7 Permainan Anak Anti Bosan Saat Mudik

7 Permainan Mudik Anti Bosan
Source: mobilinanews.com/

Sebentar lagi kita akan merayakan kemenangan bersama-sama saat Idul Fitri. Bagi bunda yang mengajak si kecil mudik, pasti ingin tahu permainan anak yang mendidik agar mereka gak bosan di jalan. Nah permainan-permainan yang kami telah tulisakan ini bisa dilakukan di mana saja. Baik bunda yang naik bus, mobil, kereta atau pesawat plus gak butuh peralatan. Selain si kecil menjadi pintar, bunda dan ayah juga bisa membangun momen bersama mereka. Siap membaca? Ini permainannya.

  1. Pancasila 5 dasar

Permainan ini gampang banget. Awalnya bunda bisa meminta si kecil untuk memilih tema misalkan nama-nama binatang. Masing-masing orang akan mengeluarkan jari secara serentak dan acak. Bisa gak mengeluarkan jari, beberapa jari atau semuanya. Setelah itu hitung jari ini dengan alphabet. Kalau jatuhnya pada huruf B, maka bisa saling menyebut secara bergilir nama-nama binatangnya. Bangau, burung dan seterusnya. Kalau salah, maka yang kalah akan diberikan sanksi yang lucu-lucu. Permainan itu tentu akan memperkaya kosa kata si kecil dan menggali rasa penasaran bentuk barang yang disebut ayah bunda. 

  1. Sambung Cerita

Kegiatan menyambung cerita ini adalah kegiatan yang sangat lucu karena kita bebas berkhayal dan belajar kosa kata baru. Bunda cuman perlu memulai satu kalimat dan pemain berikutnya akan melanjutkan dengan kalimat lainnya. Setelah beberapa putaran pasti tertawa-tawa dengan hasilnya. Lumayan menghilangkan jenuh di jalan. Selain itu, bunda bisa menyisipkan cerita nabi sehingga permainan  menjadi lebih mendidik anak tentang agama Islam.

  1. Never Have I Ever

Aktifitas yang ini seru dan pasti membangun persahabatan dan semakin akrab dengan orang-orang yang main. Salah satu orang secara bergilir akan bertanya, “apakah kamu sudah pernah … ?” Buat yang sudah pernah, bisa sama-sama sharing pengalaman. Pengalaman itu bisa beragam. Kocak, mengharukan ataupun sedih. Tetapi hasilnya bunda akan semakin mengenal si kecil dan orang-orang yang ikutan main.

  1. Tebak Kalimat

Permainan ini bisa menggunakan headset ataupun tutup telinga. Tentunya kegiatan ini bisa dilakukan dengan saling hadap-hadapan. Pembicara akan mengucapkan satu kalimat dan orang yang menutup telinganya kudu menebak apa yang disampaikan. Sebisa mungkin berikan kalimat-kalimat yang lucu dan membuat orang yang menebak bingung menebaknya. Permainan ini akan mengajarkan pentingnya komunikasi dan keinginan untuk selalu mendengarkan apa yang disampaikan orang lain.

  1. Permainan Warna

Bunda bisa menyiapkan permainan warna. Kegiatan ini cocok untuk membantu si kecil yang sedang belajar mengenal warna-warna. Bunda bisa menyebutkan atau menunjuk satu warna misalkan “kuning.” dan si kecil perlu menyebut benda-benda berwarna kuning yang dia temukan atau pernah dia ketahui. Permainan ini akan memudahkan si kecil untuk mempelajari korelasi atau mengingat sesuatu berdasarkan gambaran bukan hafalan.

  1. Tebak Barang

Permainannya mudah. Salah satu orang akan diminta menutup mata atau ditutup matanya dengan kain. Setelah itu bunda bisa meletakkan suatu benda di tangannya dan minta dia tebak secepat mungkin. Minta bantuan ayah atau adik kakak mengalihkan perhatiannya sehingga dia perlu belajar konsentrasi. Barang-barang yang disiapkan tidak perlu yang susah-susah. Bunda cukup mengambil barang yang ada di sekitar bunda.

  1. Cari Perbedaan

Permainan ini dilakukan berdua-berdua. Masing-masing pasangan perlu memperhatikan saksama pemain yang berada di depannya. Setelah itu keduanya saling membelakangi dan lakukan perubahan-perubahan selama beberapa saat. Lanjutkan dengan mereka berhadapan dan menebak, perbedaan apa yang terjadi pada teman yang ada di depannya.

7 permainan Anak Yang Mendidik tersebut gak bakal bikin si kecil bosan lagi deh, Jadi bunda dan ayah bisa berkurang mendengar rewelan anak. Hati-hati di jalan ya Bunda.

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*