9 Aktivitas Mempercepat Kelahiran Secara Normal

mempercepat kelahiran
Sumber: Wikipedia

Ibu-Indonesia.com – Ibu sedang menanti kelahiran buah hati? Tentu ada sedikit rasa cemas dan khawatir ya, Bu, mengingat proses melahirkan adalah salah satu perjuangan luar biasa hingga mempertaruhkan nyawa. Ketika memasuki usia kehamilan trimester akhir, Ibu sudah pasti sering mendengar saran-saran dari teman maupun kerabat tentang tips mempercepat kelahiran. Tips biasanya berupa makanan-makanan yang dianjurkan hingga aktivitas-aktivitas yang mampu membantu ibu mempercepat persalinan secara normal.

Berikut sembilan aktifitas ringan yang bisa Ibu lakukan agar mempercepat kelahiran secara normal :

1. Makan makanan berserat

Beberapa makanan sehat bisa membantu Ibu mempercepat kelahiran, salah satunya adalah makanan berserat. Seperti yang kita tahu, makanan berserat yang didapat dari buah maupun sayur ini mampu melancarkan pencernaan dan menjauhkan Ibu dari sembelit. Dan kabar baiknya, ketika Ibu terbebas dari sembelit, maka tersedia cukup banyak ruang bagi bayi untuk bergerak turun ke bagian bawah tubuh Ibu.

2. Minum teh

Teh raspberry dipercaya mampu mempercepat kelahiran dengan cara merangsang otot-otot rahim agar mulai berkontraksi. Jadi, Ibu bisa seduh  teh daun raspberry dengan air hangat dan dinginkan selama tiga menit sebelum dikonsumsi.

3. Berjalan santai

Selain memakan atau meminum minuman tertentu, Ibu juga bisa mencoba aktivitas fisik lain. Salah satunya adalah dengan berjalan santai. Aktivitas ini bisa Ibu lakukan pada pagi atau pun sore hari dengan ditemani Ayah, ya. Berjalan santai ini diyakini mampu mendorong posisi kepala bayi lebih dekat ke rahim hingga dapat mempercepat kelahiran secaara normal.

4. Senam hamil

Ibu juga bisa mencoba beberapa gerakan ringan senam hamil agar mempercepat kelahiran. ikuti kelas senam hamil atau praktek mandiri melalui video. Tetapi sebaiknya, Ibu melakukan senam di bawah bimbingan instruktur yang profesional di bidangnya.

5. Mencongklang

Selain senam yang sudah diatur gerakannya oleh instruktur, Ibu juga bisa mempraktekkan posisi mencongklang. Gerakan ini dilakukan dengan cara menggerakkan salah satu kaki misalnya kaki kiri ke depan lalu kaki kanan dengan sedikit lompatan bergantian dengan kaki kiri. Aktivitas ini diyakini mampu mendorong tubuh bayi ke bagian bawah dengan sedikit memberi guncangan pada tubuh Ibu.

6. Naik tangga

Berjalan menaiki tangga mampu membuat posisi bayi semakin turuh ke arah bagian tubuh sehingga mempercepat kelahiran. Ibu bisa lakukan hal ini perlahan dan sebaiknya dalam pengawasan suami atau pun keluarga dekat.

7. Mandi air hangat

Ibu bisa menyiapkan bak berisi air hangat dan berendam di dalamnya. Hal ini bertujuan untuk membantu Ibu melepaskan ketegangan sehingga tubuh Ibu menjadi rileks dan bisa mempercepat kelahiran.

8. Berhubungan intim

Hubungan intim telah lama dipercaya bisa mempercepat kelahiran secara normal. Hal ini dikarenakan hubungan intim mampu memicu produksi hormon oksitosin yang dapat menimbulkan kontraksi pada rahim Ibu. Selain itu, cairan sperma hasil berhubungan dipercaya dapat membuat rahim melunak dikarenakan hormon prostaglandin yang dikandungnya.

9. Mengepel

Aktivitas satu ini juga dipercaya dapat mempercepat kelahiran. Ibu bisa mengepel secara jongkok sehingga memungkinkan bayi masuk ke jalan lahir dan siap memulai proses persalinan.

9 aktivitas di atas sesungguhnya belum pernah dibuktikan secara medis, hanya berdasarkan kepercayaan turun temurun. Tetapi tips-tips seperti itu sudah lama beredar di masyarakat dan banyak yang sudah membuktikannya. Jadi, tidak ada salahnya bagi Ibu utuk mencoba bukan?

Menantikan kelahiran buah hati adalah hal paling membahagiakan juga rentan membuat Ibu tertekan. Oleh karena itu, diharapkan Ibu bisa lebih rileks dan santai sehingga bisa mempercepat kelahiran secara alami. Semoga bermanfaat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*