5 Ide Resep Makanan bayi dari Ikan

resep makanan bayi
Source: .hungrylittlemunchkins.com

Ibu-Indonesia.com – Bayi yang sudah memasuki usia 6 bulan ke atas, dapat diberikan makanan tambahan sebagai pendamping ASI. Saat membuat resep makanan bayi yang dapat membangkitkan selera makan si Kecil, sangat penting memperhatikan asupan nutrisi. Makanan pendamping ini berguna untuk memacu tumbuh kembang bayi dan juga sebagai pelengkap energi tambahan guna menunjang aktivitas gerak tubuhnya yang  mulai meningkat.

Pada usia 8-9 bulan, bayi sudah mulai banyak memiliki kemajuan dari segi motorik, kognitif dan emosional. Progres tumbuh kembang terlihat jelas di usia ini, yaitu bayi sudah mampu duduk, merengkak, bahkan berdiri. bayi perlu diberikan stimulus agar pertumbuhan sesuai dengan pertambahan usia secara normal. Ibu bisa melakukan beberapa aktivitas yang dapat merangsang tumbuh kembangnya, seperti meletakkan mainan di hadapan bayi agar ia tertarik untuk mengambilnya atau mengajak bermain petak umpet. Ibu bersembunyi di tempat yang mudah ditemui oleh si bayi.

Kemajuan pertumbuhan bayi harus diimbangi dengan asupan gizi yang baik, agar bayi memiliki energi yang  memang dibutuhkan. Dengan membuat sendiri resep makanan bayi, Ibu akan mudah mengatur nutrisi yang masuk ke dalam tubuh bayi.

Variasikan resep makanan bayi dengan mencoba berbagai jenis makanan. Ikan sangat baik dan banyak mengadung nutrisi penting, kenalkan pada bayi ya, Bu. Ikan mengandung protein yang bagus untuk dikonsumsi oleh bayi. Resep makanan bayi dari ikan, terutaman ikan yang mengadung Omega 3 seperti salmon ini sangat bermanfaat bagi tumbuh kembang bayi secara optimal. Kandungan lemak omega ikan mempercepat perkembangan otak, syaraf, dan membantu fungsi mata bayi.

Ibu dapat mengolah ikan dengan menggunakan resep makanan bayi sederhana. Kombinasikan dengan ikan dengan sayur bayam, wortel atau tomat dan nasi yang dilembekkan. Ibu juga dapat membuat nasi tim ikan yang lezat dan kaya nutrisi. Lakukan uji coba berbagai resep makanan sederhana dari olahan ikan agar Ibu tahu selera dan makanan mana yang disuka si Kecil.

Berikut ini 5 ide resep makanan bayi dari ikan yang dapat Ibu siapkan di rumah :

  1. Stik Ikan

Bahan dasarnya adalah fillet ikan, yang lumuri dan rendam dalam bumbu yang disukai misalnya saus tiram, lada dan garam hingga meresap. Lalu celupkan ke dalam putih telur dan balut dengan tepung panir / tepung roti. Ibu tidak harus selalu menggorengnya, karena dapat dimasak dengan cara memanggang. Dapat juga menambahkan sayuran seperti kentang yang dimasak dalam oven, atau wortel dan buncis rebus sebagai pelengkap.

  1. Pai ikan dengan topping mashed potato 

Masakan olahan ikan yang cocok dihidangkan untuk seluruh anggota keluarga. Pai ini bisa menggunakan ikan salmon, ikan koda dan udang sebagai bahan dasarnya. Ibu bisa juga menggantinya dengan ikan kakap atau ikan lain yang berwarna putih. Ikan kakap cocok untuk anak-anak yang tidak suka bau amis ikan.

  1. Kroket Ikan

Cara pembuatannya hampir mirip dengan stik ikan. Bahan dasar yang digunakan adalah fillet ikan dan kentang. Tambahkan sayur seperti brokoli dan wortel yang dicincang halus yang dimasukkan sebagai isi kroket. Bentuk kroket yang menyerupai bola-bola pasti akan menarik       minat si Kecil.

  1. Pasta Ikan Keju

Resep ini sebaiknya diberikan untuk bayi usia 1 tahun ke atas ya, Bu. Keju belum dapat dicerna dengan baik oleh bayi usia di bawah itu. Ikan, pasta, keju dan sayuran sudah melengkapi kebutuhan nutrisi karbohidrat, protein dan gizi penting lainnya dalam satu masakan saja. Praktis dan mudah dibuat.

  1. Ikan Teriyaki dan bayam

Masakan ini pasti menjadi favorit keluarga! Sebaiknya Ibu menggunakan ikan salmon yang mengandung omega 3 yang kaya manfaatutuk pertumbuhan si Kecil. Saus teriyaki akan menambah kelezatan salmon yang gurih. Dapat disajikan dalam bentuk sate untuk anak-anak yang usianya sudah lebih besar.

Nah sekarang Ibu tidak ragu lagi memeberikan olahan ikan sebagai resep makanan           bayi dalam menu harian si Kecil, kan? Hal yang harus diingat, pemberian makanan pendamping ASI ini harus tetap memperhatikan jadwal makan bayi dalam sehari, karena kebutuhan nutrisi utama bayi masih melalui ASI, terutama untuk bayi usia di bawah 1 tahun.

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*