7 Permainan Anak Yang Mendidik di Bulan Ramadhan

permainan anak yang mendidik
Silhouette, group of happy children playing on meadow, sunset, summertime

Selama bulan Ramadhan, bunda mungkin mencari ide permainan anak yang mendidik. Apalagi bulan puasa tahun ini jatuh bersamaan dengan liburan anak-anak sekolah. Ini adalah kesempatan bunda untuk mengajarkan momen bulan suci. Selain si kecil mengetahui tentang pentingnya Ramadhan, mereka juga bisa mempelajarinya dengan asyik alias bukan dikhotbahin. Nah, kali ini kita akan membagaikan permainan anak yang mendidik atau kegiatan yang bisa dilakukan di bulan Ramadhan ini sambil berharap si kecil akan memiliki karakter positif.

  1. Membaca berbagai cerita seru

Saat ini banyak sekali buku-buku yang mengajarkan cerita nabi dalam bentuk buku bergambar. Bunda bisa meluangkan waktu bunda untuk membacakannya kepada si kecil. Apalagi kisah para nabi itu banyak sekali mengajarkan nilai-nilai islami yang baik untuk membangun karakter si kecil. Waktu paling tepat untuk membacakannya adalah di waktu tidur.

  1. Belajar Kaligrafi

Buat bunda yang memiliki anak yang sudah berusia SD, bunda bisa menumbuhkan minat kaligrafi kepada si kecil. Ukiran-ukiran yang indah dengan tulisan dari bahasa Arab ini tidak hanya indah dilihat. Namun si kecil akan semakin penasaran dalam memahami makna-makna setiap tulisan yang digambarkannya sehingga hasil karyanya semakin menyentuh hati. Permainan yang mendidik banget kan.

  1. Menyiapkan menu berbuka atau sahur bersama

Keterlibatan dan diiringi pujian yang selayaknya akan membuat si kecil tertarik untuk memahami apa yang dilakukan. Nah di bulan Ramadhan ini, ajaklah si kecil untuk memilih dan menyiapkan menu berbuka atau sahur bersama. Si kecil tidak hanya menghargai makanan yang telah disiapkan, dia juga akan merasakan nuansa Ramadhan dan keakraban dalam keluarga.

  1. Melakukan kegiatan sosial

Ajaklah si kecil untuk berbagi di bulan suci Ramadhan ini. Bunda bisa mengajak si kecil untuk melakukan berbagai kegiatan sosial. Contoh: membagikan makanan kepada orang-orang yang kurang mampu di jalanan. Atau mengunjungi panti asuhan, memberikan hiburan kepada anak-anak yatim piatu dan berbuka bersama. Kegiatan berbagi ini mengajarkan si kecil untuk bersyukur akan apa yang dia miliki dan juga menimbulkan rasa empati akan orang-orang di sekitar dia.

  1. Belajar mengaji

Masa kecil adalah masa di mana kemampuan belajar anak sangatlah tinggi. Bunda bisa mengajarkan anak atau ikut kursus mengaji. Kegiatan ini bisa dilakukan sejak masih balita. Anak-anak yang mengaji sejak kecil dipercaya lebih mudah memahami huruf-huruf hijayah. Dan si kecil pun akan semakin berminat untuk membaca dan memahami Al-Quran.

  1. Bergaul dengan tetangga atau kerabat

Anak-anak zaman sekarang kadang lebih akrab dengan gadget dibanding tetangga atau kerabat. Hal ini sangat membahayakan kemampuan sosial si kecil. Mumpung si kecil sedang liburan, bunda bisa memperbanyak kegiatan-kegiatan bersama tetangga. Entah mampir untuk ngobrol bareng dan memperkenalkan si kecil dengan anak-anak tetangga. Kalau bisa, bunda mengadakan kegiatan buka bersama dengan tetangga satu kompleks untuk menjalin silahturahmi.

  1. Kebun Binatang atau Aquarium

Bunda bisa mengajak anak ke kebun binatang atau tempat-tempat yang banyak mengajarkan ciptaan Allah di bumi. Memang saat ini bunda bisa menyuguhkan film-film semacam national geographic untuk mengajarkan alam ke kecil. Tetapi kadang mereka perlu menyentuhnya atau memberikan makanan pada binatang-binatang tersebut untuk melihat keindahannya.

Nah bunda sudah mendapat 7 ide permainan anak Yang mendidik yang bisa bunda praktekkan secepatnya. Kalau bunda bekerja di luar, bunda perlu ekstra kerja keras untuk membagi waktu. Ingat ya bunda, waktu bersama si kecil tidak akan terulang lagi. Jadi mari mendidik mereka menjadi anak yang sholeh.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*