6 Cara Untuk menidurkan Bayi Anda

6 Cara Untuk Menidurkan Bayi Anda

Ibu-Indonesia.com – Kebanyakan orang tua merasa kebingunan bagaimana cara menidurkan bayi mereka disaat malam hari. Ini biasa terjadi pada ibu yang baru pertama kali mempunyai anak. Pelajari lebih lanjut tentang teknik untuk membantu bayi anda tertidur dengan mudah.

Membuat Bayi Anda Dapat Tidur Nyenyak Setiap Malam.

Cukup sulit bagi ibu pemula untuk mengatasi pola tidur pada bayi mereka yang sering berubah. Pada awalnya, bayi biasanya memiliki pola tidur yang tidak menentu, namun lambat laun mereka belajar mengikuti rutinitas tertentu dengan bantuan orang tua mereka.

Saat bayi Anda berusia sekitar sepuluh sampai dua belas bulan, mereka seharusnya tidur sepanjang malam. Tetapi beberapa anak masih memiliki masalah pada jam tidurnya, dimana ini menyebabkan dapat terbangun dua sampai tiga kali dalam semalam.

Orang tua dapat menggunakan beberapa taktik berikut untuk membantu bayi mereka tidur sepanjang malam, atau belajar bagaimana membuat bayi mereka tertidur lagi jika terbangun pada tengah malam.

1. Mengajarkan perbedaan antara siang dan malam

Anda bisa mengajari bayi Anda perbedaan antara siang dan malam dengan bermain dan melakukan aktivitas lain di siang hari, dan menjaga jam tidurnya dengan ketat agar dapat beristirahat dengan maksimal. Misalnya, jika bayi anda terbangun di malam hari, Anda tidak boleh mulai mengajaknya bermain atau berbicara dengan bayi anda. Lebih baik, letakkan kembali bayi di tempat tidur sehingga mereka bisa tidur lagi. Dengan cara ini, bayi anda secara tidak langsung akan mulai belajar perbedaan antara siang dan malam yang akan membantu mengembangkan rutinitas tidur yang lebih baik untuk si bayi.

2. Menggunakan white noise

Bila dirumah anda terlalu bising dan juga berisik, ini akan mengganggu si bayi untuk dapat tidur dan beristirahat dengan tenang. Anda bisa menggunakan bantuan berupa “white noise” dimana itu adalah suatu bunyi dengan frekuensi yang stabil tanpa gangguan. Ini akan menjadikan bayi anda menjadi lebih rileks dan santai, membantu meredam suara dari seisi rumah, dan juga membantu agar bayi anda tidur lebih lama.

Anda bisa memainkan suara seperti itu melalui ponsel, atau sistem audio, atau membeli perangkat white noise khusus. Sebagai alternatif, anda juga bisa menggunakan kipas pada setelan lampu, atau yang serupa, yang akan memiliki suara terus menerus dan cukup nyaring untuk meredam suara di luar, tapi tidak terlalu keras sehingga tidak mengganggu bayi pada saat tidur.

3. Menghindari pemakaian empeng

Jika setelah masa menyapih anda menggunakan empeng sebagai alat bantu hisap bayi, Bayi anda akan menjadi kecanduan menggunakan empeng pada malam hari jika dia sedang terbangun. Keadaan ini menjadikan bayi anda akan terus ketergantungan terhadap empeng ketika dia sedang menangis atau dalam kondisi terbangun tengah malam. Jeleknya penggunaan empeng pada bayi adalah ketika anda nanti ingin merubah sifat itu, bayi anda akan semakin sulit untuk tidur karena merasa kehilangan. Mungkin ini terdengar sulit, tetapi butuh proses untuk dapat bayi anda terbiasa tanpa empeng sehari- harinya. Begitu bayi anda sudah mulai terbiasa, maka dengan sendirinya dia akan dapat tidur dengan nyenyak.

4. Hindari mengangkat bayi dari tempat tidurnya

Ruang terpisah untuk bayi akan memberi mereka keamanan sekaligus kenyamanan. Tapi kadang-kadang, bayi merasa sendirian dan takut di tempat tidur mereka ketika sendirian sehingga terbangun di malam hari. Ketika ini terjadi yang perlu anda lakukan adalah  menenangkan bayi anda dan membiarkan mereka tidur dengan anda. Namun, ini hanya akan memperburuk masalah, karena akan mengkondisikan bayi anda untuk melanjutkan kebiasaan ini terus menerus. Mereka belajar bahwa setiap kali mereka menangis, mereka mendapat perhatian, sangat jelas, ini adalah tindakan terbaik.

Pilihan yang lebih baik adalah mencoba untuk menenangkan bayi di tempat tidurnya, dan membuat mereka tidur sendiri. Jika bayi Anda tidak bisa tidur sendiri, angkat bayi anda dari tempat tidurnya, kemudian cobalah untuk menidurkan nya kembali dan setelah tidur letakkan bayi anda ditempat tidurnya seperti semula.

5. Berikan bayi anda makanan yang cukup sebelum tidur

Salah satu alasan utama terbangun di tengah malam adalah sederhana: yaitu bayi anda lapar. Seiring pertumbuhan bayi, kebutuhan akan makanan dan susu meningkat. Biasanya bayi yang hanya minum ASI tidak merasa kenyang jika tidak makan dengan baik.

Dengan kondisi seperti itu, bayi akan menjadi sangat sulit untuk tidur sepanjang malam. Anda bisa memberikan bayi anda sebotol susu formula sebelum tidur, dimana bertujuan untuk membuatnya tetap kenyang selama masa tidurnya. Begitu bayi Anda merasa kenyang, otomatis mereka akan tidur nyenyak sepanjang malam. Oleh karena itu, dianjurkan bagi para ibu pemula untuk belajar memahami isyarat rasa lapar dan kepenuhan bayi mereka.

6. Perubahan cuaca

Terkadang suhu ruangan tidak sesuai untuk bayi Anda, sehingga mereka merasa terlalu dingin atau terlalu panas. Sama seperti halnya dengan orang dewasa pada umumnya, hal ini membuat bayi anda gelisah dan tidak nyaman! Sesuaikan suhu udara di kamar tidur bayi anda dengan baik. Gunakan juga selimut untuk melindungi bayi dari debu dan udara yang terlalu dingin.

Tips Bermanfaat

Jika bayi Anda terus menangis  sepanjang malam, maka kemungkinan mereka tidak enak badan. Dalam kasus tersebut, Anda mungkin harus membawa bayi Anda ke rumah sakit atau berkonsultasi dengan dokter Anda untuk mendapatkan konsultasi kesehatan yang tepat.

1 Trackback / Pingback

  1. 5 Manfaat Jadwal Tidur Balita - Terusupdate.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*