kembangnya, sebaiknya lakukanlah kegiatan-kegiatan yang akan membantu anak meningkatkan berbagai kemampuan mereka, misalnya:

  • Untuk mendorong bayi merangkak, bantu Anak ke dalam posisi merangkak kemudian simpan mainan kesukaan sang bayi di luar area jangkauan tangannya. Semangati bayi untuk merangkak meraih mainan kesukaanya itu.
  • Bermain cilukba dengan berbagai variasi misalnya bersembunyilah di balik selimut dan biarkan bayi menariknya untuk menemukan Anda, atau bersembunyilah di sudut-sudut ruangan agar bayi merangkak untuk mencari Anda.
  • Bemain petak umpet menggunakan mainan untuk menguji pemahaman anak tentang object permanenceatau ingatan tentang barang yang hilang. Dengan permainan ini anak akan semakin paham bahwa suatu benda akan tetap ada meski barang itu tidak bisa dia lihat. Caranya, biarkan anak melihat Anda menyembunyikan sebuah mainan—pertama-tama sembunyikan sebagian kemudian tertutup seluruhnya—setelah itu biarkan anak menemukannya kembali.
  • Ajari anak Anda lagu-lagu yang memiliki gerakan seperti “Topi Saya Bundar” atau “Kepala-Pundak-Lutut-Kaki” atau “Baby Shark”. Anak akan senang mendengarkan lagu-lagu itu sambil mempelajari gerakan-gerakannya.
  • Ajak anak Anda bermain musik dengan menjadi drummer Dengan barang-barang yang ada di rumah seperti panci dan sendok, berpura-puralah bahwa Anda dan bayi adalah tim pemain perkusi terkenal. Semangati anak untuk memukul-mukul “drum” yang Anda siapkan, biarkan ia membuat bunyi-bunyian yang menyenangkan. Kegiatan ini akan membantu melatih koordinasi, kecakapan mendengar, dan eksplorasi musik anak.
  • Bermain rumah-rumahan bisa menjadi kegiatan yang cocok untuk melatih kemampuan sosial anak, kemampuan motorik kasar dan kemampuan eksplorasi lingkungannya di masa perkembangan anak 12 bulan. Anda hanya memerlukan kardus bekas untuk dibentuk menjadi rumah-rumahan yang memiliki pintu masuk dan keluar, juga ruangan-ruangan yang memiliki fungsi berbeda. Anda bisa mengajak anak bermain peran sebagai sepasang tamu dan tuan rumah.

Demikianlah beberapa aktivitas yang bisa dilakukan bersama sang buah hati yang selain mudah dan menyenangkan tetapi juga bisa membantu memaksimalkan masa perkembangan bayi 12 bulan. Dengan sedikit kreativitas Anda bisa menciptakan banyak permainan atau aktivitas lain yang tidak kalah serunya. Yang perlu diingat, selalu utamakan keselamatan Anak.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*